Tips Sehat Melangsingkan Tubuh Pasca Melahirkan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Curhat Bidan – Pada umumnya, seorang wanita yang telah melahirkan mempunyai keinginan untuk mengembalikan postur tubuhnya ke bentuk semula.Karena biasanya bentuk perut, pinggul dan sekitarnya akan lebih membesar pasca melahirkan. Akan tetapi, hanya butuh waktu saja agar Anda bisa mengembalikan perut Anda yang kendor ke bentuk yang ramping kembali, sehingga setelah itu penampilan Anda akan tetap menarik.

    Namun, hal yang perlu diingat yaitu jangan melakukan diet atau latihan sesegera mungkin pasca melahirkan. Berilah waktu bagi tubuh Anda untuk memulihkan kondisinya terlebih dahulu. Cara alami dan tanpa efek samping, sangat efektif untuk proses pengembalian postur tubuh Anda.

    Tips Sehat Melangsingkan Tubuh Pasca Melahirkan Agar Tetap Tampil Ideal

    Berikut cara alami mengembalikkan postur tubuh pasca melahirkan, seperti:

    1. Kayu Manis
      Rebus air kurang lebih 2 liter dengan ditambah 2-3 inci kayu manis dan 2-3 cengkeh selama 5-10 menit. Lalu air rebusannya diminum ketika masih hangat selama 40 hari. Anda juba bisa menambahkan madu untuk penambah rasa. Efek dan khasiat dari kayu manis ini sendiri telah diketahui lebih baik dan cepat untuk mengatasi masalah lemak perut secara lami.
    2. Mengkonsumsi Sup
      Dengan seringnya mengkonsumsi sup berbasis kaldu, sayuran seperti brokoli, kubis, bunga kol dan kale adalah kelompok makanan nabati yang mengandung fotonutrien tertentu yang bermanfaat untuk mengurangi lemak.
    3. Diet yang Seimbang
      Mengganti semua makanan cepat saji dengan makanan yang kaya gizi, seperti: Buah-buahan, Sayuran, Kacang-kacangan, Biji-bijian, Daging sapi tanpa lemak, Daging ayam dan Produk susu rendah lemak.
    4. Mengkonsumsi Sayuran dan Buah
      Banyak mengkonsumsi buah dan sayur juga tentunya dapat menghilangkan lemak perut jangka panjang. Contoh sayuran seperti: Brokoli, Kale, Kubis, Bunga kol dan Bayam. Sedangkan buah-buahan, yaitu: Jeruk, Lemon, Mangga dan Pepaya.
    5. Makan dengan Teratur
      Seorang wanita pasca melahirkan akan mengalami perubahan hormon, dan membutuhkan lebih banyak energi dalam 6 bulan pertama karena harus menyusui bayinya. Ibu menyusui membutuhkan kalori ekstra untuk memproduksi asi, jadi tidak perlu mengurangi porsi makan atau waktu makan secara drastis.

      Jangan pernah diet yang berlebihan seperti tidak pernah makan pada waktunya atau menahan lapar karena dengan alasan ingin mengecilkan perut. Akan lebih baik lagi jika makan sedikit-sedikit namun sering (3-4x sehari), dari pada hanya makan 2x sehari tapi dalam jumlah yang sangat besar. Kondisi seperti ini akan menjalankan metabolisme terus-menerus, sehingga lebih banyak lemak dan kalori yang dibakar.

    6. Menyusui Bayi dengan ASI
      Menyusui merupakan salah satu cara alami untuk mengurangi ukuran perut pasca melahirkan. Tidak hanya bagus untuk antibodi yang kuat bagi bagi, akan tetapi juga membangun ikatan fisik serta emosional ibu dan anak dan membantu ibunya menurunkan berat badan pasca melahirkan.
    7. Menggunakan Korset
      Dengan penggunaan korset akan membantu Anda untuk mengurangi pembengkakan, mendorong oto dan jaringan perut kembali seperti semula. Anda bisa menggunakannya secara terus-menerusselama 3 bulan pasca melahirkan. Cara ini sangat penting pada minggu-minggu awal pasca melahirkan.
    8. Menghindari Aktivitas Fisik yang Terlalu Keras
      Wanita menyusui atau pasca melahirkan sangat dianjurkan untuk menghindari aktivitas fisik yang terlalu keras, tunggu dulu sampai bayi setidaknya berusia 2 bulan. Namun, apabila Anda merasa berat badan Anda mengganggu, pastikan Anda tidak terlalu cepat menghilangkan berat badan.
      Berolahraga terlalu dini juga bisa mengakibatkan efek samping buruk bagi tubuh sang ibu. Memulailah dengan beberapa kegiatan fisik yang sederhana dan ringan seperti bersepeda, berjalan, jogging atau juga berenang. Kedepannya tingkatkan intensitas latihan secara bertahap.
    9. Latihan Ketahanan dan Aerobik
      Pada umumnya, wanita pasca melahirkan ragu-ragu melakukan pengencangan perut segera setelah kehamilan. Telah terbukti berkali-kali bahwa latihan ketahanan dasar merupakan satu-satunya latihan yang benar-benar efektif untuk membakar lemak.
      Latihan ketahanan dasar itu meliputi berenang, jogging, bersepeda dan berlari. Dengan melakukan latihan ketahanan dasar tersebut selama berminggu-minggu, kandungan lemak tubuh Anda akan terlihat berkurang. Untuk kedepannya, Anda bisa fokus pada latihan yang bertujuan untuk perut seperti sit up.
      Ketika seorang wanita pasca melahirkan menggabungkan latihan ini dengan latihan ketahanan untuk mengurangi lemak, maka wanita itu telah sukses mengembalikkan lagi postur tubuhnya seperti sebelum hamil.
    10. Perbanyak Mengkonsumsi Air Putih
      Air putih memiliki fungsi untuk membersihkan semua organ didalam tubuh terutama pada saluran pencernaan dari berbagai macam penyakit dan racun. Karena dengan memperbanyak konsumsi air putih akan membuat Anda bisa menahan rasa lapar, juga bisa mencairkan konsentrassi sodium didalam tubuh sehingga dapat memperbanyak air yang keluar pada sistem pencernaan.

    Ada baiknya jika Anda sebelum melakukan cara untuk mengembalikkan postur tubuh pasca melahirkan, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan keadaan tubuh Anda mampu untuk melakukan berbagai gerakan olahraga.

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - September 23, 2016
    Diskusi Dari:
    francesca21c

    Selamat pagi ibu bidan, saya mau tau dong ada ga tips sehat yang harus dilakukan ibu hamil penderita diabetes?

    Dijawab Oleh : francesca21c
    Diskusi Dari:
    Fitriyan Tng

    Selamat siang bu bidan, saya sering mengeluh sama keputihan. Keputihan yang saya alami ini membuat saya menjadi sangat gatal dan berbau tidak sedap. apakah keputihan seperti ini berbahaya? Saya sudah mencoba berbagai obat yang dianjurkan oleh kerabat saya, tapi hasilnya nihil bu bidan. Untuk itu saya minta solusi dari bu bidan bagaimana cara saya mengatasi penyakit keputihan ini? saya takut menjadi parah dan berubah menjadi penyakit serius yang lebih sulit untuk diatasi. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    rina

    pre-eklampsia pada ibu hamil itu berbahaya ga ya bu bidan?

    Dijawab Oleh : rina
    Diskusi Dari:
    Santana jaya

    Assalamualaikum Bu Bidan, saya Melia Rasya. Saya dan suami saya sudah menikah hampir satu tahun dan kami juga belum memiliki anak atau saya bahkan belum mengandung. Saya sudah di cek ke dokter dan hasilnya baik, tapi suami saya tidak mau di cek ke dokter dan setiap kami melakukan hubungan, sperma suami saya kosong bu bidan, apa itu wajar ?

    Dijawab Oleh : Santana jaya
    Diskusi Dari:
    Nani Mulyaningsih

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita usia 25 tahun dan sudah menikah. Saya mau bertanya bu bidan sudah beberapa minggu ini menstruasi saya hanya berlangsung selama 2 hari saja. Bulan-bulan kemaren biasanya saya menstruasi 4 sampai 5 harian. Apakah siklus menstruasi yang singkat ini berpengaruh pada kesehatan saya? Mohon jawabannya bu bidan trims

    Dijawab Oleh : Nani Mulyaningsih