×

Dilarang Menikah Dan Hamil Saat Pandemic Virus Corona, Masa Sih?

Bagikan Artikel :

Dilarang Menikah Dan Hamil Saat Pandemic Virus Corona

Setiap pasangan yang sudah saling mencintai tentu akan melangsukan pernikahan. Pernikahan ini adalah salah satu jalan setiap pasangan untuk menuai kebahagiaan dan memiliki keturunan. Tapi sangat disayangkan banyak pernikahan dan perencanaan kehamilan menjadi tertunda saat pandemic coronoa.

Related Posts :

    Mengapa Acara Pernikahan Menjadi Tertunda Saat Pandemic Corona ?

    Kita sudah mengetahui bahwa virus corona ini mudah sekali untuk menular. Selain itu, virus corona ini bisa menyebabkan kematian pada beberapa kalangan usia seperti misalnya usia lanjut.

    Nah untuk mengantisipasi penyebaran pemerintah pusat pun mengeluarkan edaran agar acara yang melibatkan banyak orang ditunda sampai wabah selesai.

    Salah satu yang terkena imbasnya adalah orang-orang yang ingin melaksanakan pernikahan. Sudah banyak calon pengantin yang terpaksa menunda resepsinya.

    Untuk akadnya tetap diperbolehkan, sehingga masyarakat bisa datang ke kantor untuk mendaftarkan proses akad dengan tetap menjaga SOP Covid-19. Dengan demikian, ada sejumlah aturan tentunya harus dipatuhi oleh para calon pengantin.

    Peraturan Yang Harus Dipatuhi Oleh Calon Pengantin

    1. Dalam pelaksanaan akad nanti, pengunjung tidak lebih dari 6 orang. 6 orang itu terdiri dari petugas KUA itu sendiri kemudian Calon Pengantin 2 orang, kemudian saksi dua orang dan wali
    2. Petugas KUA tetap melayani dan terbuka, namun dengan jumlah yang terbatas. Hal tersebut berdasarkan surat edaran Menteri Agama dengan No.5/2020, pertanggal 30 Maret dalam pelaksanaannya, tetap menjalankan tugasnya.
    3. Pada saat prosesnya petugas harus memproteksi diri untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan menggunakan sarung tangan, masker, serta hand sanitizer sehingga dalam melaksanakan tugas tetap aman.
    4. Tetap menjaga jarak dengan minimal 1 meter.

    Setelah Menikah Dilarang Hamil Dulu?

    Bagi pasangan yang baru menikah atau merencanakan memiliki anak alangkah baiknya ditunda dulu di saat pandemi Corona. Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional menyarankan untuk menundanya terlebih dahulu.

    Beberapa Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Hamil Saat Pandemic Corona

    1. Kehamilan menurunkan daya tahan tubuh.
      Perempuan yang hamil bakal mengalami penurunan daya tahan tubuh agar tubuh tidak menolak sang janin. Apabila imunitas turun, tubuh mudah terkena infeksi.
    2. Perempuan hamil rentan mengalami mual dan muntah alias morning sickness.
      Ketika hal ini terjadi, asupan makanan jadi berkurang alhasil nutrisi tubuh tidak cukup. Sudah daya tahan tubuh menurun, nutrisinya tidak cukup, ini tambah berat lagi.
    3. Belum diketahui efek obat untuk pengobatan Corona bagi janin
      Pembentukan organ-organ tubuh janin terjadi di delapan minggu pertama kehamilan. Bila misalnya seorang perempuan hamil mengalami infeksi, apalagi infeksi Corona, lalu terpaksa minum obat, belum diketahui efeknya bagi janin. Misalnya demam, kita tidak tahu apa pengaruh obat-obat untuk pengobatan Corona bagi orang yang hamil.
    4. Tenaga medis dan fasilitas kesehatan terbatas.
      Pada saat pandemi Corona seperti saat ini ada imbauan agar tidak mengunjungi rumah sakit atau fasilitas kesehatan guna meminimalisasi terinfeksi Corona.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 28, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Nyeri Bagian Perut

  • Oleh : Lia Rachma
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Pagi Dok. Saya wanita beru,ur 21 Tahun, mau bertanya kenapa ya kalau saya telat makan atau makan pedas perut saya sering panas dan juga keras dibagian perut sebelah kanan dan juga pusar. Apakah ini merupakan salah satu jenis masalah kesehatan yang berbahaya?

    Keputihan saat hamil apakah berbahaya?

  • Oleh : siti khodijah
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau tanya apakah keputihan saat hamil bebahaya bagi janin? Saat ini saya sedang hamil 7 bulan. Pada awal kehamilan saya mengalami keputihan berwarna putih susu yang lmyan banyak, sudah di periksakan ke bidan katanya normal-normal saja. Namun beberapa minggu kemudian keputihan yang keluar berubah warna menjadi kuning dan kehijauan serta gatal. Apakah itu termasuk ciri-ciri keputihan abnormal? Mohon jawabannya.

    cara mengatasi alergi dingin

  • Oleh : hanis
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi alergi dingin pada anak. Anaks aya berusia 10 tahun dan sering batuk berdahak bahkan sudah 2 minggu. Saya pernah bawa anak saya periksa ke dokter spesialis anak dan katanya batuk yang anak saya derita akibat dari cuaca dingin. mohon penjelasannya apakah anak saya harus bergantung terus pada obat

    Kanker ovarium pada wanita remaja

  • Oleh : Rhiyad Suhpriatin
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya mau tanya Apakah kanker ovarium ini bisa menyerang wanita atau remaja berusia 20 tahunan? Sebab beberapa dari gejalanya dialami? Terimkasih.

    Sering mulas di usia kehamilan 7 bulan

  • Oleh : Nani Mulyaningsih
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya Lutfia umur 25 tahun saat ini saya sedang mengandung 7 bulan. Saat ini saya sering mengalami rasa mulas meskipun setelahnya di barengi BAB. Namun apakah wajar jika rasa mulas muncul lebih sering saat hamil? Mohon jawabannya bu bidan

    Tanya Bidan