Tips Tidur Nyenyak dan Pulas Saat Hamil Trimester Tiga

Tips Tidur Nyenyak dan Pulas Saat Hamil Trimester TigaBidan Online,- Memasuki trimester ketiga tidak sedikit ibu hamil yang merasakan berbagai keluhan yang membuat kondisi tidak nyaman. Keluhan yang banyak di alami ibu hamil trimester ketiga yaitu kesulitan untuk tidur nyenyak. Ya memang hal tersebut memang saja wajar terjadi terlebih lagi ukuran perut yang semakin membesar bisa membuat ibu hamil merasa tidak nyaman saat tidur. Posisi tidur ibu hamil memang memiliki dampak postif bagi kenyamanan ibu hamil. Lalu apa saja yang harus di lakukan agar ibu hamil dapat tidur nyenyak? Karena tidur yang berkualitas saat hamil memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Berikut ini beberapa tips agar tidur nyenyak saat hamil tua.

Tentunya dengan mencari posisi tidur yang nyaman saat hamil akan sangat memudahkan para ibu hamil mendapatkan tidur yang berkualitas. Posisi tidur yang sangat di sarankan untuk ibu hamil yaitu miring ke kiri, diketahui posisi tersebut juga dapat melancarkan sirkulasi darah ke plasenta. Tidak hanya itu ada beberapa tips yang bisa ibu hamil lakukan agar tidur lebih nyenyak dan pulas.

Hindari makan terlalu banyak
Saat menjelang tidur sebaiknya ibu hamil menghindari makan terlalu banyak. Jika anda merasa lapar saat menjelang tidur di sarankan untuk mengkonsumsi makanan ringan yang sehat dengan porsi kecil. Hindari mengkonsumsi makanan berat saat menjelang tidur seperti nasi ataupun makanan cepat saji. Perut yang terlalu kenyang atau penuh dapat membuat tidak nyaman saat di bawa tidur. Mengkonsumsi buah ataupun snak sangat di sarankan bagi ibu hamil yang merasa lapar saat menjelang tidur.

Minum susu
Susu memang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Tdiak hanya sehat nyatanya minum susu hangat sebelum tidur dapat membantu ibu hamil tidur lebih nyenyak. Pastikan ibu hamil memilih susu dengan kandungan asam amino tryptophan. Diketahui susu yang mengandung asam amino tryptophan dapat meningkatkan hormon serotin dalam otak sehingga tidur anda lebih nyenyak dan pulas.

Mandi air hangat
Kondisi badan yang bersih dan wangi nyatanya dapat membantu anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Mandi air hangat menggunakan sabun beraoroma lavender atau melati dapat membuat pikiran dan badan anda lebih rileks.

Posisi tidur
Mencari posisi tidur yang nyaman bagi ibu hamil dapat membuat tidur lebih nyenyak. Posisi tidur terbaik bagi ibu hamil trimester kedua dan ketiga yaitu miring ke kiri. Bukan tanpa alasan posisi tersebut dapat membantu melancarkan peredaran darah, oksigen, juga nutrisi lainnya ke plasenta. Tidak hanya itu posisi tersebut juga dapat mencegah timbulnya asam lambung naik ke kerongkongan. Disarankan juga untuk menambah bantalan empuk untuk menopang tubuh bagian belakang seperti pinggang dan pinggul.

Latihan pernapasan
Latihan menarik napas secara teratur menjelang tidur dapat membantu mengurangi ketegangan otot pada ibu hamil. Mulailah dengan menarik napas baik dalam kondisi duduk ataupun berbaring lakukan beberapa kali secara perlahan sampai anda merasa lebih rileks.

Masalah sulit tidur pada ibu hamil memang menjadi salah satu hal yang umum di rasakan ibu hamil. Lebih berfokus pada hal-hal menyenangkan dapat membuat anda merasakan indahnya proses kehamilan. Ajak pasangan untuk mencari solusi terbaik dalam mengatasi setiap keluhan yang di rasakan ibu hamil. Jika keluhan anda semakin memburuk maka akan sangat di sarankan untuk menemui dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat.

Baca juga artikel lainnya:

5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil Cepat Lelah
Waktu Yang tepat Untuk Lakukan USG Saat Hamil
Tips Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan
Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar
Tips Cara Merangsang Kehamilan Yang Efektif

Citra Dewi Amd.Keb - March 29, 2017
Diskusi Dari:
Riri

Siang dok, saya penderita masalah kesehatan kelenjar getah bening, apakah penyakit ini bisa mematikan?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Chika ELlo

Assalamu’alaikum bu bidan, selamat siang…
Nama saya Milla Natalia, saya seorang ibu rumah tangga dan baru memiliki 1 anak laki-laki usianya mau menginjak 3 tahun. Nah bu bidan, anak saya ini hiperaktif dan bisa di bilang cepat pertumbuhannya. Tapi dengan cuaca seperti ini yang kadang terang dan tiba-tiba hujan bagaimana cara kami sebagai orang tua untuk menjaga kesehatan anak kami agar tidak mudah terserang penyakit bu bidan? karena kami takut salah apa saja yang harus dilakukan di usia yang mau menginjak 3 tahun ini. Terimakasih bu bidan, ditunggu solusinya.
Wassalamm…

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Mohammad ikhsan

Selamat pagi ibu bidan, saya suliani. saya masih awam tentang kehamilan tapi penasaran dengan ketuban. apa sih sebenarnya fungsi dari ketuban itu? terima kasih saya tunggu jawabannya bu

Dijawab Oleh : Mohammad ikhsan
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan, saya wanita usia 27 tahun dan saat ini sedang hamil 6 bulan. Yang mau saya tanyakan apakah aman berhubungan intim saat usia kehamilan 6 bulan? apakah ada efeknya sama janin? trims mohon jawabannya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Dian Poenya Raizo

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih. Saya punya anak laki-laki yang baru masuk SD kelas 1. Waktu di TK dulu ia rajin belajar dan selalu nurut sama orang tua. Tapi sekarang beda bu bidan, ia jadi malas belajar di rumah, pengennya main terus. Saya jadi sedikit frustasi juga.

Bagaimana yah bu caranya supaya anak saya mau belajar kembali di rumah ? kasihan juga guru les nya udah dateng ke rumah, dia nya gak mau belajar. Mohon solusinya bu bidan, Terimakasih

Perlu Jawaban