×

Dosa Besar Mertua Kepada Menantu Yang Sering Terjadi

Bagikan Artikel :

Dosa Besar Mertua Kepada Menantu Yang Sering Terjadi

Menikah bukan hanya menyatukan dua orang laki-laki dan perempuan saja, akan tetapi menyatukan dua anggota keluarga yaitu keluarga laki-laki dan perempuan. Dalam pernikahan tentu ada ujian-ujian yang bisa dating dari pasangan, anak, kesehatan, ekonomi atau orang ketiga. Kebanyakan ujian rumah tangga adalah orang ketiga seperti orangtua, mertua, kakak ipar, pelakor/pebinor.

Hampir semua rumah tangga pernah terlibat perbedaan pendapat, salah paham hingga perselisihan antara menantu dan mertua. Bagi beberapa pasangan hal tersebut bisa menyebabkan konflik dalam rumah tangga bahkan yang lebih parah.

Hubungan yang kurang baik antara mertua dan menantu bisa berdampak pada keretakan rumah tangga seseorang. Untuk menghindari hal tersebut Islam menyarankan kepada pasangan yang sudah menikah sebaiknya tinggal terpisah dari kedua orangtua.

Karena tidak semua mertua ataupun orangtua bisa sejalan dengan pemikiran dari menantu atau bahkan anaknya sendiri. Sehingga kehadirannya terkadang justru membawa sisi negatif dalam rumah tangga dari saudara kesemuanya.

Related Posts :

    Beberapa Dosa Besar Mertua Yang Sering Terjadi Kepada Menantu

    1. Menuntut menantu harus sesuai keinginannya.
      Setiap manusia pasti dibekali dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada yang pandai dalam hal memasak tapi kurang pandai dalam hal mengurus anak. Ada yang pandai mencari rezeki tapi kurang pandai dalam mendidik dan lain sebagainya.
      Oleh sebab itu sebaiknya para mertua juga menyadari akan kelebihan dan kekurangan dari menantunya dan tidak perlu memaksakan kehendak sesuai dengan keinginannya. Apabila ada seorang mertua yang menuntut menantunya harus sesuai dengan keinginannya, Maka hal tersebut sangatlah tidak dibenarkan dalam ajaran agama.
      Hal tersebut bahkan bisa memicu pertengkaran antara mertua dengan menantu yang ujung-ujungnya hanya akan mendapatkan dosa besar. Jadi pesan untuk para mertua dalam hal ini daripada hanya bisa menuntut alangkah lebih baiknya jika para mertua mendoakan yang terbaik untuk anak dan menantunya.
    2. Ikut campur urusan rumah tangga menantu
      Entah sadar atau tanpa disadari mertua sering ikut campur dalam urusan rumah tangga dari menantunya. Padahal mencampuri urusan rumah tangga menantu merupakan hal yang tidak dibenarkan dalam syariat agama.
      Apabila seorang anak sudah menikah dan memiliki keluarga sendiri maka tugas sebagai orang tua dalam hal ini sudah selesai. Sehingga seorang mertua tidak diperkenankan mencampuri apa yang menjadi urusan dari keluarga menantu kecuali jika seorang anak atau menantu meminta pendapatnya.
      Oleh sebab itu, apabila sudah menjadi mertua hendaknya hindari sebisa mungkin mencampuri urusan keluarga anak menantunya. Boleh-boleh saja mengawasi atau mengarahkan akan tetapi seperlunya saja dan tidak perlu berlebihan.
      Bahkan jika anda seorang menantu yang tinggal serumah bersama mertua sekalipun keluarga anak menantunya sedang bertengkar, mertua tidak dianjurkan untuk ikut campur sedikitpun, biarkan seorang anak tersebut mencari solusinya sendiri karena tidak ada satupun rumah tangga seseorang yang tak luput dari permasalahan.
    3. Memandang rendah dan menceritakan kejelekan menantu
      Mungkin kita pernah melihat atau bahkan mendengar sendiri, ada seorang mertua yang sering memandang rendah menantunya atau bahkan menceritakan menantu dibelakangnya. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor.
      Misalnya permasalahan di masa lalu antara keluarga laki-laki dan perempuan. Hal inilah yang kerap kali terjadi di masyarakat kita yang ujung-ujungnya seorang mertua akan memandang rendah dan menjelek-jelekan menantunya kepada orang lain.
      Sekalipun seorang mertua pernah mempunyai masalah dengan keluarga menantu dari pada hanya menjelek-jelekkan, alangkah lebih baiknya untuk mengoreksi diri Kenapa Allah mempertemukan anaknya dengan menantunya.
      Apa rahasia Allah dibalik itu semua, mungkin ada hikmah baik yang bisa dipetik dari seorang mertua dari hal tersebut atau bahkan jika menantunya adalah seorang yang biasa-biasa saja dan belum memiliki sesuatu apapun karena masih dalam tahap berjuang.
      Alangkah lebih baiknya jika seorang mertua memberikan motivasi dan mendukung sepenuhnya apa yang dikerjakan oleh menantunya selama hal tersebut baik dan tidak menyimpang dari syariat agama. Karena semua itu juga demi kebaikan keluarga dari anak dan menantunya kelak.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 20, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Berhubungan Seks

  • Oleh : Sherly davies
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat Siang Dok, Saya mau bertanya, saat ini saya sedang menunda kehamilan. Saya sering kali melakukan hubungan intim bahkan hingga 3 sampai 4 kali seharinya. Namun karena saya menunda kehamilan, saya selalu mengeluarkan sperma di luar. Yang saya mau tanyakan apakah dengan kondisi dan kebiasaan ini saya bisa hamil? dan apa dampak bahaya dan manfaat melakukan hubungan intim yang sering ini?

    Tips bagi ibu menyusui yang berpuasa

  • Oleh : ii ihah
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu, saya mau konsultasi nih saat ini anak saya baru saja menginjak usia 6 bulan dan saya sudah berniat mau puasa. Apakah ada dampaknya jika saya puasa sama produksi ASI saya dan apa ada tips bagi ibu menyusui yang berpuasa? mohon penjelasannya trims

    Sakit tifes

  • Oleh : Chika ELlo
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    Bun saya mau tanya ank saya dari kmarin demam.tpi kalau pagi badanya anget klau mnjelang malam agak panas dikit…tpi mkanya gk kyak biasanya klau minum susu tetep ..bun minta solusinya makasih

    mengatasi gatal pada puting saat menyusui

  • Oleh : Rhiyad Suhpriatin
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    Siang bu, saya mau tanya. Saya adalah seorang ibu menyusui, terkadang puting saya terasa sangat gatal serta timbul bercak putih pada puting payudara saya, apakah ini termasuk kanker atau bagaimana bu? bagaimana cara menanganinya?

    Menstruasi

  • Oleh : Evi Safitri
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Dokter, sejak februari saya mengalami menstruasi yg tidak wajar, saya menstruasi berkepanjangan, jarak berhentinya keluar darah hanya sekitar 5-7 hari. Apakah itu normal?

    Tanya Bidan