×

Ini Lho Fungsi Puting Susu Pada Pria!

Bagikan Artikel :

Ini Lho Fungsi Puting Susu Pada Pria!

Putting susu pada wanita berfungsi untuk proses mehnyusui. Tapi tidak hanya perempuan saja yang memiliki putting susu, pria juga memiliki. Padahal pria tidak akan menyusui. lantas untuk apa fungsinya ?

Fungsi puting pada pria lebih ke ornamen pelindung untuk tubuh saja. Puting seorang pria dipercaya berfungsi untuk melindungi jantung dan paru-paru. Diketahui, puting akan jadi lapisan pertama pelindung organ jantung dan paru-paru saat terjadi kecelakaan agar tak menimbulkan cedera parah yang dapat menyebabkan gagalnya fungsi organ dan yang paling parah kematian.

Proses Pembentukan Putting Susu

Puting pria sebenarnya terbentuk alami pada saat proses pembentukan embrio. Jadi, saat masih embrio pembentukan tubuh sama-sama sedang dalam proses termasuk pembentukan puting. Baik pria dan wanita, diketahui memiliki jaringan dan cetakan yang sama.

Lantas, seiring bertambahnya usia ternyata proses pembentukan embrio dipengaruhi pula oleh susunan gen, kromosom Y serta hormon testosteron yang membawa perubahan maskulinitas pada embrio pria. Alhasil, perubahan itulah yang kemudian membuat pertumbuhan puting pria terhenti atau yang juga dikenal dengan istilah immature bro!

Puting Pria Berfungsi Untuk Menambah Sensasi Seksual

Walau tidak memiliki fungsi spesifik dan hanya untuk ornamen pelindung saja, putting susu pria berfungsi untuk menambah sensasi seksual. Puting pria memang bisa dimanfaatkan untuk menambah gairah seksual saat berhubungan intim. Area berwarna gelap di sekitar puting yang dikenal dengan istilah areola diketahui terdiri dari saraf yang cukup sensitif dan dapat mendatangkan kesenangan seksual.

Jadi, saat kamu berhubungan seksual atau intim dengan pasangan (halalmu tentunya) jangan heran gairahmu bakal cepat naik. Terutama saat pasangan menggigit atau menjilat bagian sekitar puting tersebut.

Putting Pria Mempunyai Resiko Penyakit Yang Sama Dengan Wanita

Ketika wanita menghadapi beberapa masalah kesehatan pada payudara mereka, pria juga sebenarnya dalam beberapa kondisi berisiko mengalami penyakit yang berkaitan dengan puting susu mereka. Salah satunya kanker payudara dari putingnya. Gejala penyakit ini termasuk keluarnya cairan dari puting susu, kemerahan di sekitar puting, dan pembengkakan kelenjar getah bening di bawah lengan.

Selain itu masalah galaktorea juga sering terjadi akibat terlalu banyak prolaktin. Sehingga, memungkinkan pria memroduksi ASI. Tapi, itu terjadi karena galaktorea biasanya merupakan efek dari pengobatan atau kondisi medis. Kondisi tersebut dipicu oleh penurunan testosteron dan hormon lainnya yang tiba-tiba. Nutrisi yang buruk, fungsi tiroid yang rendah, dan gangguan kelenjar hipofisis juga dapat menyebabkan galaktorea. Namun yang mengejutkan, stimulasi puting yang dilakukan secara sering juga dapat memicu laktasi pada pria. \

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 20, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menghitung usia kehamilan

  • Oleh : Irfan L
  • 1 minggu, 5 hari yang lalu

    Selamat malam dok. Istri saya haid terakhir tgl 2 januari. Kami berhubungan tgl 3 februari. Dalam rentang waktu itu istri saya blum haid. Dia skrng tengah hamil brp usia kehamilanya dok.?
    Usia janinya brp dok.? Terima kasih

  • Oleh : Irfan L
  • Siklus Haid Tidak Teratur

  • Oleh : Cherma
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi dok. Dulu sebelum menikah siklus hed saya lancar dan tepat waktu, namun setelah menikah siklusnya tidak teratur dan bahkan sering kali telat datang bulan. Ketika hal ini terjadi, biasanya di sertai dengan kram dibagian bawah perut dan juga sakit. Yang saya mau tanyakan, apakah ini ada hubungannya dengan sering melakukan hubungan seks? dan apakah ini berbahaya atau bahkan merupakan hal yang wajar dirasakan? Terimakasih, ditunggu jawabannya dok 🙂

    jampersal

  • Oleh : Adel1418ia
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk melahirkan di bidan dan syarat yang diperlukan apa saja untuk tahun 2017?

    Benjolan di bibir vagina sebelah kiri

  • Oleh : Desak Nati
  • 3 bulan, 1 minggu yang lalu

    Dok saya mau nanya jika ada benjolan dibibir vagina sebelah kiri itu kenapa ya? Gimana cara mengobatinya?

  • Oleh : Desak Nati
  • Tentang KB

  • Oleh : rika meirina
  • 11 bulan, 1 minggu yang lalu

    hallo bu dok saya mau nanya
    kemaren saya suntik kb 1 bulan umur saya 21 tahun apakah itu aman?
    dan di bulan selanjutnya saya tidak lagi suntik apakah saya masih bisa hamil? karna saya sudah menikah 1 tahun lebih tapi tidak ada tanda2 kehamilan , apakah saya harus mancing kehamilan dengan pil kb? Terimakasih bu dok🙏🏻

    Tanya Bidan