×

Daging Hewan Kurban Lebih Sehat. Benarkah?

Bagikan Artikel :

Daging Hewan Kurban Lebih Sehat. Benarkah?

Bagi muslim, pada saat idul adha ini biaasanya keluarga akan berkumpul untuk menikmati aneka masakan dari daging kurban. Nah dangin kurban ini memiliki manfaat yang lebih banyak di banding daging yang bukan dari hasil kurban lho. Kok bisa? Ada satu penelitian yang menyatakan bahwa daging kurban lebih sehat Karena langsung dikonsumsi, berbeda dengan daging yang dijual di pasaran, biasanya sudah berhari- hari.

Related Posts :

    Daging adalah sumber protein hewani terbaik dan mengandung semua asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu perbaikan dan mengganti jaringan dan sel yang rusak. Asam amino tersebut tidak diproduksi oleh tubuh sehingga kita harus mendapatkannya dari makanan.

    Protein yang terkandung pada daging sangat lengkap dibanding dengan protein yang terdapat dari tumbuhan. Daging juga mengandung zat besi yang penting untuk kesehatan reproduksi. Meski manfaatnya yang tinggi, kita tetap harus mengonsumsi daging dengan bijak.

    Manfaat Daging Sapi Kurban Bagi Kesehatan

    1. Kandungan protein daging sapi itu sangat tinggi
      Satu gizi utama yang banyak terdapat dalam daging hewan qurban terutama sapi adalah kandungan protein. Protein adalah zat yang penting bagi tubuh dan setidaknya harus terpenuhi setiap harinya. Protein membantu membentuk tubuh, tulang, dan massa otot.
      Walau memang protein juga bisa didapatkan dari kandungan telur dan tempe maupun tahu, namun tetap jenis protein hewani yang terkandung dalam daging sapi qurban adalah jenis protein terbaik yang bisa diserap tubuh.
    2. Zat besi pada daging sapi sangat tinggi
      Secara umum, zat besi memiliki fungsi utama untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan sel dan mengangkut elektron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel. Zat besi pun berguna untuk menjadi benteng pertahanan dalam melawan penyakit karena zat besi memiliki fungsi menambal sistem kekebalan tubuh yang rusak. Nah, kandungan zat besi inilah yang banyak terkandung dalam daging sapi qurban.
    3. aging sapi mengandung vitamin
      Tak selamanya vitamin itu hanya terdapat dalam sayuran dan buah-buahan. Ternyata daging sapi qurban punya zat vitamin B yang kaya dalam setiap potongan daging yang dicerna dalam tubuh. Vitamin B kompleks adalah jejeran vitamin B1, B2, B3, B6, B11, dan B12 yang punya banyak sekali fungsi. Mulai dari menjaga keseimbangan air dalam tubuh, merangsang kinerja saraf mata, membentuk sel darah, hingga membantu proses pertumbuhan.
    4. Daging sapi kurban mengandung Omega 3 dan lemak
      Sudah sekian lama, omega 3 yang juga terkandung pada daging ikan punya manfaat ajaib bagi tubuh. Omega 3 punya manfaat untuk membantu menjaga dan memelihara sistem saraf pusat dan membantu terjaganya fungsi jantung dan hati.
      Selain itu daging sapi pun punya kandungan lemak yang cukup banyak. Lemak punya fungsi utama untuk menambah tenaga dan energi untuk menjalankan rutinitas sehari-hari.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 15, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Hamil bagi penderita diabetes

  • Oleh : uye (wanita)
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Saudara saya saat ini berusia 34 tahun dan dia kini tengah hamil yang baru memasuki trimester 1, namun dia sering khawatir karena saudara saya memiliki riwayat diabetes saat ia masih muda. Hal yang ingin saya tanyakan yaitu amankah bagi diabetesi untuk hamil? dan apakah ada cara untuk mengatasi atau solusi baik bagi ibu dan janin? Mohon jawabannya.

    Telat haid

  • Oleh : Risma Imma
  • 8 bulan yang lalu

    Saya mau Tanya. Wkt bulan 10 Saya haid Dari TGL 29-2 November. Kemudian akhir November Saya seprtinya ada kluar darah tapi semacam flek. Mulai December sampai sekrang tidk prnh lagi tpi Saya tespack masih negatif. Apakah itu bulan ketika flek kluar sudah terhitung telat datang bulan? Dan apakah Saya ada kemungkinan hamil tpi tespack masih negatif

    Kehamilan

  • Oleh : Isti Rahmawati
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat siang,
    Saya mau menanyakan usia kehamilan saya 6 minggu. Saya sempat terkena batuk kering sampai menekan di perut bahkan sampai keluar keputihan saat batuk. Saat hari ke 4 saya terjadi flek. Saya langsung periksa k dr kandungan. Saat di usg terdapat kantung janin tapi janin belum terlihat lalu dokter memeriksa menggunakan alat langsung dr dlm kandungan. Dan janin terlihat. Tapi detak jantung belum terlihat. Dr mengatakan bahwa resiko besar keguguran. Sehingga saya di minta bedrest dan diberi obat penguat. Yang saya tanyakan, apakah mungkin terdapat janin tapi tidak berkembang? Dan seberapa besar resiko bisa berkembang dengan normal? Dan apa yang harus saya lakukan selain bedrest? Mohon informasinya

    mual mual

  • Oleh : pluvio phile
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    saya h-1 mens melakukan hubungan intim. besoknya mens. dan skrg saya mual-mual dan sakit pinggang. apakah tanda hamil?trims

    gatal gatal pada kaki

  • Oleh : Daniel
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Salam kenal,

    Saya ingin bertanya, usia kandungan istri saya masuk ke bulan 8, namun terjadi gatal gatal di kaki, dari pergelangan kaki sampai ke paha.
    sudah konsul ke dokter dan sudah dikasih obat juga, namun gatal nya belum sembuh2 juga, gatal gatal nya itu seperti biduran. Apakah ini hormon yg buruk dan apa solusi nya

    Mohon penjelasannya
    terima kasih

    Tanya Bidan