Tips Memilih Nutrisi Yang Tepat Selama Masa Kehamilan

Kebutuhan nutrisi penting bagi setiap orang, termasuk ibu hamil. Selain menjaga kesehatan ibu, nutrisi juga berperan penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan janin, harus sesuai dengan usia kandungan ibu hamil. Sumber makanan yang baik diantaranya dengan kandungan asam folat yang amat sangat penting di awal-awal kehamilan. Jika kehamilan memasuki trimester kedua, makanan bernutrisi yang penting adalah makanan dengan kandungan zat besi. Dan terakhir, jika kehamilan sudah mencapai trimester ketiga, yang harus terpenuhi adalah kebutuhan nutrisi karbohidrat dan vitamin yang dapat mendukung proses persalinan kelak.

Nah kali ini, Curhat Bidan akan berbagi sedikit informasi yang semoga dapat membantu Anda tentang nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil tentang Tips Memilih Nutrisi Yang Tepat Selama Masa Kehamilan.



Sedikit informasi tentang kehamilan dan nutrisi ibu hamil, bahwa usia kehamilan dikatakan sebagai tolak ukur dokter kandungan untuk mengetahui bagaimana kondisi janin dalam pertumbuhannya. Dengan usia kehamilan, juga dapat terprediksi kapan janin siap lahir.

  1. Kebutuhan nutrisi pada usia kehamilan trimester pertama.

Di kehamilan trimester pertama, kehamilan organ janin baru saja terbentuk. Setelah terjadinya pembuahan, peredaran darah juga mulai berkembang. Nah, peredaran darah ibu hamil ke janin ini sekaligus mengangkut nutrisi dan oksigen. Terlebih lagi, pertumbuhan dan perkembangan janin sangat tergantung dari asupan nutrisi yang didapat ibu. Dan nutrisi yang tepat saat tersebut adalah kebutuhan asam folat.

Manfaat dari memenuhi kebutuhan asam folat ibu hamil mencegah bayi mengalami kecacatan pada tabung saraf yang seringkali bermasalah saat awal-awal kehamilan. Selain itu, terpenuhinya kebutuhan asam folat saat hamil juga mencegah janin mengalami berat badan rendah saat lahir, mencegah adanya celah bibir dan langit-langit (bibir sumbing), mencegah keguguran dan kelahiran prematur.

Untuk mengetahui seberapa tepat jumlah dari nutrisi asam folat yang ibu hamil butuhkan, 400 mcg untuk ibu yang merencanakan kehamilan, 600 mcg untuk usia kehamilan trimester kedua.

  • Kebutuhan nutrisi pada usia kehamilan trimester kedua.

Saat tiba usia kehamilan trimester kedua morning sickness pada ibu hamul akan berkurang. Perut yang semakin membesar, juga menyebabkan ibu hamil mengalami beberapa keluhan kehamilan. Tidak hanya itu, akibat dari tumbuh kembang janin di dalam kandungan yang semakin pesat, penyempurnaan organ penting harus didukung dengan terpenuhinya kebutuhan nutrisi kehamilan. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Pemenuhan zat nutrisi ibu hamil pada trimester kedua, dijelaskan diatas adalah zat besi. Zat besi, berperan penting dalam pertumbuhan janin. Kebutuhan nutrisi zat besi selama kehamilan, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu, juga mencegah terjadinya anemia yang terkadang dialami oleh ibu hamil. Zat besi juga berperan untuk membantu menyediakan kebutuhan Oksigen dan sel untuk energi dan pertumbuahan.

  • Kebutuhan nutrisi pada usia kehamilan trimester akhir.

Selain kesehatan fisik, ibu hamil juga harus memperhatikan kesehatan psikis saat menjelang persalinan nanti. Ibu hamil yang baru pertama kali melahirkan, bisa saja mengalami kondisi tekanan psikis akibat ketakutan tersendiri, dan hal lainnya.

Persiapan ibu hamil selain psikis juga yang harus diperhatikan adalah energi. Ibu hamil juga akan merasakan lelah yang sangat sering intensitasnya dikarenakan kondisi kandungan yang semakin membesar. Solusinya adalah konsumsi makanan yang mengandung Karbohidrat dan Protein seimbang.

Keluhan yang biasa dialami ibu hamil saat usia kehamilan trimester ketiga adalah Sembelit. Maka dari itu, cara mengatasinya adalah dengan konsumsi makanan seperti sayur dan buah yang mengandung banyak serat.

Pada trimester ketiga, kondisi janin sudah terbentuk sempurna. Dan biasanya, jnain akan lahir pada usia kehamilan dalam 40 minggu, dan bisa lebih. Asupan nutrisi yang baik sangat diperlukan untuk menyeimbangkan serta menyempurnakan tumbuh kembang janin.

Semoga bermanfaat, salam!

Citra Dewi Amd.Keb - May 8, 2017
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya mau tanya apakah keputihan saat hamil bebahaya bagi janin? Saat ini saya sedang hamil 7 bulan. Pada awal kehamilan saya mengalami keputihan berwarna putih susu yang lmyan banyak, sudah di periksakan ke bidan katanya normal-normal saja. Namun beberapa minggu kemudian keputihan yang keluar berubah warna menjadi kuning dan kehijauan serta gatal. Apakah itu termasuk ciri-ciri keputihan abnormal? Mohon jawabannya.

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Silvia Rizkiana Sari

selamat siang ibu bidan, yang saya ingin tanyakan tentang kehamilan saya apakah normal perut terasa seperti kram, tegang dan sakit padahal kehamilan baru masuk trimester pertama dan ini pengalaman pertama saya hamil, apakah ini berbahaya atau tidak ya bu? Ditunggu jawabannya.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Dok mw tya. Ni sy hamil anak prtma. Apkh normal usia 4bln anak sya sunsang ya dok. Blm bisa dlihat jnis klamin ny?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Cheriesa Maradeka Kusuma

Siang dok, saya mau bertanya. 2 tahun lalu kami menikah, dan kami belum begitu menginginkan keturunan sehingga memutuskan untuk menggunakan KB. Saya menggunakan KB selama 1 tahun, dan kini sudah tidak menggunakan KB 1 tahun. Pertanyaan nya, kenapa saya tidak bisa hamil juga sampai saat ini, padahal saya sudah melepas KB tersebut 1 tahun yang lalu. Mohon penjelasannya dok

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Risky nur

Assalamualaikum bu bidan, saya sering mengalami sakit ketika sedang menstruasi, rasa sakitnya seperti di remas atau dililit dan ini selalu membuat tubuh saya lemas. Apa itu berbahaya ? Lalu apa ada pengaruhnya pada kesubura ? Makasih bu bidan sebelumnya.

Perlu Jawaban