×

Hanya Yang Tinggal Bersama Mertua Yang Tau Rasanya…

Bagikan Artikel :

Hanya Yang Tinggal Bersama Mertua Yang Tau Rasanya...

Salah satu masalah dalam pernikahan adalah belum memiliki tempat tinggal dan mengharuskan tinggal bersama mertua. Konflik batin antara mertua dan menantu pasti selalu ada. Hingga masalah ini bisa membuat perselisihan pula dengan pasangan. Nah apa saja kah salah satu yang sering dirasakan menantu terhadap mertua ?

  1. Gak berkuasa atas anak sendiri
    Ketika menerapkan cara A ke anak langsung dibilangin agar ikut cara mertua. Atau ketika terjadi sesuatu sama si Kecil malah kita ikut disalahkan. Sabar ya, kalau prinsipil banget atau terkait keselamatan anak, sebaiknya kita bicarakan. Bila perlu ajak mertua ikut control ke dokter spesialis anak. Misalnya. Tapi kalau bisa ditoleransi kita bisa mengikuti sarannya biar mertua merasa dihargai.
  2. Keluarga besar ikut campur urusan rumah tangga
    Salah satu risiko yang mungkin akan dihadapi kala hidup serumah dengan mertua adalah Anda harus siap jika mertua ikut campur dalam urusan rumah tangga Anda. Kondisi tersebut memang sudah cukup sering terjadi bagi pasangan yang memilih hidup serumah dengan mertua.
    Hal ini biasanya terjadi karena sebagai orangtua, mereka seolah tidak bisa membiarkan begitu saja jika rumah tangga Anda menghadapi masalah. Atau ada hal-hal maupun tindakan yang tidak tepat menurut mereka. Bila terjadi masalah dalam rumah tangga, biasanya mertua akan cenderung membela pasangan Anda selaku anak kandungnya.
  3. Merasa tak memiliki privasi
    Tinggal serumah dengan mertua secara tidak langsung akan membatasi privasi Anda dan pasangan, bahkan bisa saja mengurangi quality time Anda bersama pasangan. Dengan kehadiran mertua, tentu Anda akan merasa segan dan sulit menemukan waktu untuk dihabiska nz berdua saja, bukan?
  4. Harus mengikuti peraturan mertua
    Bagaimanapun juga, jika tinggal serumah dengan mertua, mau tidak mau Anda dan pasangan harus mengikuti peraturan yang berlaku di keluarga besar tersebut. Sebab, aturan yang biasa diterapkan mertua Anda itu sudah ada dan berlaku sejak lama. Anda sebagai pendatang baru, tentunya harus menghormatinya.
  5. Tidak leluasa melakukan kebiasaan
    Namanya juga tinggal dengan mertua, pasti segala sesuatunya bisa saja tak luput dari perhatian mereka. Perbedaan kebiasaan bisa menjadi masalah bagi Anda dan mertua, jika Anda tak mau beradaptasi dengan kebiasaan serta peraturan di rumah mertua.
  6. Berantem dengan pasangan atas dasar mertua
    Misalnya nih, kita merasa pasangan terlalu menuruti orang tuanya. Atau karena kommentar mertua emosi kita tersulut. Jadi kesal juga ke pasangannya. Terus baiknya gimana? Kalau ada yang mengganjal dari sikap mertua, coba bahas sama pasangan. Ingat, kalau kalian satu tim . jadi usahakan untuk saling support.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 11, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Program Hamil

  • Oleh : Uchi Susilawati
  • 5 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat siang Dok. Saya sudah menikah kurang lebih 2 tahunan. Sampai saat ini saya belum hamil juga. Memang dulu saya sempat merasakan haid yang tidak biasanya saya rasakan. Saat ini, saya sedang bekerja di pabrik dan meraskan haid yang tidak biasanya saya rasakan yang membuat saya lemas dan bahkan mengeluarkan gumpalan darah sebesar ati aya. Yang saya mau tanyakan itu berpengaruh tidak dengan masalah kehamilan? soalnya sampai sekarang saya belum hamil juga, padahal sami saya sudah ingin segera memiliki keturunan

    Ingin Segera Memiliki Keturunan

  • Oleh : Gek Anik
  • 5 tahun, 5 bulan yang lalu

    Siang bu bidan.

    2 bulan lagi rencananya saya akan melangsungkan pernikahan dan saya beserta calon suami memilki keinginan untuk tidak menunda memiliki momongan. Yang saya mau tanyakan pada waktu kapankan masa subur ini terjadi? Dan kapan waktu yang pas untuk melakukan hubungan agar segera mendapatkan momongan ketika kelak kami menikah?

  • Oleh : Gek Anik
  • Keputihan

  • Oleh : Lusiana –
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Kal saya udah ngalamin keputihan 2 bln ini kadang berwarna putih kdang kecoklatan tidal berbau dan trasa gata kadang gatal saat kluar slabhnya tidak

  • Oleh : Lusiana –
  • Bintik di vagina

  • Oleh : Icha Icha
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Dok saya remaja umur 16 thn, belum pernah hub sexual. Tdi saya pipis dan pas cebok kok kerasa ada bintik gtu pas saya cek dn senterin emg ada. Warnanya kayak kulit gtu agak gatel tpi g bgt. Itu kenapa y dok saya panik bgt dri tadi. Kebetulan tdi sya blm mandi dn blm ganti celana dalam yg kemaren. Kelupaan jga. Trs jga saya kalo pipis jrg cebok pke tgn jri pke air selang gtu dan biasanya g saya keringin pke tisu jdi kadang basah gtu celana dalemnya. Itu kenapa y dok?

    Tentang kehamilan

  • Oleh : Vianney Valista
  • 3 tahun yang lalu

    Selamat malam bu bidan..mohon pencerahannya ya.
    Saya baru saja menikah,pengetahuan saya tetang hubungan intim dan kehamilan msh sangat minim sekali.
    Saya dan suami ingin menunda kehamilan krn ada bbrp alasan perkerjaan.
    Tadi kami melakukan hubungan intim di H+2 setelah saya haid dan suami saya membuang diluar.itu tidak membuat saya hamil kan bu?mohon pencerahan dan penjelasannya?

    Tanya Bidan