Tips Melahirkan Normal Tanpa Adanya Jahitan pada Waktu Mengejan.

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Melahirkan adalah satu momen penting dan berkesan bagi seorang wanita. Dan persalinan normal tanpa jahitan mungkin menjadi impian bagi semua wanita hamil. Pada umumnya daripada melahirkan secara caesar atau dengan jalan operasi, proses melahirkan normal dinilai lebih memuaskan secara batin. Oleh sebab itu berbagai cara dilakukan oleh para wanita hamil supaya kandungannya tetap sehat sampai hari melahirkan tiba dan melahirkan secara normal. Namun terkadang kondisi fisik tertentu mengharuskan adanya tindakan medis yang menyebabkan terjadinya robekan pada area kewanitaan saat melahirkan.


    Tips Melahirkan Normal Tanpa Adanya Jahitan Akibat Robekan pada Waktu Mengejan.

    Robekan atau guntingan ini berdasarkan istilah kedokteran disebut dengan episiotomi. Pengguntingan secara sengaja dilakukan untuk melebarkan proses jalan lahir bayi saat persalinan normal. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tips melahirkan normal tanpa adanya jahitan akibat robekan pada waktu mengejan.

    1. Tetap kendalikan mental Anda supaya lebih siap dan bisa melahirkan normal tanpa jahitan. Pada umumnya, apabila mentalnya tidak kuat maka banyak hal yang berkecamuk dalam pikiran seperti: bagaimana rasa sakitnya, bagaimana nasib si bayi, atau mungkin bagaimana biaya persalinannya. Selama kehamilan, usahakan jangan sampai stress atau bahkan depresi.
    2. Selain mental, fisik juga harus dipersiapkan karena proses melahirkan tentu membutuhkan kondisi fisik yang prima. Oleh karena itu, ketika usia kehamilan sudah mendekati 9 bulan lebih baik perbanyak waktu istirahat di rumah.
    3. Anda juga perlu melakukan olahraga ringan untuk melatih otot-otot di bagian bawah. Biasanya menjelang persalinan, terkadang ada bayi yang posisinya masih belum tepat.
    4. Anda juga bisa melakukan pemijatan perineum. Untuk proses yang satu ini dibutuhkan minyak zaitun atau aromaterapi yang berguna untuk meregangkan otot dan memberikan efek ketenangan menjelang proses melahirkan.
    5. Mengkonsumsi makanan-makanan yang bernutrisi tinggi juga bisa membuat Anda melahirkan secara normal. Lebih baik jika ibu yang proses persalinannya sudah sangat dekat untuk perbanyak mengkonsumsi alpukat dan minyak zaitun. Selain itu juga Anda bisa mengkonsumsi teh daun raspberry, tujuannya adalah supaya bisa membantu adanya kontraksi yang lebih produktif.
    6. Memilih tempat persalinan yang nyaman, sehingga membuat Anda rileks dan menjalani persalinan normal dengan lancar. Tempat bersalin sebaiknya memungkikan ibu untuk bergerak bebas dan dengan suasana tidak terlalu ramai, sehingga membuat Anda tidak rileks, memicu kecemasan berlebih sehingga dapat mengganggu proses persalinan normal.
    7. Jangan mengangkat bokong pada waktu mengejan karena hal ini bisa memicu terjadinya robekan semakin besar pada jalan lahir bayi. Jika bokong terangkat dan tidak ada penyangga maka otot dibagian perineum akan lebih mudah robek.

      Setelah mengetahui tips melahirkan normal tanpa adanya jahitan akibat robekan pada waktu mengejan seperti diatas, maka diharapkan Anda tidak memerlukan penjahitan sehingga pemuliha setelah persalinan lebih cepat. Senam hamil juga penting dilakukan untuk meningkatkan stamina dan melatih ibu untuk mengejan. Di samping itu, konsumsilah makanan bergizi untuk memperkuat otot dari bagian dalam.

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - July 22, 2016
    Diskusi Dari:
    Anonymous

    selamat pagi,

    saya hidayat,
    istri saya haid tanggal 5 Juni berkahir 16 Juni 2018
    lalu saya berhubungan dengan istri saya terakhir 25 Juni
    lalu apakah istri saya dapat hamil jika saya berhubungan di tanggal tersebut?

    karena saya saat ini sedang keluar kota
    dikhawatirkan terjadi kejadian yang tidak menyenangkan oleh istri saya

    mohon jawabannya Ibu Bidan

    salam,
    hidayat

    Dijawab Oleh :
    Diskusi Dari:
    Yuli Ani

    Sore dok, adik saya usia 3 tahun sekarang ini sedang mengalami masalah pencernaan. Sering buang air besar, sudah diobati tapi belum juga sembuh. Kira – kira obat yang aman untuk mengobati diare pada anak usia 3 tahun apa dok ? Terima kasih dok sebelumnya.

    Dijawab Oleh : Yuli Ani
    Diskusi Dari:
    Dewi

    Pagi Dok. Kemarin saya kan keguguran, namun sampai saat ini saya belum memeriksakan nya dikarenakan banyak halangan, dan rencananya besok saya baru akan periksa. Dari kemarin sampai sekarang saya pendarahan terus, dan bahkan terasa ada seperti benjolan dibagian miss V ini yang memang sedikit mengganggu aktivitas saya. Sebenarnya, saya ingin sekali menarik daging yang keluar dari bagian miss V saya, namun saya merasakan takut ada hal yang bisa membahayakan kesehatan saya. Saya mau bertanya, bagai mana solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini?

    Dijawab Oleh : Dewi
    Diskusi Dari:
    Mbak aty

    Siang.. bu sya pernah terkena yeast cell kemudian dksh obat neo gynoxa. Dan skrng saya sedang hamil,, apakah saya perlu cek urin lengkap lagi tidak ya utk mengecek msh ada yeast cell atau tidak

    Dijawab Oleh : Mbak aty
    Diskusi Dari:
    Obey Hungkul

    Selamat siang dok saya mau bertanya, saya telat haid 4hari tapi setelah di test pack hasilnya negatif dok, apa ada kemungkinan untuk saya hamil ? Atau bagaimana ya dok. Terimakasih

    Dijawab Oleh : Obey Hungkul