Tips Untuk Memulihkan Tubuh Setelah Operasi Caesar

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Bidan Online -, Semua ibu pasti ingin sekali melahirkan dengan cara yang sangat normal. Namun apa daya jika semua keinginan itu harus sirna karena bebeapa jenis hal yang membuat kita harus melakukan operasi sesar? Kondisi ini merupakan salah satu jenis kondisi yang memang perlu untuk selalu di perhatikan bagi kesehatan tubuh kita ini. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memulihkan tubuh setelah operasi sesar, di antaranya adalah :

    • Hindari Membawa Barang Yang Berat
      Berbeda dengan para wanita yang melahirkan secara normal, mereka yang memiliki masalah dengan kelahiran yang normal ini akan merasakan adanya nyeri dan linu yang sangat luar biasa, sehingga tidak di sarankan untuk mengangkat berat yang berlebih.
    • Memperhatikan Masa Nifas
      Tips untuk memulihkan tubuh setelah operasi Caesar ini adalah dengan memperhatikan masa nifas. Saat sedang dalam masa nifas, anda sangat di sarankan untuk beristirahat dan menjauhi aktivitas aktivitas yang berat, karena mereka yang melahirkan secara sesar, akan memiliki fisik yang lebih rapuh di bandingkan dengan mereka yang melahirkan secara normal.
    • Jangan Berhubungan Seks Terlebih Dahulu
      Meskipun melahirkan secara sesar ini tidak keluar dari arah vagina, namun tetap mereka yang melahirkan secara sesar perlu mendapatkan kesehatan agar tubuh pulih, setidaknya 4 hingga 6 minggu setelah melahirkan.
    • Mencoba Bergerak
      Dengan berusaha bergerak namun dengan tahapan yang terbilang bertahap ini, akan segera memulihkan tubuh mereka yang telah melakukan operasi sesar.
    • Mengkonsumsi Teh
      Biasanya, saat setelah operasi sesar ini, anda akan merasakan perut yang kembung. Kondisi ini sebenarnya bisa di atasi hanya dengan menggunakan teh peppermint hangat.
    • Istirahat Yang Cukup
      Dengan tidaur minimal 8 jam per harinya, maka kondisi tubuh anda akan cepat pulih, dan anada akan mendapatkan kesehatan yang sesungguhnya setelah operasi ini.
    • Minum Yang Cukup
      Air merupakan salah satu minuman yang memang di sarankan bagi kesehatan. Saat anda ingin memiliki kesehatan yang sesunggunya, anda tinggal minum dan dapatkan banyak manfaat saat anda mengkonsumsinya.
    • Konsultasi Dengan Bidan
      meski sudah melahirkan, kita tetap perlu memperhatikan hal ini. Mereka yang meiliki tubuh setelah operasi ini perlu berkonsultasi dengan bidan atau dokter agar mengetahui bagai mana posisi yang nyaman untuk menyusui ini.
    • Rawat Bekas Jahitan
      Setelah anda melakukan operasi, anda sangat perlu memperhatikan kebersihan pada bagian bekas jahitan. Selalu berikan antiseptik, agar jahitan ini tidak terkena berbagai jenis kuman. Hindari menggaruk bekas jahitan, karena bisa jadi ini menyebabkan gatal yang sangat luar biasa.

                                                          Baca Juga : Tips Yang Disarankan Bagi Mereka Yang Ingin Cepat Hamil

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - August 22, 2017
    Diskusi Dari:
    Jasmine Putri Mustofah

    Anak saya lahir sdh memilki dua gigi bawah, dan pada saat usia 5 bulan gigi nya patah dan sampai sekarang usia anak saya 11 bulan sisa gigi itu masih ada. Pertanyaan saya tidak masalah kah sisa gigi tersebut dan apakah dengan sendiriny gigi tersebut bisa tanggal sendiri.

    Dijawab Oleh : Jasmine Putri Mustofah
    Diskusi Dari:
    eureeka

    Selamat siang bu bidan. Anak saya lahir prematur dengan berat 1,7 kg dan dirawat di ruang perinatologi selama 9 hari. Sekarang usianya 2 bulan dan beratnya sudah naik menjadi 3,4 kg. Apa boleh saya beri susu formula hanya siang hari saja karena saya harus bekerja dan malam hari saya beri ASI ?

    Dijawab Oleh : eureeka
    Diskusi Dari:
    Tika

    Mohon masukan dan saran nya bu bidan.
    saya melahirkan sesar, setelah masa nifas selesai, saya berencana pakai KB IUD tetapi menurut bidan yang saya datangi tidak bisa,
    harus menunggu 3 bulan setelah operasi.
    Jadi, sebagai alternatif nya saya KB suntik 3 bulan, karena saya menyusui.
    tapi Setelah 3 bulan kemudian saya tidak suntik KB lagi. karena saya ingin Haid normal setiap bulan nya.

    Waktu itu saya suntik KB bulan oktober, sampe bulan ini saya belum dapat haid juga.
    jika saya berhubungan dengan suami pasti saya menggunakan Kondom. saya ingin pakai KB IUD, tetapi sampai saat ini saya blm haid.
    setau saya, pemasangan IUD dilakukan jika kita sedang haid.

    pertanyaan nya:
    kanapa yah, saya blm haid juga ? padahal saya sudah tidak pakai KB suntik lg.

    Terima Kasih.

    Dijawab Oleh : Tika
    Diskusi Dari:
    Salma Syarifah Latipah

    Hai mba bidan, saat ini saya sedang hamil besar dan kemungkinan sekitar 3-4 minggu lagi saya melahirkan. Kemarin saya sempat ngobrol ngobrol di forum tentang persalinan. Dan katanya, agar persalinan lancar, bisa pakai metode hipnosis. Apakah itu benar? Mohon pencerahannya ya. Thanks

    Dijawab Oleh : Salma Syarifah Latipah
    Diskusi Dari:
    Uchi Susilawati

    Assalamualaikum Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya kita sebagai wanita kan akan mengalami fase fase sulit seperti menstruasi, hamil, pasca melahirkan dan lain sebagainya. Nah makanan seperti apa yang dianjurkan untuk kita (wanita) agar kesehatan kita tetap terjaga dan seimbang? agar kita tidak rentan lelah atau terserang penyakit. Terimkasih bu bidan Wassalam…

    Perlu Jawaban