Tips Untuk Memulihkan Tubuh Setelah Operasi Caesar

Bidan Online -, Semua ibu pasti ingin sekali melahirkan dengan cara yang sangat normal. Namun apa daya jika semua keinginan itu harus sirna karena bebeapa jenis hal yang membuat kita harus melakukan operasi sesar? Kondisi ini merupakan salah satu jenis kondisi yang memang perlu untuk selalu di perhatikan bagi kesehatan tubuh kita ini. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memulihkan tubuh setelah operasi sesar, di antaranya adalah :

  • Hindari Membawa Barang Yang Berat
    Berbeda dengan para wanita yang melahirkan secara normal, mereka yang memiliki masalah dengan kelahiran yang normal ini akan merasakan adanya nyeri dan linu yang sangat luar biasa, sehingga tidak di sarankan untuk mengangkat berat yang berlebih.
  • Memperhatikan Masa Nifas
    Tips untuk memulihkan tubuh setelah operasi Caesar ini adalah dengan memperhatikan masa nifas. Saat sedang dalam masa nifas, anda sangat di sarankan untuk beristirahat dan menjauhi aktivitas aktivitas yang berat, karena mereka yang melahirkan secara sesar, akan memiliki fisik yang lebih rapuh di bandingkan dengan mereka yang melahirkan secara normal.
  • Jangan Berhubungan Seks Terlebih Dahulu
    Meskipun melahirkan secara sesar ini tidak keluar dari arah vagina, namun tetap mereka yang melahirkan secara sesar perlu mendapatkan kesehatan agar tubuh pulih, setidaknya 4 hingga 6 minggu setelah melahirkan.
  • Mencoba Bergerak
    Dengan berusaha bergerak namun dengan tahapan yang terbilang bertahap ini, akan segera memulihkan tubuh mereka yang telah melakukan operasi sesar.
  • Mengkonsumsi Teh
    Biasanya, saat setelah operasi sesar ini, anda akan merasakan perut yang kembung. Kondisi ini sebenarnya bisa di atasi hanya dengan menggunakan teh peppermint hangat.
  • Istirahat Yang Cukup
    Dengan tidaur minimal 8 jam per harinya, maka kondisi tubuh anda akan cepat pulih, dan anada akan mendapatkan kesehatan yang sesungguhnya setelah operasi ini.
  • Minum Yang Cukup
    Air merupakan salah satu minuman yang memang di sarankan bagi kesehatan. Saat anda ingin memiliki kesehatan yang sesunggunya, anda tinggal minum dan dapatkan banyak manfaat saat anda mengkonsumsinya.
  • Konsultasi Dengan Bidan
    meski sudah melahirkan, kita tetap perlu memperhatikan hal ini. Mereka yang meiliki tubuh setelah operasi ini perlu berkonsultasi dengan bidan atau dokter agar mengetahui bagai mana posisi yang nyaman untuk menyusui ini.
  • Rawat Bekas Jahitan
    Setelah anda melakukan operasi, anda sangat perlu memperhatikan kebersihan pada bagian bekas jahitan. Selalu berikan antiseptik, agar jahitan ini tidak terkena berbagai jenis kuman. Hindari menggaruk bekas jahitan, karena bisa jadi ini menyebabkan gatal yang sangat luar biasa.

                                                      Baca Juga : Tips Yang Disarankan Bagi Mereka Yang Ingin Cepat Hamil

Citra Dewi Amd.Keb - August 22, 2017
Diskusi Dari:
Alfiyah

Selamat siang bu bidan, saya mau nanya bagaimana cara merawat kulit bayi yang baru lahir. Bulan lalu saya melahirkan dan masih bingung untuk perawatan kulit anak saya. Saya takut salah pakai produk untuk bayi karena kulit bayi baru lahir katanya sangat sensitif mohon di jawab ya bu bidan terima kasih sebelumnya

Dijawab Oleh : Alfiyah
Diskusi Dari:
ALif AL Maun Yoyox

Assalamualaikum Bu Bidan, Melakukan hubungan pasangan suami istri sebelum masa menstruasi itu apakah termasuk pada masa subur ? Tapi kalau setelah berhubungan intim lalu terdapat darah haid bagaimana, apa kemungkinan bulan besoknya saya bisa hamil atau harus melakan hubungan pasangan suami istri lagi bu ? Terima kasih sebelumnya.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Chika ELlo

Bun saya mau tanya ank saya dari kmarin demam.tpi kalau pagi badanya anget klau mnjelang malam agak panas dikit…tpi mkanya gk kyak biasanya klau minum susu tetep ..bun minta solusinya makasih

Dijawab Oleh : Chika ELlo
Diskusi Dari:
Anonymous

Dok mw tya. Ni sy hamil anak prtma. Apkh normal usia 4bln anak sya sunsang ya dok. Blm bisa dlihat jnis klamin ny?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Pagi bu.
Usia kandungan saya 17minggu. Saya sering merasakan nyeri kadang merasa geli dibagian bawah perut bawah, itu kenapa yah bu?
Mohon penjelasannya.

Dijawab Oleh :