Tips Memilih Sepatu Atau Sandal Bagi Ibu Hamil Yang Tepat

Tips Memilih Sepatu Atau Sandal Bagi Ibu Hamil Yang TepatBidan Online,- Tidak hanya asupan makanan saja yang wajib diperhatikan oleh ibu hamil. Nyatanya pemilihan sepatu untuk ibu hamil juga wajib anda perhatikan. Pemkaian sepatu yang salah pada ibu hamil tidak hanya membuat ibu hamil merasa tidak nyaman namun juga dapat berimbas pada kesehatannya. Contohnya saja tidak sedikit ibu hamil yang memakai high heels bila di perhatikan mungkin bisa menunjang penampilan namun apa dampaknya bagi ibu hamil. Selain dinilai berbahaya high heels bisa menyebabkan pembengkakan pada kaki ibu hamil. Adapun memakai sendal flat juga tidak disarankan bagi ibu hamil. Lantas sepatu atau sandal bagaimana yang cocok di pakai wanita hamil? simak informasi tips memilih sepatu atau sendal yang nyaman dan aman bagi ibu hamil berikut ini.

Bukan tanpa alasan jika ibu hamil harus memperhatikan sepatu dan sandal yang di pakai. Pasalnya sebuah survei yang dilakukan di Inggris menyatakan jika 7 dari 10 wanita hamil mengalami masalah dengan kakinya. Beberapa masalah pada kaki yang sering di alami ibu hamil yaitu kaki bengkak, pergelangan kaki yang bengkak, juga sakit pada tumit dan tulang kering.

Ya mungkin sebagian ibu hamil sudah sangat mengerti jika penggunaan high heel atau sepatu hak tinggi memiliki resiko buruk bagi ibu hamil. Beberapa efek negatif dari penggunaan sepatu high heel seperti nyeri ounggung, otot betis yang mengencang, kram kaki, berpengaruh pada postur tubuh ibu hamil, kaku otot, peregangan otot pinggang, meningkatkan resiko keseleo, hingga perubahan posisi janin.

Agar ibu hamil merasakan kenyamanan saat bepergian atau berjalan-jalan santai maka ada baiknya mengetahui beberapa tips cara memilih sepatu atau sandal yang tepat bagi ibu hamil.

Pilih sepatu atau sandal dengan bahan yang tepat

selain dari lookatau tampilan sepatu, nyata bahan dari sepatu dinilai sangatlah penting. Sangat di sarankan untuk memilih bahan sepatu dari bahan alami seperti kulit ataupun kanvas tidak hanya dapat membuat ibu hamil merasa nyaman namun juga dapat membuat kaki masih bsia bernafas. Namun jika anda tidak terlalu suka dengan kedua bahan tersebut anda juga dapat memilih bahan lainnya namun ingat pastikan bahan tersebut lembut, lentur, juga fleksibel.

Ukuran hak sepatu atau sandal

Mayoritas wanita sangat suka menggunakan sepatu hak tinggi karena dapat menunjang penampilan tidak terkecuali ibu hamil. Sebenarnnya penggunaan sepatu hak tinggi pada ibu hamil boleh-boleh saja namun tentunya dengan catatan. Ibu hamil yang ingin menggunakan sepatu hak tinggi pastikan haknya hanya 1 sampai 2 cm dengan bentuk hal yang lebar tidak runcing.

Pilih sol karet

Ada berbagai macam sol sepatu yang di gunakan salah satunya yaitu sol karet. Sol karet menjadi pilihan yang tepat bagi sepatu atau sandal ibu hamil. Sol karet dapat mengurangi resiko terpeleset karena alas kaki yang licin.

Ukuran sepatu yang pas

Memasuki usia kehamilan trimester kedua dan ketiga biasanya kaki akan mengalami pembengkakan dan tentu saja sepatu atau sandal yang dulunya muat jadi tidak muat kembali. Ya wajar saja ini terjadi pastikan anda tidak memaksakan diri untuk menggunakan sepatu atau sandal sebelum hamil karena bisa membuat tidak nyaman. Nyatanya no sepatu atau sandal akan mengalami kenaikan 1 hingga 2 nomer saat anda mengandung. Hindari memakai sepatu atau sandal yang terlalu sempit atau terlalu longgar, pastikan ukurannya pas dan membua nyaman saat di pakai.

Model sederhana

Model sepatu memang muncul dengan berbagai variasi dan bentuk. Nah untuk sepatu bagi ibu hamil sangat di sarankan untuk memilih sepatu dengan model sederahana yang mudah di gunakan. Hindari memilih sepatu bertali karena dapat menyebabkan anda merasa ribet saat berpergian. Jangan lupa pilih juga sepatu atau sandal yang memiliki alas kaki yang empuk dengan rongga udara.

Nah adapun beberapa model sepatu atau sandal yang nyaman bagi ibu hamil seperti sepatu kasual , sepatu atletik, sandal ortopedik, juga sepatu sandal. Itulah beberapa tips memilih sepatu atau sandal bagi wanita hamil yang benar. Dengan memilih sepatu atau sandal yang tepat saat hamil dapat mencegah hingga mengatasi beberapa keluhan nyeri pada kaki.

Baca juga artikel lainnya:

Tips Memilih Susu Ibu Hamil Yang Terbaik dan Bagus

Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar

Tips Solusi Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil Yang Benar

Pantangan Buah Yang Harus Di Hindari Ibu Hamil Muda

Tips Meredakan Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil Yang Aman

Citra Dewi Amd.Keb - May 30, 2017
Diskusi Dari:
Gigin Gumay

Selamat siang ibu bidan. Saat ini usia kandungan saya sudah semakin membesar, namun saya masih bingung untuk proses persalinan. Hal yang saya ingin tanyakan, persalinan seperti apa yang harus saya lakukan, dan apa manfaat yang bisa di dapatkan ketika saya melakukan persalinan dengan cara itu?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
salsa amelia

selamat siang ibu bidan, adik saya sedang mengandung dan sekarang kehamilannya sudah mau 10 bulan, tapi kok belum ada tanda-tanda melahirkan ya? menurut ibu saya, katanya adik saya ini mungkin hamil anak laki-laki, saya tidak tau itu benar atau ngga, tapi saya ingin mengetahui kebenaran tentang kondisi menurut ibu bidan. apa ngga masalah atau ada hal yang perlu diperiksakan lagi? itu saja, saya tunggu jawabannya

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Muhammad Hanif Maulana

Siang dok, saya baru saja menikah 1 minggu lalu. Sebelum menikah, memang saya memiliki masalah dengan seputar kesehatan keputihan yang sedikit berwarna hijau dengan jumlah yang memang cukup lumayan banyak. Namun, setelah saya menikah, sering kali saya merasakan rasa gatal setelah melakukan hubungan intim, dan bahkan pada pertama kalinya berhubungan keputihan ini semakin banyak dan bahkan membuat saya risih dan takut suami berpaling. Saya mau bertanya, apaklah hal ini merupakan salah satu hal yang normal pada awal berhubungan seks atau bahkan ini berbahaya? Terus bagai mana cara mengatasi masalah kesehatan yang satu ini agar keputihan hilang dari bagian vagina ini.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Pasca melahirkan opesari Caesar , setelah 40hari berlalu APA bisa melakukan hub intim, istri saya masih was was Ada yg bilang boleh Ada yg bilang jangan dulu

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Pipit Winartii

Selamat Siang Dok,

Istri saya seblumnya mempunyai siklus menstrusai 28 hari
namun ini sudah lewat dari 28 hari apakah istri saya hamil

salam,

Dijawab Oleh : Pipit Winartii