Tips Memilih Susu Ibu Hamil Yang Terbaik dan Bagus

Tips Memilih Susu Ibu Hamil Yang Terbaik dan BagusBidan Online,- Susu tidak hanya di sarankan untuk di konsumsi anak-anak saja namun juga ibu hamil. Ya sudah jelas bukan jika susu mengandung banyak vitamin dan mineral itulah alasan mengapa ibu hamil sangat di anjurkan untuk minum susu ibu hamil. Dengan minum susu secara rutin maka itu akan sangat membantu memenuhi asupan nutrisi baik bagi ibu hamil dan perkembangan janin. Tidak hanya itu memasuki trimester awal keluhan seperti mual dan muntah tentunya akan menyerang ibu hamil dan minum susu menjadi solusi terbaik untuk mengatasi rasa mual dan muntah atau morning sickness. Mungkin saat ini banyak pilihan jenis susu untuk ibu hamil dan pastinya bagi ibu hamil muda akan sangat bingung dalam menentukan pilihannya. Lalu bagaimana cara memilih susu ibu hamil yang cocok dan bagus? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pentingnya mengkonsumsi susu bagi ibu hamil memang bukanhanya isapan jempol semata. Para dokter kandungan sangat menyarankan para ibu hamil minum susu secara rutin 3 gelas per hari. Susu yang kaya akan kandungan penting seperti vitamin dan mineral. Kedua kandungan tersebut sangat di butuhkan janin agar proses perkembangannya optimal. Namun banyaknya berbagai produk susu untuk ibu hamil tentunya dapat membingungkan ibu hamil terutama untuk ibu hamil muda yang masih minim pengalaman. Dan untuk membantu para ibu hamil berikut ini informasi mengenai tips memilih susu ibu hamil yang terbaik dan bagus.

Cek kandungan susu
Sebelum memutuskan untuk membeli susu ibu hamil ada baiknya para ibu hamil mengecek kandungan dari susu tersebut. Pilihlan susu yang mengandung berbagai kandungan penting bagi ibu hamil. Beberapa kandungan tersebut yaitu kalsium, protein, vitamin D, asam folat, AHA, DHA, juga zat besi. Beberapa kandungan tersebut memiliki manfaat yang sangat baik untuk menunjang kesehatan ibu dan janin.

Pilih susu sesuai trimester
Susu ibu hamil memang berbeda-beda untuk setiap trimester. Pastikan setiap ibu hamil memilih susu sesuai usia kehamilannya. Jika usia kehamilannya baru memasuki trimester maka pilih susu khusus untuk trimester pertama dengan kandungan vitamin B6 karena dapat membantu mangatasi morning sickness. Sedangkan untuk ibu hamil yang memasuki trimester kedua sangat di anjurkan untuk memilih susu ibu hamil yang mengandung zat besi karena dapat mencegah resiko bayi lahir prematur juga mencegah anemia yang sering menyerang ibu hamil.

Pilihan  rasa
Sama halnya dengan susu lainnya, susu ibu hamil pun hadir dengan berbagai rasa. Pilihlah rasa yang sesuai dengan selera ibu hamil karena ibu hamil biasanya sensitif akan aroma dan rasa. Dan tentunya memilih susu yang sesuai dengan selera dapat membuat ibu hamil lebih semangat meminumnya. Jangan sampai memilih rasa yang salah karena itu bisa membuat ibu hamil merasa eneuk atau mual saat mengkonsumsinya.

Cek tanggal kadaluarsa
Tentunya setiap ibu hamil pasti akan memberikan hal terbaik bagi janin termasuk dalam memilih susu. Memilih susu ibu hamil memang tidak boleh sembarangan dan pastikan selalu mengecek tanggal kadaluarsanya. Disamping mengecek kandungan susu, mengecek tanggal kadaluarsa menjadi hal wajib sebelum membeli susu. Susu yang sudah kadaluarsa tentunya bisa berubah menjadi racun dan dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Susu berkualitas yang telah teruji
Saat ini memang sedang marak susu palsu hingga oplosan dan tentunya para ibu hamil di tuntut untuk lebih berhati-hati dalam memilih. Susu yang telah melalui quality control bisa menjadi pilihan karena telah terbukti teruji. Dan pastikan untuk sharing dengan saudara atau teman yang pernah mengkonsumsinya.

Pada dasarnya ibu hamil banyak memilih jenis susu sapi, namun perlu anda tahu ada 3 jenis susu yang bisa di konsumsi ibu hamil yaitu susu sapi, susu kambing , juga susu kedelai. Apapun pilihannya pastikan ibu hamil memilih susu yang memiliki kandungan nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin.

Baca juga artikel lainnya:

5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil Cepat Lelah
Waktu Yang Tepat Untuk Lakukan USG Saat Hamil
Tips Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan
Tips Solusi Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil Yang Benar

Citra Dewi Amd.Keb - March 1, 2017
Diskusi Dari:
Gigin Gumay

Selamat siang ibu bidan, begini saya ingin menanyakan tentang bagaimana cara membangun kepribadian anak, supaya dia bisa menjadi lebih mandiri gitu bu, biar ga manja, apa-apa harus selalu sama orang tuanya, itu kan kalau terlalu seperti itu ga baik kan ya bu? itu saja, terima kasih saya tunggu jawabannya.

Dijawab Oleh : Gigin Gumay
Diskusi Dari:
Anonymous

Siang bu bidan, usia kehamilan 3 minggu, di awal kehamiln saya terkena herpes zooster di pinggang sebelah kanan dan konsumsi obat dari dokter kulit krn blm tau hamil, apakah obat yg saya konsumsi tsb berbahaya utk janin saya dan mengingat sampai skrg pinggang saya msh terasa gatal.

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
rina

pre-eklampsia pada ibu hamil itu berbahaya ga ya bu bidan?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Sri Maryati

Selamat pagi dok, saya mau bertanya tentang usia kehamilan yang sebarnya. Sebenarnya bagian mana cara menghitung kehamilan ini? Kemarin saya periksa ke dokter kandungan, katanya kandungan saya sudah 29W lebih, padahal terakhir saya hed tanggal 18-04-2016. Mohon infonya ya dok.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Aisyah Putri Setiawan

Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

Perlu Jawaban