Tips Menyimpan ASI Bayi Yang Baik Dan Benar

Bidan online -, Tak satupun ibu di dunia ini yang tidak menginginkan anaknya memberikan sesuatu yang terbaik, termasuk ASI salah satunya. Pemberian ASI secara ekslusif lebih banyak mengandung manfaat dibandingkan dengan pemberian susu formula. Selain dapat meningkatkan kecerdasan anak, masih banyak lagi manfaat lainnya dari pemberian ASI. Oleh karena itu, menyusui sang buah hati dengan ASI mereka sendiri, merupakan sebuah keberuntungan yang tak ternilai harganya. Namun hal tersebut seringkali menjadi kesulitan bagi sebagian bunda, terlebih jika anda seorang wanita karir. Namun anda tak perlu khawatir, karena anda dapat memeras ASI, yang kemudian menyimpannya dengan baik.

Namun banyak dari para bunda yang belum mengenal baik cara penyimpanan ASI yang baik dan benar. Lalu bagaimana cara untuk menyimpan ASI secara maksimal agar kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya tetap utuh dan terjaga? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan yang anda ajukan tersebut, anda dapat melakukan tips menyimpan ASI yang baik dan benar berikut ini, sehingga ASI tersebut aman tidak membahayakan kondisi sang buah hati anda, meski telah di si,pan dalam kurun waktu yang cukup lama. Sebelum penyimpanan ASI, ada beberapa hal yang patut di perhatikan:

  • Siapkanlah tempat untuk menyimpan asi seperti tempat yang berbahankan beling atau plastik dengan tutup yang kedap udara. Anda dapat menggunakan botol susu ditutup rapat, atau kantong khusus untuk ASI.
  • Membersihkan tempat menyimpan atau wadah ASI dengan air hangat dan sabun.  Bersihkan kembali dengan air hangat dan keringkan secara alami.

Inilah Berbagai Tips Menyimpan ASI Yang Baik Dan Benar

  • Jika anda memilih menyimpan ASI di suhu ruangan, maka asi yang anda peras hanya dapat bertahan selama 10 jam.
  • ASI yang di di simpan di kulkas, harus segera di gunakan setelah berada selama setengah jam di ruangan.
  • ASI yang di simpan di dalam kulakas dapat bertahan hingga satu minggu lamanya.
  • Jika andi ingin menyimpannya di dalam freezer maka simpan pada bagian yang dingin, dan ASI tersebut mampu bertahan selama 6 bulan ke depan.
  • Jangan memunuhi semua isi botol dengan ASI. Sisakan minimal 4 cm, karena ASI akan mengembang. Anda dapat menggunakan tutup dari plastik dan karet, dan pastikan tertutup secara rapat.
  • Jangan pindahkan ASI dari kulkas ke freezer jika telah melebihi batas 48 jam.
  • Jangan lewatkan untuk memberi label tanggal atau hari pembuatan pada setiap botol. Hal tersebut supaya dapat memudahkan anda, dalam membedakan mana yang dapat di gunakan dan mana yang sudah basi.
  • Jika ASI akan di gunakan pada beberapa jam kemudian, selain pada kulkas, anda juga dapat menyimpannya pada kotak pendingin. Namun hal tersebut tidak dapat di jadikan alternatif pada jangka waktu yang cukup lama.

Setelah anda mengikuti tips-tips di atas, andapun dapat memberikan ASI dari kulkas atau freezer pada sang buah hati setelah menghangatkannya. Dan berikut cara menghangatkan atau mencaikan ASI yang benar:

  • Ambil botol ASI dan diaakan beberapa menit pada suhu ruangan. Untuk lebih mempercepat prosesnya andapun dapat meletakan botol pada mangkuk dengan berisi air panas.
  • Aduk secara merata untuk menyatukan krim dengan ASI.
  • Anda jangan terlebih dahulu memberikan ASI tersebut kepada sang buah hati sebelum ASI cair dan menjadi susu.
  • Jangan pernah memberikan ASI yang telah mberbau asam.
  • Jangan hangatkan ASI pada microwave karena itu hanya akan merusak kandungan pada ASI.

Nah itulah tips-tips yang perlu di pelajari oleh bunda seputar cara dan tips menyimpan ASI yang baik dan berkualitas demi buah hati anda yang tercinta. Semoga bermanfaat!
 

Citra Dewi Amd.Keb - June 21, 2016
Diskusi Dari:
Anonymous

kenapa ya saya telat haid 1 minggu, memang sih 5 bulan kebelakang haid saya sempat tidak teratur, suka mundur. tapi 3 bulan kebelakang sempat teratur dan sekarang tidak teratur lagi. udah di tespek juga cuma 1 garis, takut kenapa-napa 🙁

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Ramadhan

Obat apa yg di gunakan untuk menghilangkan kebiasaan menghisap tangan pada anak

Dijawab Oleh : Ramadhan
Diskusi Dari:
Khansa Adeline

Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

Dijawab Oleh : Khansa Adeline
Diskusi Dari:
Anonymous

dok,mau tanya dong kenapa ya setelah saya minum soda perut saya sakit sekali nyeri dibagian semua perut dan punggung, pinggang saya juga sakit sekali,dan celana dlm saya terasa basah dan saya lihat pagi hari nya berwarna coklat agak kuning dok, tlg jwb ya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Obey Hungkul

Selamat siang dok saya mau bertanya, saya telat haid 4hari tapi setelah di test pack hasilnya negatif dok, apa ada kemungkinan untuk saya hamil ? Atau bagaimana ya dok. Terimakasih

Dijawab Oleh : Obey Hungkul