×

Bahaya Gas Fogging Pada Ibu Hamil, Bayi Dan Balita

Bagikan Artikel :

Bahaya Gas Fogging Pada Ibu Hamil, Bayi Dan Balita

Pernahkah rumah Anda dan tetangga di semprot gas fogging. Lalu apakah berbahaya jika terhirup oleh Anda sekeluarga termasuk anak-anak? Yuk simak di bawah ini!

Apakah Gas Fogging Membahayakan ?

Gas fogging nyamuk yang digunakan termasuk dalam insektisida jenis zat pyrethroid sintetic. Bahan kimia ini biasanya terdapat dalam semprotan pembunuh serangga yang biasa dijual di pasaran. Tetapi saat ini cairan yang digunakan pada gas fogging biasanya terbuat dari golongan organophos forester insectisida.

Related Posts :

    World Health Organization (WHO) menyebutkan bahwa kandungan yang terdapat dalam gas fogging sudah diracik sedemikian rupa supaya tidak membahayakan manusia ataupun hewan. Kandungan insektisida pada gas fogging diracik dengan kadar yang rendah sehingga hanya bisa membunuh serangga berukuran kecil. Tetapi jika gas fogging terhirup dalam jumlah yang berlebihan maka akan memberikan efek buruk bagi kesehatan. Apalagi jika ini dialami oleh ibu hamil, bayi dan balita.

    Efek samping menghirup gas fogging

    1. Saat ini fogging memang merupakan cara yang efektif untuk membunuh nyamuk Aedes aegypti. Tapi dibalik manfaatnya ternyata fogging juga memiliki efek samping bagi kesehatan manusia. Mengingat kandungan dalam gas fogging termasuk sejenis racun, menghirupnya secara berlebihan dapat menyebabkan keracunan.
    2. Efek samping yang muncul dapat seperti batuk-batuk, mual dan muntah, diare, nafas terengah-engah, iritasi pada mata, berkeringat, sakit perut, hilang kesadaran, bahkan hingga kelumpuhan.
    3. Ibu hamil, bayi dan balita sebaiknya menghindar apabila ada program fogging nyamuk di daerah tinggalnya. Anda tidak perlu cemas, selama ibu hamil tidak menunjukkan adanya gejala keracunan maka janinnya tidak akan terkena efek samping gas fogging nyamuk. Hati akan menyaring gas beracun yang terhirup dan dikeluarkan melalui urin atau feses.
    4. Jika Anda mengalami keracunan gas fogging nyamuk, segera menjauhlah dari lokasi tersebut dan minumlah susu sapi putih untuk menetralkan racun dengan cepat. Apabila mata Anda terasa perih atau kulit terasa gatal, segeralah cuci bagian tubuh Anda yang terkena iritasi dengan air bersih serta ganti baju Anda.
      Namun apabila gejala keracunan tidak kunjung sembuh, maka segera periksakan ke dokter.

    Menghindari Keraacunan Sebelum Pengasapan Gas Fogging

    1. Simpanlah makanan atau bahan-bahan lainnya di dalam lemari tertutup.
    2. Pindahkan atau bungkus berbagai perabot rumah tangga menggunakan plastik atau koran.
    3. Kosongkan bak mandi atau penampungan air yang ada di rumah Anda.
    4. Bukalah jendela dan pintu selebar-lebarnya, supaya gas fogging cepat keluar dari rumah.
    5. Pakailah masker dan pergilah sedikit menjauh dari tempat pengasapan gas fogging nyamuk hingga asapnya menghilang.

    Menghindari Keracunan Setelah Pengasapan Gas fogging

    1. Bersihkan rumah Anda secara menyeluruh seperti mengepel lantai, atau mengelap perabot rumah tangga dan jendela yang terpapar gas fogging.
    2. Kuras bak mandi atau penampungan air hingga bersih dan tutuplah dengan rapat agar tidak ada gas fogging yang tercampur ke dalam air.
      Satu hal yang harus Anda ingat adalah fogging hanya bisa membunuh nyamuk Aedes aegypti dan tidak bisa membunuh jentik-jentik. Jentik nyamuk bisa Anda musnahkan dengan cara selalu menjaga kebersihan.
      Anda dapat melakukan 3M yaitu, Menutup, Menguras, dan Mengubur untuk membasmi jentik-jentik nyamuk. Selain itu, Anda juga bisa memberikan obat abate di bak kamar mandi, penampungan air, atau kolam ikan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 28, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    haid yg terjadi 2x dalam sebulan

  • Oleh : fina aji sofiani
  • 1 tahun yang lalu

    Saya mengalami haid sebanyak 2x dalam sebulan tetapi dengan jangka waktu hanya satu minggu dari hari haid selesai.

  • Oleh : fina aji sofiani
  • Istri hamil 4 bulan sering merasakan sakit di perut

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • 6 tahun yang lalu

    Maaf bu bidan saya mau tanya. istri saya hamil 5 bulan dan sering merasakan rasa sakit pada perut, apakah itu tanda gejala penyakit ataukah itu hanya reaksi sang bayi di dalam kandungan ?

    mual, eneg saat makan, kehilangan nafsu makan saat hamil

  • Oleh : Mending Ora Usah Jenengan
  • 5 tahun, 7 bulan yang lalu

    Siang ibu bidan, saya mau tanya apa ibu hamil yang mual-mual dan eneg saat makan itu wajar? Saya juga kehilangan nafsu makan jadinya, solusinya gimana ya?

  • Oleh : Mending Ora Usah Jenengan
  • Tanda2keperawanan

  • Oleh : Abdul Ghofar
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Buk dokter saya mau tanyak
    ketika puting buah dada seseorang menonjol besar dan pinggang agak membesar pula apakah itu tanda seseorang yg sudah pernah melakukan hubungan intim

    Testpack garis 2 tetapi samar

  • Oleh : Ira Wati
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Malam bu bidan, saya mau nanya, saya sudah melakukan testpack garisnya ada 2 tapi yg 1 samar 1 nya jelas, itu artinya apa ya bu? Kalau memang artinya saya positif hamil, kira” kapan saya harus periksa ke bidan atau USG ke dokter kandungan? Terima kasih.

    Tanya Bidan