×

Ayo Jalin Hubungan Yang Baik Dengan Mertua

Bagikan Artikel :

Ayo Jalin Hubungan Yang Baik Dengan Mertua

Agak sensitive nih kalau sudah ngomongin mertua, karena tiap orang pasti menjalin hal yang berbeda-beda. Ada yang menjalin hubungan baik, ada juga yang kurang baik. Hingga saat ini masih jarang yah menantu yang bisa akur terus sama mertua. Nah agar hal ini bisa terjadi pada Anda Bidan Citra Punya beberapa tipsnya.

Tips Menjalin Hubungan Baik Dengan Mertua

  1. sering saling melibatkan diri dalam melakukan suatu kegiatan
    Usahakan jangan terlihat pasif depan mertua dalam suata kegiatan, misalnya dalam kegiatan arisan keluarga. Ikutlah berbaur, bercerita atau ikut dalam menyiapkan makanan. Dengan demikian mertua akan terlihat senang.
  2. Bangun Lebih Pagi Sebelum Mertua Bangun
    Dalam hal ini tentunya jika anda diajak oleh suami berkunjung ke rumah mertua atau bagi anda yang tinggal bersama dengan mertua. Jika anda terbiasa bangun siang, maka setelah menikah mau tidak mau kebiasaan tersebut haruslah dirubah dan diperbaiki. Ada banyak orang tua yang masih memegang teguh prinsip bahwa semua orang harus bangun lebih pagi sebelum ayam berkokok, terutama para perempuan. Hal ini seringkali dikaitkan dengan rezeki dan mungkin terkesan seperti pemalas jika anda bangun siang hari. Nah, untuk itulah, ketika anda berada dirumah mertua, maka sebaiknya bangunlah lebih awal dan alangkah lebih bagus jika anda bisa bangun lebih pagi dari mertua anda dan segeralah ke dapur untuk beres-beres atau membantu mertua memasak. Hal ini tentunya akan membuat mertua merasa senang dan bahagia memiliki menantu seperti anda.
  3. Jadilah Lebih Rajin
    Sewaktu berada dirumah mertua, untuk bisa menjalin hubungan yang baik dan harmonis bersama dengan mertua adalah melakukan segala hal yang bisa membuat mertua terkesan, salah satunya adalah dengan diri kita yang rajin. Seringkali mertua yang jutek disebabkan karena mereka sungkan meminta bantuan kita. Untuk itulah, saat berada dirumah mertua, maka jangan sungkan untuk membereskan rumah tanpa disuruh. Hal ini mungkin akan terkesan seperti anda cari perhatian, namun inilah salah satu hal yang akan sangat disenangi seorang mertua. Melihat diri kita yang rajin bisa jadi indikator untuk mertua bahwa kita bisa mengurus rumah tangga dan suami dengan baik. Untuk itulah, jangan sesekali sewaktu berada dirumah mertua, anda hanya duduk terdiam didepan televisi atau bercengkrama bersama dengan suami. Sementara mertua anda dibiarkan sibuk dan kelabakan sendiri dengan beban pekerjaan dirumah.
  4. Jangan Lupakan Mertua
    Jika setelah menikah anda bersama dengan suami langsung memiliki rumah, jangan pernah berpikiran jika hidup anda terasa lebih indah karena jauh dari mertua yang sering marah-marah. Jika ertua anda mengetahui hal ini, tentu saja mertua anda akan merasa sedih dan kecewa dengan anda dan apabila suatu saat bertemu maka jangan harap mertua anda memberikan senyuman pada anda. Mertua itu anaknya telah anda abil, maka jangan diambil juga haknya untuk bisa bertemu suami dan anda. Terkadang, mertua seringkali ingin menghabiskan waktu bersama dengan keluarga anaknya dan diperlakukan dengan hormat seperti ibu sendiri untuk menantunya. Untuk itulah, tidak ada salahnya jika sesekali mengundang mertua ke rumah atau anda yang berkunjung ke rumah mertua bersama dengan suami dan biarkan diri kita melebur bersama dengan mertua.
  5. Mengalah Demi Kebaikan
    Terkadang dalam beberapa hal kecil sekalipun pendapat kita berbeda dengan mertua. Nah, disinilah kedewasaan kita dituntut untuk bisa diperlihatkan. Saat bertentangan pendapat bersama dengan mertua, lebih baik kita mengalah saja dan terima semua pendapat mertua dengan senang hati. Karena biasanya orangtua selalu ingin dihargai. Mengalah disini akan membuat anda menghargai mertua. Dalam hal ini anda juga bisa menghindari pertengkaran kecil bersama dengan mertua yang akan membuat hubungan anda bersama dengan mertua jauh lebih baik dan lebih harmonis.
  6. Sabar dan Berpikir Positif
    Ketika anda telah melakukan upaya dan usaha untuk bisa mendekati dan mengambil hati mertua, namun hal ini masih saja tidak berhasil dan sikap mertua masih saja dingin pada diri anda. Maka, jangan pernah berpikir negatif tentang mertua anda dengan anda selalu kesal menghadapi mertua. Saat sikap mertua selalu cuek pada diri anda sebaiknya bersabarlah mungkin hanya waktu yang akan membuat keadaan lebih baik. Tetaplah berpikir positif, bagaimanapun anda mencintai anaknya. Dengan demikian, anda pun harus bisa mencintai orangtuanya.

Apabila Tindakan Anda Selalu Salah Dimata Mertua

Pasti sering dong sebagai menantu menerka-nerka, kenapa sih mertua sering sulit dihadapi dan selalu menilai jika diri kita atau menantunya selalu tidak cukup dimata mereka. Sehingga apabila bertemu dan berjumpa bersama dengan mertua menjadi hal yang cukup menyeramkan dan bahkan membuat anda seringkali malas saat suami membawa anda pada orangtuanya. Tapi bagaimanapun mertua adalah orangtua suami yang merupakan orangtua kita sendiri sebab kita telah terikat dalam hubungan perkawinan. Untuk itulah, pasangan yang baik akan senantiasa terus melakukan usaha dan upaya agar bisa memperbaiki hubungannya bersama dengan mertuanya agar lebih harmonis.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 14, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Saya mau nanya

  • Oleh : Deshinta Dodyanti
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Asalamualaikkum

    Keluhan

  • Oleh : Rosalinda Erina
  • 2 minggu, 4 hari yang lalu

    Saya abis hs untuk yg pertama kli sm suami sy, stlh 2 jam kok sy mlh keluar darah ya.. sy ini knp?

  • Oleh : Rosalinda Erina
  • Apakah keguguran dua kali bisa mengalami keguguran yang ketiga kali?

  • Oleh : Hilman Suhilman
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan , saya mau bertanya apabila sudah mengalami keguguran dua kali dan ingin hamil lagi apa saya akan mengalami keguguran seperti sebelumnya ?

    Olahraga yang tepat dan aman dilakukan oleh ibu hamil

  • Oleh : Tutut Kartikasari
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Saya mau tanya bu bidan, apa boleh ibu hamil mengikuti olahraga? dan sebaiknya olahraga apa yang harus dipilih saat hamil?

  • Oleh : Tutut Kartikasari
  • Keputihan dan nyeri haid

  • Oleh : El Shafilla
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Umur saya 24 tahun saya sering keputihan berwarna putih tidak berbau apalagi jika mendekati siklus haid.kadang juga saya sering sakit pinggang seminggu sebelum haid dan sakit di bagian bawah perut saat berhubungan di waktu 2 atau 1 hari sebelum datang haid apakah itu normal?
    Dan saya juga pernah ada bercak merah setelah berhubungan dengan suami 1hari setelah haid

    Tanya Bidan