Tips Mengatasi Bad Mood Pada Ibu Hamil

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • CurhatBidan.Com,- Selamat datang kembali pada website kesayangan Bunda dimanapun Bunda berada:) Kali ini saya akan berbagi tips yang mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk Bunda. Tips kali ini akan mengangkat tema tentang Bad Mood yang kerapkali menyerang saat hamil.

    Sepertinya sudah menjadi hal yang lazim jika seorang ibu hamil mengalami perubahan suasana hati (Mood Swing). Rasa cemas yang tiba-tiba hadir pada ibu hamil ini terjadi karena beberapa sebab. Penyebabnya tidak lain adalah perubahan dari hormon, kecemasan Bunda tentang kehamilan dan memikirkan bagaimana kelak proses persalinan dan masih banyak lainnya.

    Walaupun kondisi ini terlihat sepele, akan tetapi menurut pakar kesehatan menjelaskan jika Bad Mood yang terjadi pada ibu hamil bisa membawa dampak buruk. Diantaranya adanya resiko untuk melahirkan bayi prematur dengan berat badan yang terlalu ringan, hingga mengalami gangguan kognitif. Dari hal tersebut sangat perlu untuk ibu hamil segera mengatasi Bad Mood yang dialami. Nah, bagaimana caranya agar ibu hamil tidak terjebak selalu dalam mood yang buruk dan tidak menyenangkan akibat pemikiran segala sesuatu yang membuat resah dan lainnya tersebut? Berikut ini adalah sedikit Tips Mengatasi Bad Mood Pada Ibu Hamil yang semoga saja bisa membantu.

    • Cobalah menarik napas dalam-dalam.

    Untuk melakukan ini, cari posisi yang membuat Bunda nyaman. Bisa duduk, berdiri atau berbaring. Lalu kemudian tarik napas dan hembuskan dalam-dalam dengan perlahan. Nikmati dan lepaskan setiap helaan napas dengan perasaan lega. Tujuan melakukan ini untuk membuat hati Bunda terasa lebih tenang dan tak terbebani diri dengan apapun.

    • Tertawa.

    Tertawa secara alami menyebabkan hormon stres berkurang dan hormon yang memberikan rasa senang dan bahagia akan meningkat. Hormon yang dapat memberi rasa bahagia ini disebut Endorfin, ternyata juga mampu mengurangi dan meredakan nyeri. Selain itu tertawa juga bermanfaat untuk merilekskan otot-otot tubuh, membantu kita merasa lebih optimis. Maka dari itu Bunda, sebaiknya cari hiburan atau apapun yang dapat memicu tawa saat sedang Bad Mood.

    • Melakukan sesuatu.

    Daripada terus-menerus larut dalam perasaan Bad Mood yang tak tentu, coba sibukkan diri sendiri dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan. Buat atau kerjakan sesuatu yang membuat Bunda tenang dan nyaman, ataupun meluangkan waktu melakukan hal yang disuka, seperti baca buku atau jalan-jalan santai. Dengan begitu, Bunda bisa melepaskan emosi dan lebih mudah menstabilkan perasaan. 

    • Curhat ataupun berbagi apa yang dirasakan dengan orang terdekat.

    Jika Bunda meraskaan sesuatu yang mengganjal di hati, cobalah untuk dengan orang di sekitar, terutama pasangan. Curahkan hati dan perasaan Bunda agar menjadi lebih nyaman. Kadang-kadang Bad Mood ini muncul saat Bunda merasakan kesepian. Jadi, untuk mengatasinya cobalah untuk menemui orang-orang yang paling membuat kita nyaman dan habiskan waktu mengobrol atau bersantai.

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - November 28, 2017
    Diskusi Dari:
    frenni franita

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya, saya siska umur 26 tahun sudah beberapa bulan ini saya mengalami mentsruasi dua kali dalam sebulan apakah itu normal. Dan apa penyebab menstruasi terjadi dua kali dalam sebulan? mohon penjelasannya trims

    Dijawab Oleh : frenni franita
    Diskusi Dari:
    Anonymous

    Saya mau tanya setelah berhubungan intim dengan suami saya langsung meminum obat KB apakah masih bisa terjadi kehamilan? sedangkan sperma yang masuk sangan sedikit lebih baik minum obat KB atau pil kontrasepsi darurat?apakah tidak apa2 setelah minum pil KB langsung meminum pil kontrasepsi darurat mohon penjelasannya. karena saya dan suami menunda momongan

    Dijawab Oleh :
    Diskusi Dari:
    hayleyfrench7

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya saat ini saya sedang hamil memasuki trimester kedua akhir-akhir ini saya sering kali marah-marah dan mood saya pun gampang berubah-ubah. Apakah saat ini saya stres dan apakah ada dampaknya bagi janin dalam kandungan saya. Jika iya bagaimana cara mengatasinya mohon jawabannya

    Dijawab Oleh : hayleyfrench7
    Diskusi Dari:
    Risky nur

    Assalamualaikum bu bidan, saya sering mengalami sakit ketika sedang menstruasi, rasa sakitnya seperti di remas atau dililit dan ini selalu membuat tubuh saya lemas. Apa itu berbahaya ? Lalu apa ada pengaruhnya pada kesubura ? Makasih bu bidan sebelumnya.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Anonymous

    saya melakukan onani, kemudian saya mandi, ganti baju memakai sepatu lalu berkendara 15 menit kemudian tangan kanan saya jari telunjuk dan tengah menyentuh bagian atas vagina istri saya dan istri saya baru haid dapat 3 hari apakah bisa hamil ?

    Dijawab Oleh :