Tips Untuk Orang Tua Agar Anak Suka Makan Sayur

Curhat Bidan – Untuk saat ini memang tidak sedikit anak-anak yang tidak menyukai sayur. Banyak bentuk penolakan yang mereka lakukan, seperti bersikeras tak mau makan, atau ada yang mau makan, hanya dengan mengunyahnya perlahan-lahan.

Bahkan banyak juga orang tua yang kewalahan dalam mengatasi hal tersebut. Padahal sayuran mempunyai banyak manfaat yang penting untuk tumbuh kembang mereka. Lalu bagaimana cara membuat anak mau makan sayur? Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan Tips Jitu Agar Anak Suka Makan Sayur.

Mengajak anak berbelanja
Jelajahi setiap lorong sayuran yang ada di supermarket agar anak bisa melihat beragam buah dan sayur. Pada setiap kunjungan, biarkan anak memilih jenis sayuran baru yang akan disantapnya. Anak-anak akan senang melihat sayuran pilihan mereka menjadi bagian dari menu makan.

Mengajaknya memasak
Libatkan juga anak dalam kegiatan masak memasak bunda. Berikan mereka perkejaan yang paling mudah, seperti merobek daun selada, mengupas kulit jagung, atau hanya mencuci sayuran. Jika anak sudah cukup besar, bunda juga bisa memintanya untuk memotong-motong sayuran untuk salad dan menyimpannya di piring. Dengan cara seperti ini, maka kita sama dengan membiasakan mereke dekat dengan sayuran.

Beri contoh
Beri anak kita contoh bahwa setiap orang juga harus mengkonsumsi sayur. Tunjukkan pada mereka bahwa sayur merupakan makanan yang enak. Hidangkan sayuran dan masukkan ke dalam piring makanan yang akan di santap. Meskipun anda sebenarnya tidak menyukai salah satu jenis sayur, tapi anda haru menghidangkannya juga. Hal ini dilakukan agar anak mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya.

Menyajikan makanan favoritnya
Orang tua harus mencari tahu apa yang menjadi makanan favorit anak, lalu gantilaha beberapa bahan makanan tersebut dengan sayuran ketika memasak. Bunda bisa menambahkan sayuran ketika menyiapkan makanan favorit anak seperti smoothie, kue, pizza, lasagna, spageti, dan atau es krim. Dengan begitu anak yang susah makan sayuran tersebut akan mulai suka menyantap sayuran dengan makanan favoritnya.

Hidangkan makanan sederhana
Apabila anak tidak menyukai makanan seperti di atas, maka lebih baik sajikan anak makanan yang sederhana seperti misalnya sayur sop, sayur bayam, atau tumis kangkung. Karena meskipun sederhana, makanan tersebut tidak kalah bergizi dan enak.

Makan bersama keluarga

Selalu jadikan waktu makan malam sebagai prioritas di dalam rumah anda. Riset dari Harvard Medical School menyebutkan bahwa anak-anak akan mengkonsumsi lebih banyak sayuran (bahkan lebih banyak buah, kalsium dan serat) ketika mereka makan bersama orang tua.

Buat waktu makan menjadi waktu yang menyenangkan

Jangan pernah memaksa anak untuk memakan sesuatu yang tidak mereka suka. Jangan juga jejali mereka dengan sayuran ketika makan. Hal ini bisa saja membuat anak menjadi “bad mood” tentang makan sayuran dan berpikir bahwa waktu makan merupaka waktu yang mengerikan.

Selain cara diatas, ada juga tips agar anak suka makan sayur yakni dengan mengajak anak membuat bentuk yang menarik dengan sayuran mereka. Buat anak senang dengan sayuran, seperti membuat bentuk bunga dengan wortel, atau bentuk rambut dengan helai kangkung, atau juga beragam cara menarik lainnya agar anak lebih tertarik untuk mengkonsumsi sayuran. Jadilah Ibu yang cerdas untuk anak-anaknya 😉 Salam Sehat, Semoga Bermanfaat 🙂

Citra Dewi Amd.Keb - February 3, 2017
Diskusi Dari:
Anonymous

Sebelum telat haid sy pernah 2x tespek tp 1 hasil negatif 1 lagi 2 garis tapi samar membayang setelah telat haid 2 hari sy tespek lagi namun negaif , yg saya rasakan sdh 2 minggu ini pusing migran mual dan baru2 ini tenggorokan sy sakit . Apakah sy harus nunggu beberapa hari lagi untuk tespek kembali atau sy langsung memeriksakan diri ke bidan/usg ?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Salma Syarifah Latipah

Selamat sore bu bidan, saya mau bertanyaan apa benar seorang wanita hamil dilarang untuk menyusui ?? Jika memang benar tolong berikan penjelasannya. Sebelumnya terimakasih

Dijawab Oleh : Salma Syarifah Latipah
Diskusi Dari:
Novita dwi

Selamat siang dok, saya mau tanya kalau mau konsumsi obat tapi konsumsi kopi dulu itu gak papa? Kalu misalkan boleh, paling di kasih jarak berapa jam sebelum mengkonsumsi obat? Jika saya konsumsi kopi sebelum obat, bagai mana dampaknya bagi kesehatan?

Dijawab Oleh : Novita dwi
Diskusi Dari:
Jenni

Selamat siang dok, saya mau bertanya. Saat ini usia pernikahan saya menginjak 2 minggu. Saat saya melakukan hubungan intim dengan suami saya pertama kalinya, tiba tiba saya merasakan gatal di bagian vagina yang tidak tertahankan. Selain itu, dari bagian vagina saya juga keluar cairan putih yang di sertai dengan kepingan putih seperti susu. Selain itu, saya juga sering merasakan gatal, perih dan juga sakit yang begitu dasyat ketika melakukan hubungan. Apakah ini merupakan hal yang serius bagi kesehatan?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
debbyaprilyulia

apakah bahaya dari ibu hamil yang baru terdeteksi virus toksoplasma?

Dijawab Oleh : debbyaprilyulia