Tips Menjaga Kualitas Tidur Selama Kehamilan

Tips Bidan,- Bunda, saat kehamilan gangguan tidur adalah salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi dan bahkan dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Kesulitan tidur pada ibu hamil ini terjadi karena beberapa faktor, diantaranya perubahan hormon dan fisik, rasa mual yang menyerang ibu hamil bahkan saat tertidur, seringnya buang air kecil, nyeri ulu hati dan sebagainya.

Karena hal demikianlah, banyak dari ibu hamil tidak mendapatkan kualitas tidur seperti biasanya. Padahal, tidur adalah kebutuhan yang sangat baik untuk ibu hamil. Jika ibu hamil sedang dalam situasi yang sama, tidak perlu khawatir. Kami akan berbagi seputar Tips Menjaga Kualitas Tidur Selama Kehamilan.

  • Memperhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Asupan makanan dan minuman seperti kopi, teh, dan cokelat yang meiliki kandungan kafein yang cukup tinggi, senyawa tersebut justru mampu meningkatkan kesiagaan dan kemampuan otak untuk fokus dan berkonsentrasi. Dengan kata lain, saat tubuh seseorang termasuk ibu hamil menerima banyak kafein, hal ini justru menyebabkan mereka kesulitan untuk masuk pada fase tidur nyenyak.

Untuk itu, sangat penting bagi ibu untuk memperhatikan asupan yang dikonsumsi, terutama pada sore hari dan malam hari. Pilihlah asupan itu dengan baik dan pastikan itu tidak mengandung kandungan kafein yang tinggi. Tips lainnya agar ibu hamil lebih mudah terlelap adalah disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang dapat merangsang produksi hormon melatonin pada tubuh, yaitu buah ceri, kacang almond, oats, dan susu.

  • Tetap aktif berolahraga walaupun sedang hamil.

Berolahraga membuat tubuh terasa segar dan bugar karena proses metabolisme dalam tubuh berjalan lebih lancar. Ibu hamil juga disarankan untuk tetap berolahraga secara rutin agar membantu memperlancar peredaran darah pada tubuh.

Selain baik untuk kesehatan janin di dalam kandungan, peredaran darah yang lancar juga membuat Ibu mendapatkan tidur yang lebih berkualitas karena berolahraga dapat mengurangi risiko terjadinya kram kaki yang sering mengganggu tidur Ibu di malam hari. Namun ingat, pilihlah olahraga yang aman untuk ibu hamil.

  • Menenangkan pikiran dan hindari hal-hal yang bisa membuat stress.

Seiring bertambahnya usia kandungan ibu, akan ada banyak kekhawatiran jelang proses persalinan yang dapat menganggu pikiran ibu, benar? Apalagi jika momen kehamilan kali ini merupakan pengalaman pertama. Walaupun terbilang wajar, namun jangan biarkan kekhawatiran tersebut berlangsung lebih lama ya bunda. Sebab jika tidak ditangani dengan baik, hal ini justru memicu stress sehingga Ibu kesulitan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Untuk menenangkan pikiran dari stress yang melanda, Ibu dianjurkan untuk mengungkapkan keluh kesah dan kekhawatiran yang dirasakan kepada suami dan orang-orang terdekat. Hal ini dapat membantu Ibu terhindar dari perasaan terbebani seorang diri. Dengan begitu kondisi psikologis Ibu akan lebih tenang dan stabil sehingga Ibu bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

  • Atur posisi tidur yang tepat untuk ibu hamil.

Seiring berjalannya usia kehamilan, semakin membesarnya pula ukuran perut ibu hamil. Ibu hamil pun perlu untuk menyesuaikan posisi tidur supaya tubuh merasa nyaman saat berbaring, namun tetap tidak membahayakan janin. Dalam hal ini, tidur dengan posisi miring ke kiri jadi rekomendasi yang disarankan para ahli, terutama sejak kehamilan Ibu menginjak trimester kedua. Dengan posisi tidur miring ke kiri akan membantu aliran darah di tubuh Ibu tetap lancar selama tidur, Selain itu, manfaatnya juga dapat mencegah Ibu dari risiko kram dan kesemutan yang mengganggu. Posisi tidur miring ke kiri juga ini juga membuat nutrisi ke plasenta dan janin terdistribusi dengan baik sehingga pertumbuhan janin lebih optimal. Namun, jika tubuh Ibu mulai merasa pegal karena terlalu lama miring ke kiri, Ibu diperbolehkan mengganti posisi tidur menjadi miring ke kanan.

Itu dia, tips-tips yang bisa ibu hamil terapkan mulai saat ini agar mendapatkan tidur yang nyaman dan berkualitas. Semoga bermanfaat ya bunda, salam!

Citra Dewi Amd.Keb - January 21, 2017
Diskusi Dari:
Anonymous

Saya mau tanya setelah berhubungan intim dengan suami saya langsung meminum obat KB apakah masih bisa terjadi kehamilan? sedangkan sperma yang masuk sangan sedikit lebih baik minum obat KB atau pil kontrasepsi darurat?apakah tidak apa2 setelah minum pil KB langsung meminum pil kontrasepsi darurat mohon penjelasannya. karena saya dan suami menunda momongan

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Sahputri Ramadhani

Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang hamil usia 3 bulan dan ini merupakan kehamilan pertama saya. Sudah lebih dari seminggu saya mengalami sembelit, susah sekali buang air besar. Apakah ini hal yang wajar? Dan bagaimana cara mengatasinya?. Mohon penjelasannya, terimakasih.

Dijawab Oleh : Sahputri Ramadhani
Diskusi Dari:
Anonymous

kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk melahirkan di bidan dan syarat yang diperlukan apa saja untuk tahun 2017?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya Lutfia umur 25 tahun saat ini saya sedang mengandung 7 bulan. Saat ini saya sering mengalami rasa mulas meskipun setelahnya di barengi BAB. Namun apakah wajar jika rasa mulas muncul lebih sering saat hamil? Mohon jawabannya bu bidan

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Saya dapat menstruasi tanggal 23 agustus. Tanggal berapakah masa paling subur saya dan makanan apa yg harus saya konsumsi selama masa subur? Terimakasih

Dijawab Oleh :