Tips Tepat Merawat Vagina Untuk Menghindari Infertilitas

Tips Merawat Vagina Yang Benar Untuk Menghindari InfertilitasBidan Online,- Kebersihan vagina memang menjadi hal yang sangat penting untuk menunjang kesehatan organ intim wanita. Bahkan kondisi vagina yang bersih sangat menunjang untuk mendapatkan momongan lebih cepat. Ya tentunya hal tersebut memang benar adanya, bayangkan saja jika kondisi kesehatan anda tidak terjaga maka akan sangat mudah berbagai bakteri dan kuman berkembang biak dan hal tersebut dapat menyebabkan infeksi. Infeksi vagina yang di biarkan maka akan sangat mudah menjalar ke bagian organ dalam reproduksi dan dapat menyebabkan infertilitas atau kemandulan. Tidak hanya itu merawat vagina tetap bersih akan meningkatkan keharmonisan hubungan anda dengan suami, maka tidak heran jika banyak para wanita yang melakukan berbagai perawatan vagina dengan budget yang lumayan tinggi. Sebenarnya untuk merawat vagina agar tetap bersih tidak membutuhkan perawatan khusus dengan biaya yang mahal, beberapa tips merawat vagina yang benar berikut ini bisa anda lakukan di rumah.

Hindari pemakaian cairah pembersih vagina
Cairan pembersih organ kewanitaan memang memiliki fungsi yang sangat bagus untuk merawat kebersihan vagina. Namun tentunya pemakaian yang terlalu sering tidak di sarankan. Cairan pembersih vagina jika di pakai terlalu sering malah akan membunuh bakteri baik yang seharusnya berkembang biak di daerah vagina. Gunakan sesekali untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Hindari pelumas minyak
Pelumas berbahan dasar minyak atau oil based lubricant memang memberikan sensansi yang luar biasa pada saat berhubungan. Namun jika anda tahu pelumas berbahan dasar minyak sebenarnya tidak di anjurkan untuk di pakai. Alasannya karena pelumas minyak tersebut sangat susah untuk di bersihkan hingga dapat bertahan hingga berhari-haripada organ reproduksi. Tentunya hal tersebut dapat menjadi sumber bakteri yang sangat rentan menyerang organ reproduksi. Tidak hanya itu untuk anda yang sedang dalam program hamil pemakaian pelumas berbahan dasar minyak sebaiknya dihindari karena akan meyulitkan sperma melakukan pembuahan. Hal ini bisa terjadi karena tingkat kekentalan pelumas yang dapat mempengaruhi hingga menghambat motilitas atau kemampuan gerak sperma.

Cukur rambut pubis secara teratur
Tahukah anda jika rambut pubis yang di biarkan panjang sangat rentan menjadi sarang bakteri. Selain itu rambut pubis yang dibiarkan memanjang akan membuat anda tidak nyaman bahkan gatal. Pastikan anda merapikan ranbut pubis secara teratur setiap 40 hari sekali. Dan pastikan juga anda menggunakan alat cukur atau gunting khusus wanita yang bersih. Alat cukur khusus wanita lebih lembut jika di bandingkan dengan alat cukur pria.

Celana dalam cadangan
Jika anda berpergian jauh atau bepergian dalam waktu yang lama pastikan anda membawa celana dalam cadangan. Banyak para wanita yang lebih memilih menggunakan pantyliner karena lebih praktis. Padahal jika di badingkan dengan pantyliner celana dalam lebih baik di gunakan. Penggunaan pantyliner akan menyebabkan sirkulasi udara terhalang sehingga akan membuat vagina lebih panas, apalagi untuk anda yang memiliki jenis kulit sensitif penggunaan pantyliner malah akan membuat kulit lebih mudah teriritasi.

Pastikan vagina dalam kondisi kering
Vagina yang kering selain membuat anda lebih nyaman juga dapat menghindari terjadinya kelembaban. Vagina dalam kondisi lembab akan sangat memudahkan bakteri berkembang biak lebih cepat. Tidak hanya itu vagina yang lembab juga dapat memicu resiko terjadinya keputihan, infeksi, juga perkembangan jamur yang lebih cepat. Dan pastikan anda selalu membawa tisu kering agar kondisi vagina tetap kering setelah buang air besar atau buang air kecil.

Bawa air bersih
Untuk berjaga-jaga tidak ada salahnya anda membawa cadangan air bersih jika bepergian. Hal ini bertujuan sebagai langkah antisipasi jika anda pergi ke tempat yang minim air dan toliet yang hanya menyediakan tisu. Jika anda membawa air bersih dari rumah meskipun toilet hanya menyediakan tisu saja, anda masih bisa membasuh vagina dengan bersih menggunakan air bersih. Mungkin sedikit merepotkan namun untuk menjaga kebersihan vagina tidak ada salahnya bukan.

Bersihkan dudukan toilet duduk umum sebelum digunakan
Yang namanya toilet umum pastinya yang memakainyapun banyak orang. Nah jika kondisinya anda sudah tidak dapat menahan buang air besar maupun kecil pastikan anda memberishkan terlebih dahulu dudukan kloset tersebut menggunakan tisu. Hal tersebut di lakukan untuk meminimalisir bakteri. Gunakan pelapis dudukan agar tidak langsung bersentuhan dengan kulit.

Hindari menggunakan air yang sudah di tampung di toliet umum
Pastikan anda menggunakan air keran dadakan untuk membersihkan organ intim anda jika berada di toilet umum. Tentunya anda sudah tahu jika toilet umum memang tidak terjamin kebersihannya. Untuk meminimalisir bakteri pada air yang sudah di tampung di toilet umum lebih baik menggunakan air kran yang mengalir.

Gunakan sabun yang aman
Pemilihan sabun untuk membersihkan vagina juga patut untuk di perhatikan. Sabun pembersih vagina dengan aroma parfum yang menyengat memang banyak di pasarkan. Namun tidak sembarang sabun dapat di gunakan untuk membersihkan vagina. Sabun dengan parfum yang menyengat malah akan menyebabkan berkurangnya pH atau tingkat keasaman vagina. Lebih disarankan menggunakan sabun bayi dengan pH 7.

Bersihkan vagina menggunakan air bersih
Pastikan anda membersihkan organ intim anda menggunakan air bersih setelah buang air besar ataupun kecil. Bersihkan organ intim anda dengan benar dari arah depan ke belakang untuk menghindari kuman dari anus masuk ke vagina.

Tentunya tips perawatan vagina diatas sangat mudah dan dapat anda lakukan di rumah, tentunya dengan perawatan yang benar dan rutin maka berbagai gangguan kesehatan dapat di hindari dan kesuburan pun akan sangat terjaga.

Baca juga artikel lainnya:

Tips Berhenti Merokok Untuk Meningkatkan Kesuburan

Tips Merangsang Kehamilan Yang Efektif

Citra Dewi Amd.Keb - September 26, 2016
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya Luna umur 29 tahun saat ini saya sedang hamil 36 minggu. MInggu lalu saya di opname karena mengalami ketuban yang rembes dan di sarankan untuk menjalani operasi caesar. Namun berat badan bayi dalam kandungan saya tergolong kecil dan di sarankan untuk menaikan berat badan bayi minimal 2 kg agar operasi caesar dapat di lakukan. Yang mau saya tanyakan bagaimana caranya menaikan berat badan bayi dalam kandungan. Mohon jawabannya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Pipit Winartii

Selamat Siang Dok,

Istri saya seblumnya mempunyai siklus menstrusai 28 hari
namun ini sudah lewat dari 28 hari apakah istri saya hamil

salam,

Dijawab Oleh : Pipit Winartii
Diskusi Dari:
Opik Taufik

Selamat pagi dok. Saya memiliki bekas luka yang memang cukup hitam dibagian kulit dan susah sekali untuk hilang. Saya mau bertanya, apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan masalah kulit hitam ini pada kulit agar seperti warna kulit semula? Jika ada, bagai mana caranya?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Didin Bajarudin

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi ruam pada kulit bayi berumur 6 bulan yah ? Semalam muncul ruam merah pada kulit bayi saya. Mohon sarannya bu bidan, supaya bayi saya tak rewel terus akibat gatal pada ruam tersebut.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun dan saya sudah menikah bulan Maret lalu. Kemudian 5 minggu kemudian saya hamil namun mengalami keguguran pada minggu ke 3 kehamilan saya. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter, dan dokter menyarankan untuk menunda terlebih dahulu kehamilan selama 2 bulan. Setelah melawati masa precubation namun saya belum hamil juga. Yang menjadi masalahnya apakah siklus mentruasi saya yang tidak teratur saat ini berpengaruh? Karena setelah saya melakukan kuret pada awal Mei sampain saat ini saya belum mentruasi. Memang beberapa bulan terakhir pasca keguguran itu, saya jadi lebih aktif dan sibuk sekali. Apakah kesibukan saya mempengaruhi siklus haid saya, bu bidan? Kalau iya, adakah obat untuk melancarkan menstruasi saya?

Dijawab Oleh :