×

Tips Belanja Anti Kalap Menjelang Lebaran

Bagikan Artikel :

Tips Belanja Anti Kalap Menjelang Lebaran

Bunda, tidak terasa lebaran tinggal beberapa hari lagi. Biasanya para Bunda pergi ke mall untuk berbelanja. Nah banyak sekali wanita terutama para Bunda yang ga bisa nge-rem untuk berbelanja ini dan itu agar bisa terlihat berbeda di hari lebaran. Hingga akhirnya pengeluaran tak terkendalikan. Ini cukup membahakan lho Bun. Nah oleh karena itu sekarang Bidan Citra akan kasih tips buat para Bunda agar tidak kalap saat berbelanja untuk menjelang lebaran.

Tips Anti Kalap

  1. Pergilah belanja sendiri
    Pergi belanja sendirian ternyata dipercaya dapat mengurangi pengeluaran kita lho. Jika biasanya shopping bareng teman kamu jadi lebih mudah tergoda dengan barang-barang yang juga dibelinya, saat sendiri kamu akan lebih fokus pada apa yang memang ingin kamu beli saja. Makanya lebih hemat dan jadi gak berlebihan.
  2. Gunakan uang tunai
    Berbelanja menggunakan uang tunai akan lebih menimbulkan perasaan kehilangan yang cukup tinggi dibanding jika kita menggunakan kartu kredit. Sehingga, kita jadi lebih bisa mengurangi keinginan untuk berbelanja barang-barang yang sebenarnya tidak begitu kita perlukan. Sementara, kalau menggunakan kartu kredit, perilaku konsumtif kita akan lebih susah untuk dikontrol karena kita tidak merasa kehilangan apa-apa.
  3. Bikin list barang yang dibutuhkan sebelum mulai belanja
    Membuat list barang yang kamu ingin beli merupakan trik yang tentu sudah dilakukan banyak orang. Fungsinya adalah agar kamu lebih fokus saat belanja dan gak “kehilangan arah” lalu kemudian membeli hal-hal yang sebenarnya tidak perlu.
  4. Ingatlah untuk belanja sesuai kebutuhan, bukan keinginan
    Berbelanja, terutama untuk kaum hawa, biasanya memang mudah teralihkan fokusnya pada barang lain. Gak jarang, berangkat dengan niat membeli barang A, eh malah beli barang B hanya karena tampilannya yang cantik banget. Makanya, mindset yang kuat untuk hidup hemat sangat diperlukan nih. Salah satunya adalah selalu ingat untuk belanja sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Setiap kali ingin membeli sesuatu, tanyakan dulu pada dirimu, apakah barang ini masuk dalam kategori kebutuhan, atau hanya keinginan sesaat?
  5. Bawa uang pas sesuai list yang dibuat sebelumnya
    Membuat list saja seringkali gak akan cukup untuk menekan pengeluaran yang tidak perlu. Trik lainnya yang perlu ditiru adalah membawa uang sesuai dengan total list barang yang ingin dibeli tersebut saja. Jadi, gak ada deh tuh namanya belanja barang gak penting.
    Ingat nih guys, tips dan trik tadi cuma akan berhasil jika kamu memiliki tekad yang kuat untuk berhemat. Jika memang kamunya masih suka boros dan gak ada niat untuk berubah, tips seperti apapun gak akan mempan deh jadinya. Yuk biasakan hidup hemat dan gak berlebihan mulai sekarang ya.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 25, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Makanan pengganti ibu hamil

  • Oleh : Ramadhan
  • 6 tahun yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saat ini saya sedang hamil 4 bulan dan saya memang termasuk orang yang tidak suka makan sayur bahkan bisa di katakan sebelum hamilpun saya tidak pernah makan sayur. Nah berhubung sekarang saya lagi hamil saya agak khawatir nih takutnya nutrisi saya dan janin tidak tercukupi karena tidak mengkonsumsi sayuran. Apakah ada makanan pengganti sayur untuk ibu hamil yang tidak suka makan sayur?

    Jarak hamil terlalu dekat. Melahirkan pertama sesar

  • Oleh : Silvia Agustin
  • 11 bulan yang lalu

    Mau tanya anak saya masih usia 3 bulan jalan ke 4 bulan. Ini saya sdah hamil lagi. Lahiran anak pertama saya sesar.bayaha tidak ya buk? Trus Kapan waktu memeriksa kehamilan?

  • Oleh : Silvia Agustin
  • Wasir (Ambeyen)

  • Oleh : Intan Cahyaning Palupi
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan.. Maaf mengganggu waktunya. Bu, saya ingin bertanya.. Ini kehamilan pertama saya dan dari sebelum menikah saya sudah ada ambeyen eksternal yg nggak bisa masuk lagi. Posisi ambeyen ini dibagian atas dekat dengan perineum, tapi selama ini belum pernah sampai berdarah, hanya bengkak saja setelah bab tp akan kembali k ukuran semula dalam beberapa jam. Usia kehamilan saya sekarang 31minggu bu. Apa saya tetap bisa melahirkan secara normal yaa bu?
    Terima kasih sebelumnya bu

  • Oleh : Intan Cahyaning Palupi
  • Infertilitas sekunder

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    Keputihan

  • Oleh : Hilya Elzima
  • 1 tahun yang lalu

    Hari ke 8 haid lendir servix saya meningkat hingga hari ke 10 kadang lebih.
    Keputihan banyak, berwarna bening namun bersererat putih susu (banyak sekali) tidak gatal juga tidak bau, namun disertai bercak darah segar namun sedikit..

  • Oleh : Hilya Elzima
  • Tanya Bidan