Tips Menerapkan Metode Baby Led Weaning Pada Bayi

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Bidan Online -, Tips Menerapkan Metode Baby Led Weaning Pada Bayi -, Dizaman sekarang ini sudah banyak para orang tua yang menerapkan metode baby led weaning pada buah hatinya. Meskipun masih banyak orang tua yang belum terlalu paham mengenai metode yang satu ini dan cara mengaplikasikannya kepada bayi.

    Metode Baby Led Weaning atau sebuah pendekatan dengan membiarkan bayi menyantap makanan padatnya tanpa harus ada campur tangan orang tua.

    Cara yang satu ini dianggap menjadi salah satu tips pendekatan bayi dengan makanana padat yang lebih efektif karena disamping bayi menjadi belajar mandiri juga bisa memilih makanan padat yang disukainya. Hanya saja, Anda sebagai orang tua harus tetap mengawasi buah hati Anda.

    Bayi sudah menginjak usia 6 bulan memang sudah saatnya diberikan makanan padat karena pencernaan bayi sudah siap dan mampu mencerna jenis makanan lain yang lebih padat. Disamping itu, bayi yang berusia 6 bulan membutuhkan nutrisi dan gizi yang lebih besar dengan rasa lebih enak sehingga dengan demikian pada usia ini, ibu bisa memberikan bayi Anda makanan padat yang sehat dan cocok untuk bayi usia 6 bulan tentunya.

    Namun bagi sebagian orang tua, hal ini tidak mudah seperti kelihatannya apalagi jika Anda merupakan orang tua yang masih baru memiliki anak dan minim pengalaman. Rasa khawatir membiarkan anak mengkonsumsi makananya sendiri akan menjadi kendala sendiri karena rasa sayang Anda kepada buah hati Anda. Bagi orang tua yang tinggal di daerah perkotaan mungkin sudah tidak asing lagi mendengar istilah baby led weaning karena menginginkan anaknya bisa mandiri sejak kecil dan membiarkan anaknya untuk mengambil makannya sendiri dan menikmati apa yang dia pilih.

    Selain dapat mencicipi segala macam jenis makanan, bayi juga bisa memiliki semangat  untuk mencoba makanan sehat, adapun jenis makanan yang bisa disesuaikan dalam menerapkan metode ini pada si kecil yaitu jenis makanan finger food dimana makanan akan lebih mudah diraih oleh tangan si kecil.

    Metode yang satu ini lebih menekankan agar bayi bisa makan dengan sendiri dan menjadi pilihan untuk bisa mengeksplor banyak hal yang dia pilih sendiri dan yang pasti metode yang satu ini memungkinkan si kecil bisa makan makanan padat untuk pertama kalinya dengan tangannya sendiri.

    Nah Berikut di bawah ini beberapa tips menerapkan metode baby led weaning pada bayi yang bisa Anda lakukan dengan si kecil.

    Tips Menerapkan Metode Baby Led Weaning Pada Bayi

    • Makan Bersama

    Makan bersama dengan keluarga adalah salah satu waktu yang sangat berharga dan ini bisa menjadi salah satu cara yang tepat agar bayi bisa mengasah baby led weaningnya dengan baik. Ajak semua anggota keluarga yang lainnya untuk makan bersama dan tempatkan menu makanan yang sama di piring di kecil jangan lupa juga dudukkan si kecil di high chair-nya. Sifat si kecil yang suka meniru akan menambah semangat untuk makan dan hal ini bisa menjadi tontonan yang menarik untuk acara makan keluarga Anda melihat bagaimana cara si kecil makan sendiri.

    • Pilihan Makanan

    Memilihkan makanan untuk bayi usia 6 bulan tidak begitu sulit, berbeda dengan balita karena bayi yang masi berusia 6 bulan belum paham mengenai rasa dan makanan yang disukainya. Berbeda dengan balita yang sudah mengetahui jenis makanan seperti apa yang mereka sukai. Anda bisa memberikan makanan (sayuran) yang memiliki gizi tinggi seperti brokoli dan wortel serta untuk cara pengolahannya bisa dengan cara dikukus dan untuk buah – buahannya Anda bisa memberikan si kecil pisang dan pepaya serta jangan lupa berikan potongan ukuran yang bisa di genggam oleh tanganya yang mungil serta mengurangi adanya tersedak.

    • Berikan Beberapa Pilihan

    Sama denan orang dewasa, anak – anak juga senang dengan adanya banyak pilihan di samping itu, pilihan yang banyak bisa memberikan si kecil lebih banyak memilih jenis makanan yang diinginkannya. Serta si kecil bisa beradaptasi dengan berbagai macam jenis rasa dan menghindari si kecil dalam pemilihan makanan atau picky eater.

    • Waktu Yang Tepat Baby Led Weaning

    Biarkan buah hati Anda makan sendiri ketika sarapan, makan siang dan sore hari sebelum menjekang makan malam. Jangan berikan waktu BLW pada sikecil ketika benar – benar sedang merasa kelaparan karena si kecil bisa mengamuk jika jenis makannya tidak sesuai dengan yang diinginkan seperti terlalu hambat atau terlalu keras.

    Demikian penjelasan mengenai tips menerapkan baby led weaning pada bayi yang bisa Anda coba terapkan pada buah hati Anda. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda yang sedang mencari informasi metode baby led waning. Terima kasih sudah berkunjung ke curhat bidan.

    Baca Juga :

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - June 6, 2017
    Diskusi Dari:
    Riana

    saya telat satu bulan tidak haid, tapi pas coba testpack hasilnya negatif.. Apakah ini normal?

    Dijawab Oleh : Riana
    Diskusi Dari:
    rosellagrishin3

    Assalamualaikum bu bidan.
    Sy nikah udah 5bulan tapi blom d kasih” momongan apa karna sy setiap abis hubungan sama suami lalu bak sperma ikit kluar ?? Itu Normal ataw gg ya

    Dijawab Oleh : rosellagrishin3
    Diskusi Dari:
    Adhy Putra Lautan

    Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana cara mengatasi sakit pinggang saat hamil ? Saya sedang hamil 7 bulan, sering mengeluhkan sakit pinggang.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Dian Poenya Raizo

    Assalamu’alaikum Bidan saya mau tanya dalam istilah medis ada kata SADARI apa perlu kita mendatangi Bidan di kota kita dan dokter kandungan? bagaimana maksudnya?mohon dibalas.

    Dijawab Oleh : Dian Poenya Raizo
    Diskusi Dari:
    Salma Syarifah Latipah

    Hai mba bidan, saat ini saya sedang hamil besar dan kemungkinan sekitar 3-4 minggu lagi saya melahirkan. Kemarin saya sempat ngobrol ngobrol di forum tentang persalinan. Dan katanya, agar persalinan lancar, bisa pakai metode hipnosis. Apakah itu benar? Mohon pencerahannya ya. Thanks

    Dijawab Oleh : Salma Syarifah Latipah