×

Ciri-ciri Susu Formula Yang Sudah Basi

Bagikan Artikel :

Ciri-ciri Susu Formula Yang Sudah Basi

Tidak semua ibu bisa menyusui si Kecil hingga 2 tahun, sehingga susu formula dibutuhkan. Namun penggunaan susu formula ini harus benar-benar hati-hati. Karena kandungannya bisa rusak jika penyimpanannya tidak benar. Bahkan jika kemasan susu formula sudah di buka, rata-rata hanya bertahan hingga 3-4 mminggu. Sehingga kemungkinan susu formula basi bisa terjadi.

Selain itu apabila susu formula yang telah diseduh dan tidak segera dikonsumsi juga akan memicu perkembangan bakteri serta dapat menimbulkan keracunan pada anak yang terlanjur meminumnya. Dengan kata lain susu formula yang lebih dari 2 jam setelah di seduh adalah basi.

Related Posts :

    Kenapa Demikian ?

    Susu merupakan media yang baik untuk pertumbuhan bakteri, apalagi cuaca di negara kita yang cukup panas. Bakteri bisa berkembang dengan sangat cepat. Jadi sebaiknya susu dikonsumsi sampai habis sebelum 2 jam. Selain itu, kenali juga tanda lain susu formula yang sudah basi dan sebaiknya segera dibuang, untuk menghindari risiko terminum tidak sengaja oleh anak.

    Susu formula bubuk yang belum diseduh, juga perlu diperhatikan cara menyimpannya yang benar. Sebaiknya disimpan di dalam tempat tertutup rapat, kering, tidak terkena sinar matahari langsung, dan jauh dari hewan serta serangga-serangga kecil agar tidak mudah basi.

    Cara Mengenal Susu Formula Basi

    1. Uji Bau
      Tes utama dan paling sederhana untuk memeriksa apakah susu membusuk atau tidak adalah dengan menciumnya. Satu karton susu segar tidak akan memiliki bau yang tidak biasa. Bau yang tidak sedap merupakan ciri dasar dari susu
    2. Periksa Konsistensi Dan Tekstur
      Susu adalah cairan yang encer dan halus. Jika ternyata terdapat gumpalan atau berwarna kekuningan yang berbeda dari putih bersih, pertanda susu tersebut kurang segar atau layak dikonsumsi.
      Untuk mengecek tekstur susu Anda bisa mencoba tes sederhana juga. Tuang sedikit susu ke dalam gelas, jika mulai mengental, atau mendapatkan tekstur dan konsistensi seperti yogurt atau keju cottage.
    3. Cek warnanya
      Warna susu murni dan segar putih bersih. Bahkan warnanya agak kuning atau putih pucat; ada kemungkinan besar bahwa susu Anda tidak aman dikonsumsi.
      Untuk memeriksa warnanya dengan lebih baik, Anda bisa menuangkan susu ke dalam gelas transparan dan mengamatinya terhadap cahaya. Jika warnanya tidak lain adalah putih, berarti susu Anda sudah busuk.
    4. Periksa Apakah Susu Yang Ada Di Dalam Suhu Ruangan Terlalu Lama
      Jadi, Anda telah memeriksa tanggal kedaluwarsa di bagian belakang karton Anda. Susu Anda masih bagus dua hari lagi untuk kedaluwarsa. Namun sudah mulai terasa, berbau dan terlihat aneh.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 18, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Rahang Sakit

  • Oleh : Riza
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok saya mau bertanya, kenapa ya ko rahang saya terasa sangat sakit sekali ketika membuka mulut atau menguap? Hal ini sudah saya rasakan lumayan cukup lama

    Perut gaenak

  • Oleh : Reska Siti
  • 10 bulan, 2 minggu yang lalu

    Perut saya bagian bawahnya mengeras sering sendawa sering kentut terus sering keram gitu di area perut atas dan bawah dan biasa nya kalo mau tiba menstruasi suka keputihan atau keluar lendir bening tapi sekarang kok jadi gaada ini tanda kehamilan apa begah disebabkan makanan?

  • Oleh : Reska Siti
  • Menstuasi

  • Oleh : Humaira Humaira
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok, saya mau konsul, saya sudah tidak ada menstruasi selama 2 bulan, tapi stelah dua bulan tidak ada menstruasi keluar bercak hitam selama 30 hari, keluarnya tidak banyak dok cuman sedikit, tapi saya takut apa itu penyakit.karena keluarnya seperti lem, lengket gitu dok.hanya itu
    Terimakasih dok

    Haid tidak lancar

  • Oleh : Naisyabilla Sutarno
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Saya mahasiswi usia 18 tahun. Siklus menstruasi saya tidak lancar, terkadang 4 bulan bahkan lebih tidak menstruasi. Apakah seperti itu normal atau ada gangguan? Saya belum periksa ke dokter. Jika ingin lancar menstruasi itu caranya seperti apa?

    Terimakasih

    Jeli gamat

  • Oleh : Tohirin Aja
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamt siang . Maaf mau tanya . Jeli gamat bisakah menyembuhkan inpotensi dan ejakulasi dini. Akibat dlu sering matrubasi. Trima kasih

  • Oleh : Tohirin Aja
  • Tanya Bidan