Tips Rahasia Agar Proses Persalinan Tanpa Stres

Bidan Online -, Berbagai jenis hal pasti terjadi saat proses persalinan ini tiba. Stres, takut, cemas dan deg degan pasti menjadi hal yang dirsakan oleh para orang tua terutama ibu yang akan melahirkan. Perlu diketahui bahwa stres mejadi salah sau penghambat proses persalinan. Proses persalinan yang lancar dan mudah ini dapat anda rasakan saat anda terhindar dari masalah stres. Sebenarnya, ada beberapa tips rahasia agar proses persalinan tanpa stres, hal ini di antaranya adalah :

  • Mandi Dengan Menggunakan Air Hangat
    Sakit yang tak tertahan sering kali terjadi saat para ibu sedang dalam masa persalinan. Menurut salah satu penelitian menyebutkan bahwa mandi dengan menggunakan air hangat sangat disarankan bagi anda yang sedang menunggu waktu persalinan. Hal ini dapat membuat sensai seperti pemijatan.
  • Memastikan Kesehatan Tubuh Anda
    Resiko memiliki proses persalinan stres ini akan berkurang ketika anda memastikan kesehatan tubuh anda. Memastikan kesehatan tubuh anda dengan baik dan sehat ini memang perlu karena ini merupakan salah satu hal yang dapat mengurangi stres pada proses persalinan.
  • Pijatan Suami
    Tips rahasia agar proses persalinan tanpa stres ini adalah dengan pijatan suami. Jika suami memijat istri saat proses persalinan tiba, hal ini bisa mengurangi rasa sakit dan telah terbukti. Hal ini dilakukan penelitian oleh Touch Research Institute pada University of Miami School of Medicine. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa dengan pijatan suami ini, anda akan terhindar dari masalah nyeri pada tubuh saat proses persalinan tiba.
  • Dukungan Keluarga Dan Suami
    Jika anda mendapatkan dukungan dari suami dan keluarga, hal ini dapat mencegah berbagai jenis hal yang terjadi dan juga mampu membuat tubuh kita menjdi rileks. Waktu proses kelahiran yang lebih singkat juga bisa dirakan oleh anda yang memiliki dukunagn penuh dari suami dan pihak keluarga.
  • Mengatur Nafas
    Saat anda ingin mendapatkan proses kontraksi yang benar, sebaiknya anda mengatur napas anda agar fokus. Nafas yang teratur ini akan membuat anda menjadi nyaman dan akan mempbuat posisi anda semakin enak sehingga proses persalinan pun akan berjalan dengan lancar.
  • Melakukan Kegiatan Yang Asik
    Biasanya proses persalinan yang lama bisa terjadi 12-14 jam. Hal yang perlu dilakukan saat kontraksi mulai datang pada bagian perut bagian bawah atau bahkan punggung belakang, sebaiknya anda tetap tenang. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa apabila dalam proses persalinan anda tidak tenang, hal ini bisa menimbulkan rasa nyeri kontraksi yang begitu sangat terasa. Jika kontaksi mulai datang, sebaiknya anda melakukan kegiatan yang asik seperti berjalan kaki untuk mengalihkan perhatian rasa sakit ini. Selain itu, mempercepat  persalinan dengan memijat puting payudara juga perlu anda lakukan agar mendapatkan proses persalinan dengan segera.
  • Mengubah Posisi Tubuh
    Banyak para calon ibu yang sering kali males berbalik badan ketika mendapatkan kontraksi karena takut akan ada rasa sakit. Sebenarnya hal ini tidak seutuhnya benar. Banyak para calon ibu yang merasakan dengan bergeser unuk posisi yang nyaman justru akan mengurangi rasa sakit yang terjadi ini. Ini menjdai salah satu cara untuk anda, seperti dengan berjongkok, berlutut dan bahkan berdiri. Cara ini menjadi salah satu cara yang memang bisa dilakukan.

Itulah tips rahasia agar proses persalinan tanpa stres. Masih banyak lagi cara cara lainnya yang memang perlu dilakukan agar mendapatkan proses persalinan yang sempurna dan terhindar dari rasa sakit ini.

Citra Dewi Amd.Keb - December 16, 2016
Diskusi Dari:
Anonymous

maaf mau tanya..saya dan suami nikah sudah 7 bulan…dan saya alhamdulillah sudah hamil 5 bulan…masalahnya hymen saya masih utuh (intact) sampai sekarang,dokter menyarankan untuk operasi pembukaan hymen tapi saya takut…apakah apabila tidak dioperasi, hymen saya bisa sobek dengan sendirinya ataukah malah akan menutupi/mengganggu proses kelahiran anak saya nanti?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Indri Ekawaty

Salamualikum
Dok saya lepas kb bulan 2 sekarang bulan 9 mengapa saya tak kunjung hamil

Dijawab Oleh : Indri Ekawaty

Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar? Masalahnya usia kandunganku kini sudah 9 bulan tapi bayinya belum turun juga, tolong solusinya ya ibu bidan? terima kasih.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya apakah ada pantangan makanan untuk anak yang saat ini baru sunat takutnya jika makan sembarangan akan berimbas pada luka sunat yang masih basah. Mohon penjelasannya trims.

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Novita dwi

Halow, saya mau tanya masalah masa subur
Bln desember 2017 haid tgl 15
Bulan januari 2018 haid tgl 8
Tgl 21 januari 2018 menikah
Bulan februari 2018 haid tgl 3
Bulan maret 2018 haid tgl 1

Yang saya mau tanyakan tgl brp saya tepat masa subur kalo dilihat siklus haid saya di atas..?
Saya coba pakai alat ovutest tgl 13 maret 2018 jam 13.00 dan jam 19.00 garisnya 2 merah..
Apakah itu menandakan saya dalam masa subur ?
Mohon di jawab terimakasih..

Dijawab Oleh : Novita dwi