Tips Mencegah Kemandulan Atau Infertilitas Dengan Gaya Hidup Sehat

Tips Mencegah Kemandulan Atau Infertilitas Dengan Gaya Hidup Sehat – Bidan Online,-  Kemadulan atau istilah lainnya infertilitas merupakan kondisi dimana pasangan atau salah satu pasangan sulit untuk mendapatkan keturunan. Banyak faktor yang menjadi penyebab dari kemandulan sala satunya obesitas, faktor genetik, infeksi, mengidap PMS atau penyakit menular seksual. Faktor lingkungan juga memiliki pengaruh yang besar terhadap tingkat kesuburan seseorang. Termasuk asupan makanan yang mengandung zat-zat tertentu dapat mempengaruhi kesuburan.

Kemandulan sendiri dapat ditandai dengan beberapa ciri seperti belum hamil setelah melakukan hubungan intim tanpa alat kontrasepsi dengan usia wanita 35 tahun keatas. Pasangan belum hamil setelah menikah 12 bulan dan melakukan hubungan seksual tanpa alat kontrasepsi dan usia wanita di bawah 34 tahun. Kemandulan sendiri dapat diatasi dan di cegah sedini mungkin dengan menerapkan gaya hidup sehat. Berikut tips mecegah kemandulan secara alami dengan menerapkan gaya hidup sehat akan sangat membantu anda.

Pola makan sehat
Asupan makanan menjadi faktor yang sangat penting untuk mencegah kemandulan. Telah disebutkan diatas jika penyebab kemandulan salah satunya yaitu asupan makanan yang tidak sehat. Mengkonsumsi makanan kaya akan nutrisi juga menerapkan diet seimbang memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk tubuh. Diet seimbang dengan mengkonsumsi buah dan sayur segar 5 porsi per hari. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung pengawet seperti buah kaleng. Rutinlah mengkonsumsi sayuran hijau segar yang kaya akan asam folat sangat baik untuk mencegah kecacatan pada janin. Kebiasaan buruk lainnya yang dapat menyebabkan kemandulan yaitu merokok dan mengkonsumsi alkohol kedua hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kesehatan reproduksi anda.

Berat badan ideal
Faktor penyebab kemandulan yang paling banyak ditemukan yaitu obesitas atau kegemukan. Obesitas tidak hanya dapat mempengaruhi ovulasi atau pelepasan sel telur saja namun beresiko menyebabkan beberapa penyakit seperti kolesterol dan diabetes. Obesitas pada pria menyebabkan menurunnya jumlah sperma, sedangkan obesitas pada wanita menyebabkan terlambat terjadinya pembuahan. Menjaga berat badan agar tetap ideal tidak berlebih dan tidak kurang akan sangat memudahkan anda dalam mencegah kemandulan.

Hindari stres
Stres menjadi pemicu wanita sulit untuk hamil. Kondisi dimana anda merasa tertekan akan sangat memperngaruhi kualitas sperma bagi laki-laki. Dan biasanya setiap pasangan yang mengalami stress cenderung lebih jarang berhubungan intim. Stres tinggi dan kurang tidur jika dibiarkan dalam waktu lama maka akan meningkatkan potensi anda mengalami kemandulan.

Melakukan pemeriksaan secara rutin
Untuk pasangan yang berencana ingin mendapatkan momongan melakukan pemeriksaan secara berkala sangatlah penting terlebih untuk kaum wanita. Pemeriksaan secara rutin bertujuan jika ada diagnosis penyakit seperti radang panggul, kanker leher rahim, dan endometriosis dapat di cegah sedini mungkin. Beberapa penykit tersebut dapat menyebabkan kemandulan. Salah satu pemeriksaan yang harus di lakukan secara berkala yaitu papsmear. Pemeriksaan papsmear dapat anda lakukan tiga sampai 5 tahun sekali sesuai dengan usia anda.

Konsumsi obat-obatan sesuai resep dokter
Mengkonsumsi obat-obatan tertentu tanpa resep dokter dan dalam jangka waktu yang lama akan sangat berpengaruh terhadap kesuburan anda. Dan jika hal tersebut masih dilakukan maka akan menyebabkan kemandulan. Untuk anda yang berencana ingin hamil mengkonsumsi obat-obatan sembarang sangat dilarang. Apalagi untuk anda yang sedang hamil mengkonsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan cacat kandungan sampai keguguran.

Citra Dewi Amd.Keb - August 8, 2016
Diskusi Dari:
Amel Fayunl

Siang Bu..
Saya sekarang lagi hamil usia kandungan saya sudah memasuki 24 minggu, tapi akhir-akhir ini daerah vagina dan selangkangan saya sering sakit, terus mau pindah posisi tidur rasa sakitnya itu semakin terasa, apakah itu berbahaya untuk saya dan janin?

Dijawab Oleh : Amel Fayunl
Diskusi Dari:
Anonymous

kenapa ya saya telat haid 1 minggu, memang sih 5 bulan kebelakang haid saya sempat tidak teratur, suka mundur. tapi 3 bulan kebelakang sempat teratur dan sekarang tidak teratur lagi. udah di tespek juga cuma 1 garis, takut kenapa-napa 🙁

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
uye (wanita)

saya hamil menginjak usia 8 bulan. saat sedang tidur posisi miring ke kanan memang tidak nyaman karena janin seperti menolak dan menendang2, bentuk perut pun jadi menggantung. tapi akhir-akhir ini miring ke kiri pun sama jadi kurang nyaman dan menggantung sedikit namun janin tidak menendang2. rasanya lebih enak untuk tidur telentang begitu, padahal kan resikonya buruk ya. tapi janin nampak nyaman juga apabila posisi tidur telentang. tapi saya berganti-ganti posisi saja kadang miring ke kiri kadang telentang. bagaimana ya solusinya?

Dijawab Oleh : uye (wanita)
Diskusi Dari:
maya

Dok saya mau bertanya, kok akhir akhir ini kenapa ya kaki saya ini seperti ada yang mengganjal di bagian belakang lutut, susah banget di lurusinnya, kaku dan bahkan kaya ada urat ya ikut dok. Kalau saya naik atau turun tangga, itu harus pelan banget, karena kalau misalkan berjalnnya cepat kaki itu terasa tersengkak dok, itu kira kira masalah kesehatan apa ya dok? Mohon penjelasannya dok :), Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Jenni

Bu bidan saya sekarang sedang mengandung anak k 2, dan saat ini usia kandungan saya 4 bulan. Namun dikehamilan saat ini saya khawatir karena ternyata IUD yang sebelumnya masih terpasang. Bagaimana langkah yang seharusnya saya lakukan, saya takut mempengaruhi janin saya. Karena ada yang menyebutkan bila dilepas akan mengakibatkan keguguran. Mohon penjelasanan bu bidan.

Terimakasih

Dijawab Oleh : Jenni