Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan BenarBidan Online,- Stres memang memiliki dampak buruk bagi kesehatan terutama untuk para ibu hamil. Stres pada ibu hamil menjadi salah satu masalah yang banyak di keluhkan. Munculnya stres pada ibu hamil memang sudah tidak asing lagi namun langkah yang paling tepat untuk mengatasinya yaitu dengan mengelola stres agar tidak berlangsung dalam jangka waktu panjang. Stres berat pada ibu hamil yang tidak di atasi dengan cepat tentu saja tidak hanya membahayakan kesehatan ibu namun juga dapat mengganggu perkembangan janin.

    Stres memang tidak membawa manfaat bagi kesehatan terutama saat hamil. Ibu hamil yang mengalami stres tentunya akan sangat berpengaruh juga pada janin dalam kandungan. Diketahui beberapa bahaya stres bagi ibu hamil yaitu sangat berpengaruh pada perkembangan otak janin, berpengaruh pada tumbuh kembang bayi, meningkatkan resiko lahir prematur, juga asupan oksigen ke janin berkurang.

    Tentu saja anda tidak ingin bukan beberapa hal tersebut terjadi pada janin anda. Stres tentunya harus sesegera mungkin ditasi untuk mencegah berbagai hal buruk muncul. Dan berikut ini tips mengatasi stres pada ibu hamil:

    Lakukan olahraga
    Olahraga memang memiliki manfaat yang begitu banyak bagi kesehatan. Nyatanya olahraga juga tidak hanya membuat badan lebih bugar namun juga dapat membuat pikiran lebih jernih dan fresh. Dengan melakukan olahraga ringan setiap hari tidak hanya berat badan ibu hamil saja yang terkontrol namun juga stres yang di alami akan hilang. Beberapa pilihan olahraga ringan yang bisa di pilih oleh ibu hamil seperti berenang, yoga, ataupun jalan-jalan kecil.

    Ketahui penyebab stres
    Dengan mengetahui penyebab awal stres pada ibu hamil maka anda dapat mulai menyusun beberapa hal yang harus di lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Anda pun dapat mencoba berbicara atau lebih terbuka dengan pasangan dan menceritakan apa yang di rasakan.

    Istirahat yang cukup
    Setiap ibu hamil memang sangat membutuhkan istirahat yang cukup. Terlalu lelah atau memiliki kegiatan padat bisa meningkatkan resiko stres muncul. Sangat di sarankan untuk para ibu hamil tidur siang secara rutin.

    Rileksasi
    Melakukan rileksasi akan sangat membantu dalam mengatasi stres pada ibu hamil. Meditasi dan mempelajari teknik pernapasan bisa anda pilih untuk membuat pikiran anda lebih tenang. SSelain dari itu selalu berpikir positif menjadi usaha yang sangat jitu untuk mengatasi stres saat hamil. Melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti menonton film lucu dan bertemu dengan teman juga bisa di sebut sebagai rileksasi.

    Atur pola makan
    Dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi tentunya dapat membuat tubuh anda lebih sehat dan fit. Tubuh yang sehat dapat membuat anda lebih mudah untuk mengatasi stres.

    Baca juga artikel lainnya:

    5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil Cepat Lelah
    Manfaat Vitamin D Untuk Kesuburan dan Kehamilan
    Waktu Yang Tepat Untuk Lakukan USG Saat Hamil
    Manfaat Terapi Akupuntur Untuk Kesuburan Agar Cepat Hamil
    Tips Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - March 8, 2017
    Diskusi Dari:
    Nurul

    Siang dok, saya mau bertanya, ko akhir akhir ini saya sering merasakan sakit pada bagian perut ya? Saat saya pegang bagian itu malah semakin sakit. Memang badan ini terbilang gemuk, apa kah ini bisa berpengaruh pada kondisi perut yang menjadi keras dan besar? Mohon penjelasnnya dok, Terimakasih

    Dijawab Oleh : Nurul
    Diskusi Dari:
    Winda

    Selamat siang,
    Saat ini istri saya tengah mengandung dan sering sekali mengalami mual dan muntah. Selain itu, saya lihat berat badannya malah sedikit menurun. Apa ini berbahaya? dan apa yang menjadi penyebab turunnya berat badan istri saya, apa mungkin ada hubungannya dengan gejala mual muntah yang dialami oleh istri saya?

    Dijawab Oleh : Winda
    Diskusi Dari:
    Aisyah Putri Setiawan

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    Dijawab Oleh : Aisyah Putri Setiawan
    Diskusi Dari:
    Rani Anggraeni

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Indri Ekawaty

    Selamat pagi ibu bidan, saya sedang hamil usia 7 bulan, kok saya sering merasa perut saya tegang dan debaynya bergerak tapi saat debaynya gerak di vagina saya terasa ngilu, apakah itu bisa dbilang kontraksi palsu? Mohon penjelasannya?

    Dijawab Oleh : Indri Ekawaty