Tips Untuk Menjaga Kesehatan Mata Anak

Kesehatan anak merupakan hal paling penting bagi orang tua. Kesehatan pada organ mata anak pun menjadi salah satu hal yang penting untuk orang tua perhatikan, pasalnya informasi mengenai dunia sekitar seperti bentuk, warna dan gerakan diambil oleh mata lalu dikirimkan ke otak untuk diproses. Oleh karena itu kesehatan mata anak sangat penting untuk menunjang proses belajar serta tumbuh kembang anak.

Orang tua harus lebih memperhatikan kesehatan mata anak karena anak berbeda dengan orang dewasa yang masih belum mengerti bagaimanan menjaga kesehatan matanya, selain itu kesehatan mata anak masih rentan karena mereka masih dalam proses pertumbuhan sehingga harus diwaspadai dan diperhatikan dengan baik asupan makanannya.

Kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering dilakukan anak-anak setiap hari tanpa disadari bisa menimbulkan kerusakan pada mata, kebiasaan buruk yang menjadi penyebab kerusakan anak antara lain: menonton Tv terlalu lama serta terlalu dekat, bermain game seharian dikomputer, kebiasaan membaca dalam keadaan dan posisi yang salah, keturunan, memainkan handphone terlalu lama dan yang lainnya.

Hal-hal sepele tersebut apabila terus dibiarkan bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata anak Bunda. Bunda juga wajib tahu bagaimana cara untuk menjaga kesehatan mata anak agar mata anak tetap sehat. Berikut beberapa cara yang bisa bunda lakukan untuk menjaga ataupun merawat kesehatan mata anak:

  • Menjaga Kebersihan Mata

Untuk menjaga kesehatan mata langkah awal yang perlu orang tua lakukan adalah mengajarkan anak untuk membersihkan mata secara rutin dan ajarkan untuk mencuci tangan sebelum memegang mata agar penyebaran kuman tidak sampai ke mata. Ketika mata anak kelilipan orang tua harus melarang anak mengucek ataupun menggosoknya karena hal tersebut bisa merusak kornea mata.

  • Mengajarkan Anak Senam Mata

Bukan hanya tubuh saja yang perlu olahraga atau senam, senam juga bisa dilakukan untuk mata untuk merileks kan mata yang lelah. Caranya bunda hanya perlu mengajarkan anak untuk menggerakan matanya ke atas secara perlahan kemudian kekanan, kekiri dan kebawah. Lakukan hal tersebut secara rutin karena senam mata itu dapat membuat mata anak semakin tajam dan membuat mata yang lelah menjadi segar kembali.

  • Berikan Makanan Yang Menyehatkan Mata

Bunda tentu sudah tahu makanan apa saja yang baik untuk kesehatan mata anak, memberikan makanan yang mengandung banyak vitamin A sangat baik untuk merawat dan menjaga kesehatan mata anak. Sumber vitamin A terdapat pada wortel, pisang, mangga dan yang lainnya, dan jangan lupa juga untuk memberikan makanan lain yang mengandung vitamin baik bagi mata.

  • Mengurangi Kebiasaan Buruk Anak

Beritahu anak bahwa menonton TV terlalu lama, bermani didepan komputer, ataupun kebiasaan membaca sambil tidur bisa merusak mata. Untuk itu sebagai orang tua harus lebih pintar-pintar untuk memngajarkan anak mana yang baik dan yang tidak baik. Atau Bunda bisa mengajak anak bermani diluar,  menurut penelitian menunjukan bahwa menghabiskan waktu untuk bermain diluar setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya rabun jauh pada anak. Bunda bisa mengajak anak bermain diluar ketika cuaca sedang baik dengan proporsi waktu yang cukup.

Itulah beberapa tips yang bisa membantu bunda untuk menjaga kesehatan mata anak agar mata anak tetap sehat. dan jangan lupa untuk secara rutin memberikan makanan yang banyak mengandung vitamin A dan juga secara perlahan bunda harus bisa menghilangkan kebiasaan buruk anak yang akan merusak mata. Melakukan pencegahan sedini mungkin adalah hal yang sangat baik untuk dilakukan sebelum tanpa disadari terjadi kerusakan mata anak yang parah. semoga bermanfaat

Citra Dewi Amd.Keb - March 11, 2017
Diskusi Dari:
Hilman Suhilman

Selamat siang bu bidan , Pada saat hamil 24 minggu dokter baru memberirahukan ke saya bahwa janin yang dikandung mengalami gangguan perkembangan. setelah saya kontrol 2 minggu kemudian dan dilakukan USG, dokter menyatakan janin saya tidak bernafas lagi, dan sepertinya sudah tidak ada sekitar 1 minggu. Yang ingin saya tanyakan apa penyebab gangguan pertumbuhan pada janin dan apakah bisa diketahui dari awal kehamilan?

Dijawab Oleh : Hilman Suhilman
Diskusi Dari:
Dian Poenya Raizo

Assalamu’alaikum Bidan saya mau tanya dalam istilah medis ada kata SADARI
apa perlu kita mendatangi Bidan di kota kita dan dokter kandungan?
bagaimana maksudnya?mohon dibalas.

Dijawab Oleh : Dian Poenya Raizo
Diskusi Dari:
Ocha Setiani

Selamat sore bu bidan,
Saya sedang mengandung dan usia kandungan saya menginjak trimester 2. Namun, saya masih sibuk bekerja disalah satu perusahaan. Apakah hal ini bisa mempengaruhi kehamilan saya? Lantas bagaimana cara saya menjaga kehamilan dan janin tetap sehat?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

sy sudah mau memasuki 40 minggu tp blm ada kontraksi sebenarnya cm kontraksi palsu aj trus ..gmn caranya bisa kontraksi asli dok sy jg takut klo dokter malah menyarankan secar… makasih

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Alfiyah

Dok saya mau bertanya, akhir akhir ini saya sering kali merasakan susah tidur atau insomnia. Akibat insomnia, di kantorpun kerjaan menjadi menumpuk dan konsentrasi tidak seperti biasanya. Saya mau bertanya, bagai mana cara mengatasi insomnia akut ini?

Perlu Jawaban