Tips Melahirkan Normal dengan Cepat serta Tanpa Rasa Sakit

Pada umumnya, wanita khawatir akan melalui hal sulit ketika melahirkan. Proses panjang yang menyakitkan dan butuh waktu beberapa jam bisa dialami. Namun, menurut dokter kandungan, ada tips yang bisa dilakukan sebelum melahirkan, agar proses persalinan lancar dan tanpa rasa sakit. Jika boleh saya menebak, mungkin usia kehamilan Anda sudah memasuki trimester ketiga atau sudah 9 bulan. karena, ketika Anda memilih membaca postingan ini, itu berarti Anda sudah mulai memikirkan masa persalinan atau masa melahirkan.

Tips Melahirkan Normal dengan Cepat serta Tanpa Rasa Sakit yang Berkepanjangan

Bagi Anda yang pernah melahirkan mungkin hal ini bukan hal yang asing lagi tentunya. Anda sudah mengalami sendiri, dari mulai Anda mendapatkan tanda-tanda mau melahirkan, saat-saat mengejan dan bayi keluar. Namun, bagi Anda yang baru pertama ingin melahirkan seringkali merasa cemas bahkan khawatir, takut untuk melahirkan. Dan yang pada akhirnya, tidak jarang yang memiliki untuk operasi caesar. Padahal operasi caesar atau orang membacanya sesar ini juga tidak mengurangi rasa sakit.

Tanda mau melahirkan yang paling umum adalah terjadinya kontraksi. Apabila Anda mengalami kontraksi itu bisa jadi sebagai tanda bayi mau keluar. Kontraksi biasanya dimulai dari puncak rahim yang kemudian akan mengarah ke jalan lahir. Semakin lama Anda kontraksi maka akan semakin kuat dan jaraknya akan semakin pendek antara kontraksi yang satu dengan yang lainnya. Biasanya saat kontraksi, Anda mengalami sakit sampai persalinan itu tiba.

Sebelum menuju cara melahirkan cepat dan tidak sakit, sebaiknya Anda ketahui sebab ibu hamil yang mau melahirkan merasa sakit seperti berikut:

  • Sakit saat hendak melahirkan disebabkan oleh leher rahim, vagina dan jalan lahir dan jaringan lunak yang berada disekitar daerah tersebut mengalami perenggangan dan tuimbyullah rasa sakit atau nyeri.
  • Sakit yang melahirkan juga disebabkaan oleh adanya gerakan kontraksi pada rahim sehingga menyebabkan otot-otot dinding rahim menjadi mengerut dan timbullah rasa nyeri itu. Otot-otot rahim mengerut karena adanya peubahan hormon ketika masa kehamilan. Hormon tersebut adalah estrogen, progesterone, oksitosin dan prostaglandin.
  • Rasa sakit itu juga bisa disebabkan karena jiwa atau psikologis Anda yang melahirkan itu sendiri. Rasa cemas, khawatir, takut , tegang akan memicu hormon prostaglandin yang meninggi. Lalu muncullah rasa sakit itu.
  • Anda boleh kok bilang “oh” yang artinya Anda sudah cukup paham dan maklum klenapa melahirkan itu memunculkan rasa sakit.

Nah, dengan mengetahui sebab-sebab melahirkan merasa sakit tadi Anda menjadi paham bagimana cara menghindari atau paling tidak mengurangi sakit saat melahirkan. Berikut Tips melahirkan normal dengan cepat dan tanpa rasa sakit:

  1. Ketika Anda sudah mulai merasa kontraksi, mintalah seseorang untuk mengompres punggung bawah Anda dengan air hangat. Hal ini untuk melancarkan peredaran darah sehingga rasa sakit dapat berkurang.
  2. Selain itu, apabila persalinan Anda sudah dekat dengan ditandai kontraksi, Anda dapat meminta siapa saja, namun yang lebih baik sih suami Anda untuk memijat punggung bawah. Pelan saja ya pijitnya, bisa juga Anda memakai minyak aromaterapi yang el,mbut dan menenangkan untuk memijat punggung bawah sebagai pelicin. Kalau tidak ada minyak aromaterapi, Anda juga bisa menggunakan baby oil atau lotion.
  3. Posisikan punggung dengan tegak ketika Anda berdiri, duduk atau ketika posisi yang lain. Tujuannya adalah untuk membuat kepala bayi tetap di leher rahim dengan tepat dan dengan begitu kontraksi Anda berjalan efektif, baik dan rasa sakit saat mau melahirkan dapat berkurang.
  4. Aturlah nafas Anda, ambil nafas dari hidung dan dikeluarkan dari mulut. Dengan cara seperti ini, peredaran darah menjadi lancar, ketegangan Anda menjadi berkurang dan rasa sakit menurun bahkan menghilang.
  5. Anda juga bisa mengalihkan rasa nyeri dengan pura-pura bercerita atau menyanyi atau yang paling bagus ya dengan berdzikir mengingat Tuhan. Itu dapat berguna untuk mengundang energi positif Anda dan Anda dpat kuat dan terhindar dari rasa takut dan menghilangkan rasa sakit. Jadi Anda jangan mengingat-ingat rasa sakit Anda, ingatlah yang lain.
  6. Lakukan buang kecil sesering mungkin, ini berguna membantu turunnya kepala bayi ke dasar panggul dengan baik dan menjaga ritme kontreaksi persalinan. Namun ingat, jangan sampai Anda kurang cairan. Imbangi buang air kecil dengan meminum air putih.

Wanita menjadi semakin tergantung pada intervensi lain seperti penghilang rasa sakit, suntikan dan obat-oabatan lainnya. Padahal, sudah menjadi kodrat wanita harus merasakannya. Ketika wanita kehilangan kemampuan untuk melahirkan normal, dia akan lebih sulit untuk menyusui. Demikianlah tips untuk melahirkan normal dengan cepat serta tanpa rasa sakit. Semoga bayi anda dapat lahir selamat, sehat dan Anda juga demikian. Terimakasih dan selamat mencoba.

Citra Dewi Amd.Keb - July 15, 2016
Diskusi Dari:
liya

bu bidan, yang ingin aku tanyakan adalah ketika pms sudah datang namun haid tidak kunjung tiba, apakah itu tidak apa2 ? semenjak menikah, siklus haid saya jadi kacau padahal sebelum menikah siklus haid saya 30 hari

Dijawab Oleh : liya
Diskusi Dari:
Aryanto Id

assalamu’alaikum
bu bidan, saya ingin tanya dong kemaren anak saya berumur 4 bulan katanya harus diberikan vaksin DPT namun kemaren pas jadwal imunisasi lagi demam jadi saya telat memberikan vaksin nya. apakah itu tidak berbahaya ? apakah masih bisa diberikan imunisasi DPT tersebut ? terima kasih sebelumnya

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Yuli Ani

Sore dok, adik saya usia 3 tahun sekarang ini sedang mengalami masalah pencernaan. Sering buang air besar, sudah diobati tapi belum juga sembuh. Kira – kira obat yang aman untuk mengobati diare pada anak usia 3 tahun apa dok ? Terima kasih dok sebelumnya.

Dijawab Oleh : Yuli Ani
Diskusi Dari:
Sherly davies

Selamat Siang Dok, Saya mau bertanya, saat ini saya sedang menunda kehamilan. Saya sering kali melakukan hubungan intim bahkan hingga 3 sampai 4 kali seharinya. Namun karena saya menunda kehamilan, saya selalu mengeluarkan sperma di luar. Yang saya mau tanyakan apakah dengan kondisi dan kebiasaan ini saya bisa hamil? dan apa dampak bahaya dan manfaat melakukan hubungan intim yang sering ini?

Dijawab Oleh : Sherly davies
Diskusi Dari:
Himawan

Pagi bu Bidan, saya punya bayi usianya baru 8 bulan 10 hari. Setiap tidur di malam hari bayi saya selalu berkeringat. Apalagi saat terbangun dan saya kasih ASI, keringatnya malah semakin mengucur padahal AC diruangan sudah mencapai 23 derajat. Itu normal gak bu bidan ? Terima kasih.

Perlu Jawaban