×

Daging Hewan Kurban Lebih Sehat. Benarkah?

Bagikan Artikel :

Daging Hewan Kurban Lebih Sehat. Benarkah?

Bagi muslim, pada saat idul adha ini biaasanya keluarga akan berkumpul untuk menikmati aneka masakan dari daging kurban. Nah dangin kurban ini memiliki manfaat yang lebih banyak di banding daging yang bukan dari hasil kurban lho. Kok bisa? Ada satu penelitian yang menyatakan bahwa daging kurban lebih sehat Karena langsung dikonsumsi, berbeda dengan daging yang dijual di pasaran, biasanya sudah berhari- hari.

Daging adalah sumber protein hewani terbaik dan mengandung semua asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu perbaikan dan mengganti jaringan dan sel yang rusak. Asam amino tersebut tidak diproduksi oleh tubuh sehingga kita harus mendapatkannya dari makanan.

Protein yang terkandung pada daging sangat lengkap dibanding dengan protein yang terdapat dari tumbuhan. Daging juga mengandung zat besi yang penting untuk kesehatan reproduksi. Meski manfaatnya yang tinggi, kita tetap harus mengonsumsi daging dengan bijak.

Related Posts :

    Manfaat Daging Sapi Kurban Bagi Kesehatan

    1. Kandungan protein daging sapi itu sangat tinggi
      Satu gizi utama yang banyak terdapat dalam daging hewan qurban terutama sapi adalah kandungan protein. Protein adalah zat yang penting bagi tubuh dan setidaknya harus terpenuhi setiap harinya. Protein membantu membentuk tubuh, tulang, dan massa otot.
      Walau memang protein juga bisa didapatkan dari kandungan telur dan tempe maupun tahu, namun tetap jenis protein hewani yang terkandung dalam daging sapi qurban adalah jenis protein terbaik yang bisa diserap tubuh.
    2. Zat besi pada daging sapi sangat tinggi
      Secara umum, zat besi memiliki fungsi utama untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan sel dan mengangkut elektron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel. Zat besi pun berguna untuk menjadi benteng pertahanan dalam melawan penyakit karena zat besi memiliki fungsi menambal sistem kekebalan tubuh yang rusak. Nah, kandungan zat besi inilah yang banyak terkandung dalam daging sapi qurban.
    3. aging sapi mengandung vitamin
      Tak selamanya vitamin itu hanya terdapat dalam sayuran dan buah-buahan. Ternyata daging sapi qurban punya zat vitamin B yang kaya dalam setiap potongan daging yang dicerna dalam tubuh. Vitamin B kompleks adalah jejeran vitamin B1, B2, B3, B6, B11, dan B12 yang punya banyak sekali fungsi. Mulai dari menjaga keseimbangan air dalam tubuh, merangsang kinerja saraf mata, membentuk sel darah, hingga membantu proses pertumbuhan.
    4. Daging sapi kurban mengandung Omega 3 dan lemak
      Sudah sekian lama, omega 3 yang juga terkandung pada daging ikan punya manfaat ajaib bagi tubuh. Omega 3 punya manfaat untuk membantu menjaga dan memelihara sistem saraf pusat dan membantu terjaganya fungsi jantung dan hati.
      Selain itu daging sapi pun punya kandungan lemak yang cukup banyak. Lemak punya fungsi utama untuk menambah tenaga dan energi untuk menjalankan rutinitas sehari-hari.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 15, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Saya mau bertanya tantang kehamilan saya buk

  • Oleh : Suci Fikrinapuspita
  • 2 bulan yang lalu

    Asalamualikum buk saya mau bertanya saya kan hpht tanggal 25 september buk saya tp tanggal 5 oktober hasil nya positif buk sya sampai tes 2 kali trus tnggal 9 sya keluar darah slam 3 hari kyak hait dan saya tp masih 2 gris nya jarak nya 2 minggu setelah berdarh dan sya tp kmarin kok bisa gris satu buk dan sya sampai sekarng jga ngak ada keluar darah lagi bun tpi perut smakin besar tolong penjelasan nya buk terimakasih

  • Oleh : Suci Fikrinapuspita
  • Alasan kenapa ibu bisa meninggal saat melahirkan

  • Oleh : Ai Ni
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Sore bu, saya mau nanya nih.
    Saat ini saya mengandung usia kehamilan 8 bulan, menjelang melahirkan saya menjadi banyak ketakutan sekali. Takut terjadi apa-apa saat persalinan yang nantinya bisa meibuhayakan saya maupun bayi saya. Apalagi setelah saya meibuca beberapa artikel yang menyebutkan bahwa angka kematian ibu saat melahirkan lumayan tinggi. Nah yang mau saya tanyakan ialah, sebenarnya apa sih penyebabnya kematian ibu melahirkan tersebut? Mohon infonya ya. Terimakasih

  • Oleh : Ai Ni
  • Menstruasi

  • Oleh : Putri Ainun
  • 4 bulan, 4 minggu yang lalu

    Dok saya mau tanya, selasa lalu saya berhubungan badan dengan suami saya tapi ejakulasi diluar suami saya ragu kalau ada sedikit sperma yang masuk kedalam vagina saya, kemudian hari sabtu saya haid lebih awal 4 hari dari biasanya, hari pertama keluar darah berwana merah muda kemudian hari kedua keluar darah berwarna merah gelap ada gumpalan darahnya saat hari ketiga darahnya berwarna merah muda dan tidak ada gumpalan darahnya. Apakah itu darah implantasi atau darah haid ya dok?

  • Oleh : Putri Ainun
  • Telat Haid

  • Oleh : Khusnul Khotimah
  • 6 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assalamualaikum Dok..Sata Mau Tanya Kan Saya Udah Telat Haid Selama 3 Hari Perut Bagian Bawah Rasanya Nyeri Seperti Mau Haid Tapi Nyerinya Ringan Dan Gak Lama Trus Payu Dara Saya Juga Linu Gitu Rasanya Kemarin Di Perut Bagian Bawah Seperti Ada Kedutan Tapi Cuman Berkedut 3x langsung ilang gak ada lagi…Apakah Saya Hamil Ya Dok? Tapi Saya Gk Brani Buat Tespek Takut Di PHP.in…Gimana Dong Dok?? Mohon Pencerahannya…

  • Oleh : Khusnul Khotimah
  • Hamil atau tidak

  • Oleh : Khanifah Syafira
  • 5 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assalamuallaikum ibu bidan ..
    Saya mau tanya ..
    Saya sudah telat haid satu Minggu dan di keputihan saya ada bercak darah tapi cuma sedikit dan hanya terjadi dalam 2 hari .. setelah itu keputihan saya jadi banyak dan warnanya agak bening .. saya pikir saya hamil karna ciri2nya menuju ke arah tanda kehamilan tapi pas saya respek hasilnya negatif ..

    Apakah ada yang salah pada saya Bu ?

  • Oleh : Khanifah Syafira
  • Tanya Bidan