Tips Meredakan Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil Yang Aman

Tips Meredakan Nyeri Pinggang Pada Ibu Hamil Yang Aman Bidan Online.com,-
Sakit pinggang nyatanyabtidak hanya dapat menyerang orang lanjut usia
saja. Nueri pinggang pada ibu hamil memang sudah menjadi hal yang banyak
di keluhkan. Apalagi memasulki trimester kedua dan ketifa nyeri
pinggang pada ibu hamil dapat mengganggu kenyamanan. Meskipun terlihat
sepele nyatanya nyeri pinggang saat hamil tidak bisa di biarkan begitu
saja. Nyeri pinggang pada ibu hamil yang tidak mendapatkan penanganan
yang cepat dan tepat bisa menyebabkan kondisi lebih serius. Bahkan dalam
beberapa kasus diketahui sakit pinggang pada ibu hamil bisa menjadi
pertanda adanya gangguan kesehatan pada ibu hamil. Lalu bagaimana cara
mengatasi nyeri pinggang pada ibu hamil? simak ulasannya berikut ini.

Adakalanya sakit pinggang pada ibu hamil menyebabkan ibu hamil malas melakukan kegiatan apa pun karena rasa tidak nyaman. Nyatanya terlalu lama duduk atau tiduran malah akan menyebabkan sakit pinggang bertambah parah. Untuk mencegah dan meredakan sakit pinggang saat hamil sangat di sarankan untuk melakukan aktifitas ringan agar otot tetap rileks dan tidak kaku. Misalnya olahraga secara rutin menjadi hal utama untuk mengatasi sakit pinggang saat hamil namun ingat lakukan olahraga ringan yang aman bagi ibu hamil. Dan berikut ini beberapa cara meredakan nyeri pinggang saat hamil yang bisa anda lakukan.

Sakit pinggang pada ibu hamil bisa terjadi akibat dari adanya perubahan pada pusat gravitasi tubuh. Tidak hanya itu perubbahan hormon juga peregangan ligamen pada ibu hamil juga ikut andil dalam menyebabkan rasa sakit pada pinggang. Janin yang semakin berkembang dan bobot yang semakin bertambah tentu saja bisa menyebabkan penekanan lebih berat pada punggung dan pinggang apalagi memasuki trimester ketiga.

  • Jalan kaki menjadi salah satu olahraga paling mudah dan ringan bagi ibu hamil. Jalan kaki santai secara rutin setiap hari dapat membantu mengatasi nyeri pinggang pada ibu hamil secara cepat.
  • Senam hamil menjadi pilihan kedua bagi anda untuk meredakan sakit pinggang saat hamil. Senam hail tidak hanya dapat membntu mengatasi nyeri pinggang saja namun juga dapat membuat tubuh lebih bugar, otot lebih rileks, juga melatih keseimbangan tubuh.
  • Berenang menjadi olahraga ringan sekaligus menyenangkan bagi ibu hamil. Tidak hanya itu nyatanya berenang menjadi salah satu cara untuk meredakan nyeri punggung pada ibu hamil paling ampuh. Berenang secara rutin dan teratur tidak hanya dapat membuat otot lebih rileks namun juga memperkuat otot pinggang dan perut bawah.
  • Posisi tidur saat hamil juga dapat membantu mengatasi nyeri pinggang saat hamil. Caranya dengan tekuk kedua lutut atau salat satu lutut kemudian anda dapat menempatkan bantal di bawahnya atau di antara dua lutut. Jangan lupa tambahkan bantal di belakang punggung dan bawah perut.
  • Mengompres pinggang menggunakan air dingin dan hangat bisa membantu meredakan sakit pinggang pada ibu hamil anda juga dapat melakukan pemijatan perlahan pada pinggang yang sakit.
  • Perlu anda tahu jika penggunaan alas kaki menjadi hal yang sangat penting pada ibu hamil. Dimana alas kaki yang sangat disarankan bagi ibu hamil yaitu alas kaki datar yang nyaman. Hindari penggunaan alas kaki dengan hak tinggi karena bisa menyebabkan ketidakseimbangan tubuh serta meningkatkan resiko terjatuh.

Pada dasarnya para ibu hamil jangan terlalu khawatir jika mengalami sakit pinggang karena memang sudah menjadi hal yang wajar. Sakit pinggang pada ibu hamil dapat hilang dengan sendirinya dengan perawatan di rumah. Namun jika sakit pinggang pada ibu hamil menandakan gejala seperti rasa sakit yang semakin parah disertai demam juga mati rasa pada bokong  dan pinggang belakang. Maka sangat di sarankan untuk segera mengunjungi dokter agar mendapatkan penananganan lebih cepat dan tepat.

Baca juga artikel lainnya:

Daftar Makanan Ibu Hamil Agar Kulit Bayi Atau Janin Putih Bersih
Bahaya Ibu Hamil Marah-marah Bagi Perkembangan Janin
Pantangan Buah Yang Harus Di Hindari Ibu Hamil Muda
Tips Solusi Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil Yang Benar
Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar

Citra Dewi Amd.Keb - April 26, 2017
Diskusi Dari:
Claudia harapankita

Dok selama ini saya sering kali merasakan masalah dibagian hidung seperti hidung yang terasa perih sehingga membuat saya kesulitan untuk bernafas dimana hal ini sering juga disertai dengan adanya rasa sakit pada bagian kepala. Biasanya saya merasakan hal ini dimana saat musim dingin dok. Dulu saya sempat tinggal di daerah perkampungan yang udaranya sangat dingin sehingga tiap malam dan pagi hari saya sering merasakan masalah pada bagian hidung serta bersin bersin. Saya mau tanya, kira kira ini salah satu gejala penyakit apa ya dok? Terus berbahaya gak ya bagi kesehatan saya?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Princess mikha

Halo Bu Bidan, saya mau tanya, apakah tidak apa-apa jika bayi diberi susu formula untuk beberapa hari saja ? Apa ada efek sampingnya ?

Dijawab Oleh : Princess mikha
Diskusi Dari:
Hani fahrunnisa

Hi Bu Bidan, bayi saya belum berusia 6 bulan tapi sudah terlanjur saya beri MPASI seminggu ini, apa saya harus menghentikan pemberian MPASI atau dilanjutkan saja ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Mw tnya dok ,knpa ea sya sampai saat in blm jga mempunyai keturunan,brobat udah tp blm jga ad hasil a

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Pipit Winartii

Selamat siang dok…
Saya mau bertanya. Saat ini saya sudah berusia 33 tahun dan sudah telat menstrulasi selama 2 bulan, dan sering merasakan mual layaknya orang hamil, khusunya di pagi dan malam hari. Namun ketika saya mengecek dengan menggunakan test pack hasilnya justru negatif. Yang saya mau tanyakan apakan ada kemungkinan saya hamil sedangkan hasil test peck menunjukan negatif?

Perlu Jawaban