Tips Mengatasi Sakit Anyang-anyangan Pada Ibu Hamil

Sudah menjadi hakikatnya, jiak seorang wanita hamil pasti akan mengalami perubahan-perubahan pada fisik serta psikisnya pada masa-masa kehamilan. Mulai dari trimester pertama kehamilan, menjelang persalinan.

Perubahan yang tampak jelas terlihat dimulai dari perubahan fisik, dimulai dari perut yang terlihat semakin membesar seiring bertambahnya usia janin di dalamnya. Terlebih saat 3 bulan di awal-awal kehamilan, salah satu masalah kesehatan yang kerapkali menyerang ibu hamil akibat perubahan fisik, adalah sakit Anyang-anyangan. Anyang-anyangan disini pada ibu hamil, adalah kondisi dimana ibu lebih sering buang air kecil dibanding sebelumnya.

Anyang-anyangan pada ibu hamil, atau buang air kecil yang tidak tuntas terjadi akibat kandung kemih yang tertekan oleh rahim. Rahim ibu hamil yang kian membesar menyebabkan urin pun ikut tertahan. Hal ini menyebabkan rangsangan ingin buang air kecil terus menerus, namun tidak tuntas. Kondisi ini tentu membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Selain itu, yang perlu diwaspadai adalah saat ibu hamil buang air kecil yang kemudian disertai rasa nyeri atau perih, warna urin keruh, bau urin menyengat, dan ibu hamil mengalami demam karena bisa saja gejala tersebut termasuk Anyang-anyangan penyakit, yang harus segera mendapatkan pertolongan dokter.

Kondisi kehamilan dikatakan juga menyebabkan perubahan pada hormon sehingga salurah kemih ibu rentan infeksi. Selain itu, perlu diketahui oleh ibu hamil, jika mereka harus lebih seksama dalam menjaga kebersihan organ kewanitaan. Tidak ada salahnya dengan sering mengganti celana dalam yang basah atau berkeringat, hal ini untuk menghindari kelembaban yang terjadi di area kewanitaan, yang dapat membuat bakteri penyakit nyaman berada disana. Hindari juga penggunaan douche atau sabun pembersih vagina, tidak mengkonsumsi kopi atau teh secara berlebihan, dan yang terpenting cukupi kebutuhan air minum dengan 2 liter perhari. Namun sebaiknya minum air putih juga disarankan tidak terlalu banyak saat malam hari karena dikhawatikan dapat mengganggu siklus tidur ibu hamil dan akhirnya tidak dapat beristirahat dengan cukup.

Sekarang, saatnya Anda mengetahui seperti apa Tips Mengatasi Sakit Anyang-anyangan Pada Ibu Hamil yang akan diberikan oleh Curhat Bidan. Berikut selengkapnya.

  • Perbanyak asupan cairan.

Asupan cairan yang cukup sangat dibutuhkan tubuh untuk mencegah bakteri yang berada di dalam kandung kemih agar tidak terkonsentrasi dan tidak menyebabkan iritasi pada kandung kemih serta saluran kemih. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan minum air putih setidaknya minimal 8-10 gelas perhari. Selain itu, asupan cairan juga dapat Anda tambahkan dari jus, susu, buah, sayur, makanan berkuah, dll.

  • Mengatur posisi tidur.

Saat tidur sebaiknya posisikan tubuh ibu hamil miring ke samping kiri. Lalu tekuk kaki hingga membentuk sudut siku-siku. Posisi ini dapat mengurangi tekanan di kandung kemih.

  • Melakukan senam kehamilan.

Ya, senam kehamilan juga sebaiknya diikuti ibu hamil. Hal ini selain termasuk berolahraga yang aman untuk ibu, juga bermanfaat untuk membantu mengurangi keluhan dari sakit Anyang-anyangan. Namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter apakah boleh atau tidaknya mengikuti senam kehamilan.

  • Menjaga kebersihan organ kewanitaan.

Selain mengganti celana dalam yang mudah lembab, rajin lah untuk membersihkan organ kewanitaan agar mencegah bakteri memperparah kondisi Anyang-anyangan.

  • Mulai kurangi aktivitas berat.

Melakukan aktivitas berat saat hamil sangat berisiko menyebabkan berbagai keluhan, diantaranya Anyang-anyangan bahkan sampai mengalami keguguran. Jika tidak ingin mengalami hal tersebut, sebaiknya hindari.

  • Jangan menahan saat ingin buang air kecil.

Anyang-anyanga juga rentan terjadi jika ibu hamil menahan keinginan untuk buang air kecil. Parahnya lagi, kebiasaan buruk tersebut juga dapat menyebabkan infeksi pada kandung kemih.

Semoga bermanfaat.

Citra Dewi Amd.Keb - July 20, 2017
Diskusi Dari:
Anonymous

Assalamualaikum bik sy mo nnya kan sy haid bulan kemaren tgl 19 oktber dan selsai haid tgl 25okt, nah sekarng sdh blan nov tgl 29 berart telat sdh bbrpa hari kan buk? Apa benar buk sdh di hitung 2 bulan

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Ocha Setiani

Selamat sore bu bidan,
Saya sedang mengandung dan usia kandungan saya menginjak trimester 2. Namun, saya masih sibuk bekerja disalah satu perusahaan. Apakah hal ini bisa mempengaruhi kehamilan saya? Lantas bagaimana cara saya menjaga kehamilan dan janin tetap sehat?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Saya sudah menikah kira kira 5 bulanan. Saat ini saya sedang melakukan program hamil. Saya dan suami berharap segera memiliki keturunan. Namun sayang, suami saya merupakan perokok aktif dan sangat susah untuk berhenti merokok. Yang saya mau tanyakan apakah program hamil saya akan terjadi meski sang suami merupakan perokok aktif?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Siang Dok. Saya mau konsultasi. Kenapa ya perut saya sering kali merasakan sakit dan juga perih terutama saat di malam hari terutama di bagian atas pusar. Selain itu, saya juga sering kali merasakan ada yang aneh dengan diri saya karena saya merasakan lapar tapi kok tidak nafsu makan. Ini kira kira kenapa ya dok? Saya sudah coba mengkonumsi obat maag tapi masih tetap saja rasa sakit itu muncul

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Debby

Siang Bu Bidan,
Bayi saya usia 4 bulan sering muntah kalau sudah minum ASI. Muntahnya kadang banyak dan kadang sedikit. Apa penyebab bayi saya sering muntah ? Apa bayi saya baik-baik saja kalau sering muntah ?

Perlu Jawaban