Tips Menggunakan Toilet Jongkok Bagi Ibu Hamil Yang Aman

Tips Menggunakan Toilet Jongkok Bagi Ibu Hamil Yang AmanBidan Online,- Memasuki kehidupan yang serba modern saat ini penggunaan toliet jongkok memang sudah banyak di tinggalkan. Kloset jongkok di nilai sudah ketinggalan zaman dan penggantinya yaitu kloset duduk yang lebih modern. Meskipun demikian masih banyak ko yang menggunakan toilet jongkok karena sudah terbiasa dan malah asing dengan toilet duduk. Namun bagaimana dengan ibu hamil apakah penggunaan toliet jongkok di nilai aman?

Memasuki kehamilan trimester kedua dan ketiga tentunya beban berat badan pun semakin bertambah karena janin berkembang menjadi lebih besar. Penggunaan toilet bagi ibu hamil tentunya menjadi perhatian khusus yang tidak boleh di abaikan. Faktanya penggunaan toilet jongkok lebih di sarankan bagi ibu hamil di bandingkan dengan toilet duduk. Apa yang menjadi kelebihan dari penggunaan toilet jongkok bagi ibu hamil? berikut ulasannya.

Nyatanya penggunaan toilet jongkok dinilai lebih higienis karena bagian belakang pantat tidak bersentuhan lansung dengan toilet. Tidak hanya itu memakai toilet jongkok juga faktanya dapat mencegah berbagai keluhan seperti konstipasi juga wasir. Dan nyatanya ibu hamil yang sering menggunakan toilet jongkok akan lebih terbiasa saat jongkok ketika dalam proses persalinan. Tisdak hanya di sarankan saja nyatanya penggunaan toliet jongkok juga bermanfaat untuk mengurangi berbagai gangguan dan mengurangi sakit saat bersalin.

Menggunakan kloset jongkok saat hamil nyatanya dapat melatih anda untuk terbiasa dengan posisi saat bersalin secara tidak langsung. Diketahui jongkok dapat melatih kelenturan hingga meningkatkan elastisitas jalan lahir diperkirakan 20 sampai 30% lebih levar. Disamping itu otot paha dan perut pun akan lebih kuat dan sangat membantu dalam proses persalinan nantinya.

Ibu hamil yang menggunakan toilet jongkok tetaplah harus berhati-hati. Perhatikan langkah anda saat memasuki kamar kecil atau saat menginjak kloset jongkok pastikan kloset selalu kering agar tidak licin. Berikut ini beberapa tips menggunakan toilet jongkok bagi ibu hamil yang aman:

  • Untuk mengantisipasi tergelincir saat memakai toilet jongkok pastikan anda memakai alas kaki antiselip berbahan karet. Dan jangan lupa pastikan lantai toilet tetap kering untuk mencegah resiko terpeleset.
  • Pasang pegangan dekat kloset jongkok. Pegangan di dekat kloset jongkok akan sangat membantu ibu hamil yang hendak berdiri setelah buang air besar. Nyatanya penggunaan pegangan dekat kloset dapat menjaga keseimbangan tubuh ibu hamil.
  • Jangan terburu-buru pastikan anda memperhatikan langkah anda dengan hati-hati dan perlahan. Karena pada dasarnya ibu hamil sering mengalami pusing maka hindari melakukan pergerakan yang cepat cukup perlahan dan hati-hati.
  • Hindari mengejan terlalu sering dan keras karena hal tersebut dapat berdampak buruk bagi kehamilan. Dan hindari untuk mengambil barang di luar jangkauan karena bisa meningkatkan resiko jatuh hingga menyebabkan tekanan keras pada perut yang bisa berbahaya bagi kehamilan.
  • Saat hendak jongkok pastikan kedua kaki anda stabil kemudian secara perlahan turunkan tubuh dan ingat pastikan posisi punggung tidak bengkok jaga agar posisi punggung tetap lurus.
  • Sebagai langkah antisipasi saat mati lampu pastikan lampu senter tersedia dekat kloset jongkok.

Tentunya dengan menggunakan kloset jongkok anda akan mendapatkan beberapa manfaat bagi kehamilan. Pastikan selalu untuk menjaga kebersihan toilet agar terhindar dari berbagai kuman dan bakteri. Dan yang paling penting pastikan lantai toilet selalu kering untuk mencegah resiko tergelincir.

Baca juga artikel lainnya:

Tips Mengatasi Stres Saat Hamil
Bahaya Ibu Hamil Marah-marah Bagi Perkembangan Janin
Cara Merangsang Kehamilan Yang Efektif
Kumpulan Nama Bayi Perempuan Islami
Solusi Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil

Citra Dewi Amd.Keb - April 12, 2017
Diskusi Dari:
Tika

Mohon masukan dan saran nya bu bidan.
saya melahirkan sesar, setelah masa nifas selesai, saya berencana pakai KB IUD tetapi menurut bidan yang saya datangi tidak bisa,
harus menunggu 3 bulan setelah operasi.
Jadi, sebagai alternatif nya saya KB suntik 3 bulan, karena saya menyusui.
tapi Setelah 3 bulan kemudian saya tidak suntik KB lagi. karena saya ingin Haid normal setiap bulan nya.

Waktu itu saya suntik KB bulan oktober, sampe bulan ini saya belum dapat haid juga.
jika saya berhubungan dengan suami pasti saya menggunakan Kondom. saya ingin pakai KB IUD, tetapi sampai saat ini saya blm haid.
setau saya, pemasangan IUD dilakukan jika kita sedang haid.

pertanyaan nya:
kanapa yah, saya blm haid juga ? padahal saya sudah tidak pakai KB suntik lg.

Terima Kasih.

Dijawab Oleh : Tika
Diskusi Dari:
Dian Poenya Raizo

Selamat sore, bidan saya mau tanya lagi, mengapa saya menstruasi terlalu lama. biasanya saya mens hanya 5-7 hari, namun sehabis menjalani treatment bekam saya menjadi mens terlalu lama bisa sampai 14 hari lebih, dan biasanya darah yang keluar setelah 7 hari berwarna merah kehitaman. saya takut karena katanya kalau lebih dari 14 hari itu darah penyakit. padahal 2 bulan lalu saya bekam sebelum haid. mohon penjelasannya terimakasih

Dijawab Oleh : Dian Poenya Raizo
Diskusi Dari:
Santana jaya

Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

Dijawab Oleh : Santana jaya
Diskusi Dari:
Ai Ni

Sore bu, saya mau nanya nih.
Saat ini saya mengandung usia kehamilan 8 bulan, menjelang melahirkan saya menjadi banyak ketakutan sekali. Takut terjadi apa-apa saat persalinan yang nantinya bisa meibuhayakan saya maupun bayi saya. Apalagi setelah saya meibuca beberapa artikel yang menyebutkan bahwa angka kematian ibu saat melahirkan lumayan tinggi. Nah yang mau saya tanyakan ialah, sebenarnya apa sih penyebabnya kematian ibu melahirkan tersebut? Mohon infonya ya. Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Gek Anik

selamat siang,
saya dwik ingin menanyakan dulu saya kista,sekarang kista saya di nyatakan layu
terus saya berhubungan badan karna saya menginginkan kehamilan,
apakah mungkin bisa jadi kehamilan bila kista sudah layu
mohon di bantu infonya,,
terima kasih

Dijawab Oleh : Gek Anik