Tips Mencegah dan Mengatasi Bayi Rewel di Malam Hari

Bunda yang baru saja menjadi seorang ibu, mungkin masih bingung bagaimana caranya agar si kecil tak selalu rewel di siang ataupun malam hari. Bunda sendiri sebenarnya harus tahu dan mengerti penyebab dari rewelnya si kecil. Apakah ia ngantuk, ingin menyusu, demam, atau, penyebab lainnya yang bisa terjadi.

Nah, dalam membantu masalah yang sedang bunda hadapi sekarang ini, Bidan Online akan memberikan beberapa tips mencegah dan mengatasi bayi rewel di malam hari yang bisa memberikannya tidur berkualitas dan nyenyak.

Tips Mencegah dan Mengatasi Bayi Rewel di Malam Hari



Menghindari kontak mata

Salah satu alasan bayi rewel adalah mengantuk. Dengan melakukan kontak dengannya, hal itu akan membuatnya tetap terjaga, sulit untuk tidur, dan rewel. Oleh karenaya, bunda harus menghindari kontak mata dengan si kecil ketika ia rewel, terutama saat tengah malam.

Mengecek popok

Jangan lupa untuk mengecek popok bayi sebelum tidur, karena popok yang dirasa kurang nyaman oleh si bayi, dapat membuatnya lebih mudah rewel. Popok bayi yang terlalu basahlah yang membuatnya tidak nyaman. Oleh sebab itu, cek dulu popok si kecil sebelum ia tidur, jangan sampai terlewatkan.

Mandikan bayi sebelum tidur

Bayi yang memiliki kulit lebih sensitif ini lebih cepat mengalami ruam atau bintik merah pada kulitnya. Hal ini diakibatkn oleh keringat yang terus keluar dari sang bayi, terutama ketika ia sedang tidur. Oleh karena itu, memandikan bayi sebelum tidur bisa dilakukan untuk menghindari iritasi kulit akibat keringat. Jika di malam hari, cukup dengan menyeka tubuhnya saja menggunakan kain atau tissu basah.

Minum susu sebelum tidur

Sudah menjadi kebiasaan banyak bayi atau anak-anak yang harus minum susu sebelum tidur. Bayi yang tidur dalam kondisi kenyang, biasanya akan bisa tidur lebih nyenyak, karena rewelannya akibat lapar tak akan terdengar. Ya, bayi biasanya akan terbangun jika ia sedang lapar ini bisa anda tangani dengan memberikannya ASI. Makanan sekaligus minuman yang paling sehat untuk bayi anda saat ini.

Berikan teman untuk bayi

Penyebab lain dari bayi yang selalu rewel adalah membutuhkan teman. Ia yang mungkin merasa kesepian, membutuhkan teman bermain. Bunda bisa memberikannya teman bermain seperti bonek lembut dan lucu. Ingat bun, jangan memberikannya mainan yang bisa melukainya.

Berikan sentuhan hangat

Sentuhan hangat yang bunda berikan pada si kecil akan membuatnya merasa lebih tenang, nyaman, dan tak rewel lagi. Bunda bisa memberikan tepukan kecil pada pantat bayi beberapa kali. Cara seperti ini juga bisa membuat bayi tidur lebih nyenyak dan tak mudah terbangun di tengah malam.

Aromaterapi

Seperti halnya bunda, bayi pun kemungkinan tak akan nyaman berada di ruangan yang memiliki bau kurang sedap. Untuk mengantisipasinya, bunda bisa memasang aromaterapi dengan wangi yang menyegarkan dan menenangkan untuk membuat tubuh lebih rileks dan tidur dengan nyenyak.

Mengatur jam tidur bayi

Jam tidur yang kurang tepat bisa menjadi penyebab bayi yang sering terbangun di tengah malam dan membuatnya rewel. Untuk itu, anda sebaiknya mengatur jam tidur si kecil. Ajak ia bermain terlebih dahulu sebelum waktu tidur tiba. Hal ini bisa membuatnya mengantuk dan tidurnya bisa lebih nyenyak.

Bayi yang demam atau sedang sakit, biasanya akan lebih rewel meskipun bunda telah melakukan berbagai cara. Untuk itu, bunda harus segera membawa bayi ke dokter untuk diketahui apa sebenarnya yang terjadi padanya. Bayi yang demam, flu, batuk, biasanya memiliki tingkat rewel yang lebih tinggi di bandingkan dengan bayi pada umumnya.

Citra Dewi Amd.Keb - June 28, 2016
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya ingin konsultasi nih saya punya anak usianya baru 4 bulan ketika buang air besar fasesnya berwarna gelap, mulanya berwarna hijau gelap makin kesini fasesnya cenderung kehitaman. Apakah itu normal bu bidan dan kebetulan anak saya minum sufor sama ASI cuma lebih banyak minum sufor daripada ASI. Mohon jawabannya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya apa saja faktor yang dapat berpengaruh agar memiliki bayi kembar pada keluarga yang tidak mempunyai riwayat anak kembar. Mohon penjelasannya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
uye (wanita)

saya hamil menginjak usia 8 bulan. saat sedang tidur posisi miring ke kanan memang tidak nyaman karena janin seperti menolak dan menendang2, bentuk perut pun jadi menggantung. tapi akhir-akhir ini miring ke kiri pun sama jadi kurang nyaman dan menggantung sedikit namun janin tidak menendang2. rasanya lebih enak untuk tidur telentang begitu, padahal kan resikonya buruk ya. tapi janin nampak nyaman juga apabila posisi tidur telentang. tapi saya berganti-ganti posisi saja kadang miring ke kiri kadang telentang. bagaimana ya solusinya?

Dijawab Oleh : uye (wanita)
Diskusi Dari:
Anonymous

Sebelum telat haid sy pernah 2x tespek tp 1 hasil negatif 1 lagi 2 garis tapi samar membayang setelah telat haid 2 hari sy tespek lagi namun negaif , yg saya rasakan sdh 2 minggu ini pusing migran mual dan baru2 ini tenggorokan sy sakit . Apakah sy harus nunggu beberapa hari lagi untuk tespek kembali atau sy langsung memeriksakan diri ke bidan/usg ?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
ade

Memasuki usia kehamilan bulan ketiga, keluar bercak darah dan saya langsung periksa sama bidan dan diberi obat. Ketika obatnya udah habis bercak darah kembali keluar. Apakah pertanda bayi tidak berkembang ?

Dijawab Oleh : ade