Tips Sehat Menjaga Kehamilan Anak Kembar

Tidak sedikit para orang tua menginginkan bayi kembar. Alasannya, karena melahirkan bayi kembar terasa lebih lucu untuk dilihat. Namun, bagi orang tua yang kini tengah mengandung bayi kembar, sebaiknya Anda selalu menjaga kesehatan diri dan kandungan. Bayi yang sehat saat lahir tentunya dipengaruhi oleh aktivitas serta kesehatan saat mengandung. Oleh karena itu, yuk kita kenali beberapa tips sehat menjaga kehamilan anak kembar.

Tips Sehat Menjaga Kehamilan Anak Kembar


Kurangi aktivitas berat atau berbahaya
Sebenarnya ini berlaku bukan cuma buat ibu hamil anak kembar aja. Tapi berlaku untuk semua ibu hamil. Karena, pada masa-masa trimester awal merupakan awal pembentukan janin beserta organ-organ lain. Oleh karena itu, segala aktivitas yang bisa menyebabkan trauma atau keguguran sebaiknya dihindari.

Hindari konsumsi obat
Ini penting sekali, apalagi obat dari warung. Itu sangat berbahaya, sebaiknya Anda tinggalkan kebiasaan buruk itu selama kehamilan. Meski, hal itu tidak selamanya membuat seseorang keguguran, namun minum obat sembarangan bisa berisiko tinggi janin dalam kandungan mengalami cacat. Maka dari itu, jika Anda merasa tidak enak badan atau sakit, alangkah baiknya konsultasikan dengan bidan atau dokter kandungan.

Cukupi asupan nutrisi
Bagi ibu yang tengah mengandung bayi kembar, asupan nutrisi yang lengkap dan tercukupi sangat penting bagi tumbuh kembang janin dalam kandungan, maka dari itu ibu mesti banyak makan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi. Jika tidak, takutnya nanti akan menyebabkan terjadinya kekurangan nutrisi yang berdampak terganggunya pertumbuhan bayi, seperti: bobot tubuh bayi saat lahir rendah, dll.

Selain itu, bagi seorang yang memiliki postur tubuh kecil berisiko memiliki bayi kecil. Hal ini bisa meningkatkan risiko bayi mengalami sindrom gangguan napas, hipotermia atau kehilangan panas. Oleh karena itu, ibu dengan postur tubuh kecil harus lebih ekstra dalam pemenuhan gizi, serta mengurangi aktivitas berat agar asupan dan penggunaan energi dapat memenuhi untuk kedua bayi kembar Anda.

Senam ibu hamil
Saat hamil bisa bermanfaat untuk mempermudah rotasi bayi dalam kandungan serta mempermudah saat proses kelahiran nantinya. Maka dari itu, bagi ibu hamil perlu bertanya pada bidan atau dokter seputar senam hamil serta frekuensi untuk senamnya.

Terjadi pertambahan bobot tubuh besar
Semakin berkembangnya janin bisa membuat kandngan semakin membesar, hal ini tentunya bisa membuat bobot tubuh Anda juga bertambah semakin besar. Karena tidak heran jika bobot bayi kembar akan lebih besar dibandingkan dengan ibu hamil dengan janin tunggal. Bertambahnya bobot pada ibu menunjukkan bahwa perkembangan bayi terjaga dengan asumsi bahwa pertumbuhan tiap bayi dalam kandungan sama dengan bayi pada kehamilan tunggal normal.

Lakukan terapi jika terjadi mual dan muntah
Mual dan muntah atau morning sickness sering terjadi pada trimester awal kehamilan dan ibu hamil kembar memiliki risiko lebih tinggi terkena gejala morning sicknes serta terkadang tingkat kejadian mual dan muntah lebih tinggi dan lebih parah dibandingkan dengan ibu hamil bayi tunggal. Hal ini dipengaruhi oleh adanya hormon Chorionic gonadotropin (hCG). Semakin tinggi hCG, maka efek terjadinya mual dan muntah semakin tinggi. Hormon ini hanya didapatkan pada wanita hamil dan jumlahnya akan lebih tinggi pada ibu dengan kehamilan ganda atau hamil anggur.

Oleh karena hal itulah, gejala mual muntah pada ibu hamil kembar tidak boleh dibiarkan karena bisa terjadi kekurangan nutrisi. Maka dari itu, ibu perlu melakukan terapi jika mual dan muntah terjadi secara terus menerus hingga menyebabkan tubuh lemah.

Nah, bagi ibu hamil yang telah terdeteksi kembar, disarankan untuk memenuhi kecukupun gizi mereka, jangan sampai Anda kekurangan nutrisi karena bisa berdampak buruk bagi si janin. Semoga info ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Citra Dewi Amd.Keb - October 10, 2016
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya untuk waktu yang tepat anak mengkonsumsi obat cacing kapan yah?? Mohon jawabannya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya saat ini saya sedang hamil 17 minggu. Akhir-akhir saya sering sekali merasa sesak napas dan cepat lelah. Bagaimana cara mengatasinya dan apakah hal tersebut wajar saat hamil?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Chika ELlo

Bun saya mau tanya ank saya dari kmarin demam.tpi kalau pagi badanya anget klau mnjelang malam agak panas dikit…tpi mkanya gk kyak biasanya klau minum susu tetep ..bun minta solusinya makasih

Dijawab Oleh : Chika ELlo
Diskusi Dari:
Risky nur

Malem dok, say hamil berusia 1bulan, saya ada asma, tapi semua tes lebih dan ronsen nya bagus semua, tidak menandakan penyakit paru-paru, saat asma mau kambuh pasti selalu batuk terlebih dahulu, pertanyaan saya bahayakah untuk janin saya dok

Dijawab Oleh : Risky nur
Diskusi Dari:
Silvia Rizkiana Sari

Siang Bu Bidan, saya kan biasanya Haid atau Menstruasi tanggal muda sekitar tanggal 7 dan 8 tapi sampai saat ini saya belum merasakan gejala-gejala akan timbul haid, tapi timbul jerawat yang terasa sangat nyeri, apa itu ciri-ciri dari haid juga ?
Terimakasih

Dijawab Oleh : Silvia Rizkiana Sari