×

6 Tradisi Pernikahan Dan Malam Pertama Yang Unik

Bagikan Artikel :

6 Tradisi Pernikahan Dan Malam Pertama Yang Unik

Saat acara pernikahan, pengantin akan di buat serasa ratu dan raja sehari. Menggelar pesta yang sangat sacral. Begitupun saat malam pertama, akan menjadi momen yang tidak akan terlupakan. Meskipun begitu, ada beberapa adat pernikahan dan malam pertama yang menurut bidan citra sangat tabu dan sensitive. Apa saja ya itu? Yuk simak di bawah ini!

  1. Mertua ikut menyaksikan saat malam pertama
    sebuah keharusan bagi wanita lebih tua untuk menemani pengantin baru di malam pertama mereka. Tujuannya adalah untuk ‘mengajarkan’ cara melakukan hubungan seksual yang benar. Lebih mengejutkan lagi, meskipun seringnya sesepuh desa yang temani pengantin baru, terkadang bisa jadi pengantin ditemani ibu mertua mereka sendiri.
  2. ‘Tembak’ pengantin dengan panah
    Istilah menembak biasa digunakan di Indonesia untuk menyebut saat seseorang menyatakan perasaannya. Tentunya itu hanyalah istilah kiasan dan tidak benar-benar ditembak dengan pistol ataupun senjata lainnnya.
    Namun hal yang berbeda terjadi di etnis minoritas China ini. Etnis Yugur memiliki tradisi sangat menakutkan bagi pengantin wanita. Mempelai pria harus menembak pengantin wanita tepat sebelum pernikahan. Senjata yang digunakan adalah panah yang ditembakkan secara asal dan diulangi 3 kali. Setelah selesai, mempelai pria harus mengumpulkan panah-panah itu dan mematahkannya, sebagai ikrar bahwa mereka tidak akan menyakiti satu sama lain. Namun, tidak jarang panah-panah itu benar-benar mengenai mempelai wanita.
  3. Suami digigit paus
    Di Fiji, persembahan untuk pernikahan adalah tabua atau gigi paus dalam upacara tradisional mereka. Hadiah itu diberikan sebagai simbol pernikahan atau upeti untuk mempelai wanita. Secara tradisional, simbol ini dilakukan hanya oleh kepala suku dan orang terpandang di desa itu saja.
    Namun sampai saat ini tradisi ini dianggap penting bagi seluruh penduduk Fiji. Jangan mengira mempelai pria bisa mendapatkan gigi paus dari pasar begitu saja. Mereka harus menarik gigi itu dari paus yang hidup di laut bebas, sebagai tanda cinta sejati mereka.
  4. Bisa menikah tanpa persetujuan orang tua
    Terkadang pernikahan tidak disetujui oleh keluarga calon manten. Namun di tempat ini, Anda bisa menikah tanpa peduli ada persetujuan orang tua Anda terlebih dahulu. Berada di Skotlandia, Gretna Green adalah tempat populer bagi pasangan yang terlalu muda untuk menikah di Inggris.
    Pasalnya, di Skotlandia, jika Anda sudah berumur lebih dari 18 tahun, Anda bisa menikah tanpa persetujuan orang tua sekalipun.
  5. Harus menikah dengan pohon terlebih dahulu
    Di India, wanita dibilang terkutuk jika keinginan untuk menikahnya lebih besar dibandingkan pria. Nah, agar kutukannya hilang sebelum memasuki kehidupan rumah tangga, ia harus dinikahkan dengan pohon terlebih dahulu. Tradisi ini dipercaya bahwa kutukannya akan menjelma di dalam pohon dan wanita tersebut bebas dari kesialan yang akan menerpanya.
  6. Mempelai wanita diludahi di payudaranya
    Pernikahan suku Maasai di Kenya ini sungguh unik. Sebelum mempelai wanita tinggalkan desanya dengan suaminya, sangatlah umum untuk melihat wanita itu diludahi di kepala dan payudaranya. Menariknya lagi, peludahan itu dianggap cara memberkati mempelai wanita sehingga dilakukan oleh ayah mempelai wanita sendiri.
    Kemudian, saat berjalan ke rumah barunya, ia tidak boleh melihat ke belakang. Konon katanya jika ia melihat ke belakang ia akan menjadi batu. Bagaimana menurut Anda?

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 28, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Apa efek samping vitamin E dan susu pra kehamilan

  • Oleh : dawnagagnon511
  • 5 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita usia 25 tahun dan suami saya usia 26 tahun. Sudah 6 bulan kami menikah dan saat ini sedang melakukan program kehamilan. Saat ini saya mengkonsumsi susu pra kehamilan dan natur E, apakah keduanya dapat membantu mempercepat kehamilan dan apakah ada efek sampingnya?? mohon jawbannya

    Kanker payudara

  • Oleh : Dyah Melati
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum dok . Saya mau tnya ..
    Apakah beberapa benjolan kecil smprt kelereng di payudara trmsuk dikategorikan sbg tanda2 kanker payudara? Benjolanya ada beberapa di kanan kiri

    Nyeri Pada Payudara

  • Oleh : Evi Ratnasari
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Dok mau tanya terkait nyeri pada panyudara, saya sudah mengalami beberapa hari ini diluar siklus mensturasi, nyerinya kadang-kadang muncul tapi kadang – kadang tidak, itu disebabkan kenapa ya dok?

    Mohon untuk dijelaskan terkait benjolan pada payudara itu maksudnya apakah timbul seperti bisul atau habis terkena gigitan atau seperti apa ya dok yang dimaksud benjolan?

    Terimakasih

  • Oleh : Evi Ratnasari
  • Berat badan anak

  • Oleh : Dica Rustiana
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Bu bidan anak saya umur 5 bulan tapi BB dia rendah cuma 5,6 asi saya cuma keluar dikit apa yg harus saya lakukan ??
    Saya kasih sufor tapi dia gk bisa pake botol dotnya kalo kasih bubur instan sudah boleh belum ya Bu ??
    Kalo sudah boleh bubur instan apa untuk penambah berat badan ank ??
    Mohon bantuannya Bu bidan terimakasih..

  • Oleh : Dica Rustiana
  • ???

  • Oleh : Putri 428
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Assalamualaikum wr.wb. Nama saya Putri saya mempunyai adik berumur 14 tahun. Kemarin adik saya cerita ke saya bahwa di bibir vagina dalamnya ada sesuatu bentuknya kecil seperti jerawat di wajah, warnanya merah, rasanya gatal, ujungnya berwarna putih. Terus dia nangis karena takut kena kista/kanker. Itu apakah penyakit yg mematikan? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Oleh : Putri 428
  • Tanya Bidan