×

Begini Bunda Cara Aman Menerima Paket Saat Pandemi Covid 19

Bagikan Artikel :

Begini Bunda Cara Aman Menerima Paket Saat Pandemi Covid 19

Pemerintah memang menganjurkan untuk di rumah aja selama 14 hari untuk menghindari penyebaran virus corona. Hal ini membuat para ibu beralih belanja ke system online. Namun, apakah paket yang telah Anda pesan tersebut terjamin keamanan dan kebersihannya? Bagaiamana pun paket-paket tersebut telah melalui banyak orang sebelum sampai di tangan Anda. Belum lagi jika paket tersebut berasal dari daerah yang terjangkit virus corona.

Sebuah studi baru menemukan bahwa virus corona dapat bertahan di beberapa permukaan, termasuk plastik, stainless steel hingga tiga hari. Lantas apakah virus corona dapat ditularkan dari paket yang dikirimkan? Menurut WHO, dilansir dari lamannya, menerima paket dari wilayah manapun yang terpapar virus dinilai aman. Hal itu karena orang yang terinfeksi dari barang kemungkinannya rendah.

Seberapa Besar Keamanan Paket Saat Pandemi Corona?

Risiko tertular virus dari paket atau benda yang telah dipindahkan dan terkena berbagai kondisi serta berbagai suhu juga rendah. Tidak mungkin orang dapat terkena virus corona dari kotak kardus, karena virus itu tidak dapat hidup untuk waktu yang lama di permukaan yang keras. Penularan Covid-19 secara langsung adalah dari orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Droplets atau tetesan tersebut jika mengenai orang lain, maka orang akan tertular. Jika penyebaran melalui paket, tentu masyarakat dunia akan melihat penyebaran dari China pada awal wabah.

Cara Aman Menerima Paket

Bagi yang memesan sesuatu secara online, maka diminta untuk tidak menerima barang secara langsung. Mintalah pekerja untuk menurunkan pengiriman tersebut di depan pintu Anda atau area kompleks. Jika petugas pengiriman membutuhkan Anda untuk datang ke pintu, maka jaga jarak sejauh 2 meter dan lakukan pembayaran secara online jika dimungkinkan. Setelah Anda mengambil surat atau pesanan dari kotak Anda, cuci tangan menggunakan sabun. Meski ada bukti virus corona dapat hidup di permukaan tertentu selama berhari-hari, tidak berarti Anda akan terinfeksi lewat paket.

Jika Anda masih khawatir terhadap paket yang diterima, Anda bisa membersihkannya dulu saat menerima. Pembersih berbasis alkohol bisa digunakan untuk mendesinfeksi paket. Para peneliti mengungkapkan dalam Journal of Hospital Infection, penggunaannya antara 62 hingga 71 persen alkohol etanol. Selain itu juga bisa dengan hidrogen peroksida 0,5 persen atau 0,1 persen natrium hipoklorit. Caranya adalah dengan menyemprotkan cairan-cairan tersebut pada paket. Lalu tunggu 5-6 menit dan kemudian bersihkan. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah jangan menyentuh wajah saat memegang paket.

Selain itu usahakan paket dibuka di luar rumah, supaya kondisi dalam rumah tetap terjaga dari risiko terpapar virus corona. Ada baiknya Anda membuka paket menggunakan sarung tangan. Tindakan itu lebih aman dalam pencegahan penyebaran virus corona.

Setelah bungkus paket dibuka dan isinya diambil, sebaiknya paket langsung dibuang ke tempat sampah. Usahakan tempat sampahnya diletakkan di luar rumah. Membuang bungkus paket di luar rumah lebih aman bagi Anda dan anggota keluarga lainnya. Kemudian jangan lupa untuk cuci tangan Anda sesudah memegang paket.

Lamanya Virus Corona Bertahan Pada Benda

Sebuah studi dari National Institutes of Health menemukan bahwa virus corona dapat bertahan hingga 3 hari pada plastik dan baja. Sementara itu virus dapat bertahan di kertas karton selama 24 jam. Selain itu virus corona dapat bertahan hingga 4 hari pada kayu dan kaca. Lalu pada logam, plastik, dan keramik bisa bertahan hingga 5 hari pada suhu 68 derajat Fahrenheit. Namun periode waktu ini dapat dipengaruhi oleh suhu dan kelembaban. Tapi kondisi pengiriman akan mempersulit virus corona untuk bertahan hidup. Hal ini karena risiko penyebaran sangat rendah dari produk atau kemasan yang dikirim selama beberapa hari atau minggu pada suhu kamar,

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 12, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Masalah haid

  • Oleh : Nining Yunengsib
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Bu udah 2 bulan ini aku haid nya cuma flek coklat doang… Kira-kira kenapa yah??

    Organ kewanitaan

  • Oleh : Asmi Ruswita
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya, keluhan saya yaitu keputihan tapi bening dan sediki sedikit ingin pipis seperti anyang anyangan. Kalau buang air kecil sedikit panas jika setelah selesae buang air kecil. Apakah itu normal atau bagaimana dok solnya saya baru pertma kali mengalami seperti ini.
    Tlong jawabanya dok terimakasi

    Tentang mens

  • Oleh : Acha Acha
  • 12 bulan yang lalu

    Hallo dok yaa saya acha umur saya 16 tahun kenapa ya dok biasanya saya awal bulan saya udah mens hampir satu bulan ini saya bulum mens ya dok padahal saya belum pernah ngelakuin hal intim dok saya jadi takut dok

  • Oleh : Acha Acha
  • sudah lebih dari satu bulan tidak menstruasi

  • Oleh : Hilman Suhilman
  • 5 tahun, 6 bulan yang lalu

    saya mau tanya ni bu bidan, sudah lebih dari satu bulan ini saya tidak menstruasi, apakah ini awal mula tanda-tanda kehamilan ?

    Menstruasi

  • Oleh : Shaqina Yunika Dewi
  • 7 bulan, 1 minggu yang lalu

    Dok saya masih 17 tahun, terakhir saya haid itu tanggal 24/25 februari dibulan lalu, diwaktu seharusnya haid malah keluar seperti flek saya gatau namanya, itu apa ya dok dan keluar nya sesekali sampe sekarang msh keluar tapi hanya sesekali,saya juga ada foto nya

  • Oleh : Shaqina Yunika Dewi
  • Tanya Bidan