×

Tips Kencan Untuk Single Parent

Bagikan Artikel :

Tips Kencan Untuk Single Parent

Rasa trauma dari pernikahan yang gagal memang sulit sekali untuk dihilangkan. Tiap kali mengingatnya terasa sangat menyakitnkan. Apalagi jika sudah memiliki buah hati. Banyak sekali tantangan yang harus ditaklukan untuk menjalani kehidupan yang lebih baik sebagai orang tua tunggal, tak terkecuali dalam mencari pasangan hidup lagi.Tentu saja untuk memulai hubungan baru, kondisi Moms dan Dads tidak lagi sama dengan saat masih single atau pada saat masih remaja. Ada anak yang harus menjadi bahan pertimbangan.

Menurut psikolog Mitchell Milch, LCSW, dari American Psychological Association, berkencan harus dimulai secara kasual dan tidak tergesa. Pasalnya, butuh proses untuk benar-benar mengetahui apakah ia cocok dengan anda dan lebih lanjut lagi tentunya anak anda. Namun, faktanya membatasi diri untuk bisa kasual memang sulit, apalagi bagi seorang single parent yang sudah lama tidak berkencan. Karenanya, kadang hal itu bisa membuat frustasi dan malah membuat anda menjauh dari kencan. Tentunya setelah kegagalan yang pertama, anda harus membuka diri jika memang berniat mencari pasangan lagi.

  1. Jangan Terburu-Buru pada Keintiman Seksual
    Aturan pertama tips kencan single parent adalah jangan buru-buru melakukan hubungan seksual. Sebab, urusan seks bakal merepotkan jika tidak ditangani dengan baik.
    Memang hasrat seksual sangat manusiawi, namun Pikiewicz menyarankan agar menjauhinya selagi bisa.
    Sebab, seks bisa membuat orang yang baru berkencan menjadi kesulitan mengidentifikasi ekspresi cinta.
    Jika sudah terlanjur, akan sulit untuk kembali netral lagi dan berpikir secara jernih dengan kondisi masing-masing.
  2. Jangan Terbius dengan Kesan Baik
    Tips kencan single parent yang kedua adalah, Anda harus lebih kritis terhadap sikap-sikap maupun perkataan pasangan. Ingat, semua orang ingin terkesan baik di hadapan pasangan kencannya.
    Jadi, jangan mudah terlena apalagi berekspektasi tinggi. Anda harus lebih realistis dan sebaiknya bertanya langsung, observasi respon pasangan, dan terus merefleksi diri juga hubungan anda apakah interaksi yang anda berdua jalankan sudah sesuai.
  3. Sebisa Mungkin, Jangan Sampai Anak Melihat
    Ingat, Anda sedang berkencan secara kasual karena harus pelan-pelan menjalani proses dengan teman kencan. Dalam proses tersebut, anak tidak perlu tahu karena bisa jadi menimbulkan kecemasan jika tahu orangtuanya akan menikah lagi (padahal belum tentu).
    Jalani dulu proses hingga anda tahu kelebihan teman kencan anda jika nanti dia benar-benar menjadi ibu atau ayah tiri anak anda.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 26, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Cara menunda kehamilan

  • Oleh : Sumarni
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Assalamu allaikum…bu bidan.sy mau tanya.sya sdah 8 blan hbis mlahirkan.tpi suami dan ibu mertua sya kurang stuju dngan KB.tpi sya ragu tkut hamil lgi.agar sya tdak hmil lgi,bgaimana caranya dok?terimakasi

    Ingin hamil lagi

  • Oleh : Erna Manurung
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Gini buk bidan, saya habis melahirkan sekitar bulan 12 kemarin, tapi anak saya meninggal begitu lahir, dan saya belum mendapat haid sampai saat ini, tapi saya sudah berhubungan sama suami saya sekitar 2 minggu yang lalu dan rutin karna memang kami tidak menunda untuk kehamilan selanjut nya tapi sekarang saya merasakan sakit perut dibagian bawah, saya bingung ini gejala tanda kehamilan atau mau PMS y buk bidan,? Soal ny sudah saya tespek hasil nya negatif tapi sakit perut nya sudah berlangsung beberapa hari ini dan tidak ada keluar darah yang ada keluar keputihan terus menerus dan bagaimana cara agar bisa cepat hamil lagi sebelum datang haid setelah melahirkan?

    Sakit perut saat hamil berbahaya kah?

  • Oleh : Tika
  • 6 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya akhir-akhir ini saya sering mengalami sakit perut oh ya saya sedang hamil 7 bulan apakah hal ini normal atau berbahaya. Mohon jawabannya

    Punya saudara kandung ABK

  • Oleh : Samsul Arifin
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Apakah jika memiliki saudara kandung ABK dapat berpeluang memiliki keturunan ABK juga ? Berapa presentase nya dan apa bisa di di hilangkan gen tsb?

  • Oleh : Samsul Arifin
  • Menghitung usia kehamilan

  • Oleh : Irfan L
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat malam dok. Istri saya haid terakhir tgl 2 januari. Kami berhubungan tgl 3 februari. Dalam rentang waktu itu istri saya blum haid. Dia skrng tengah hamil brp usia kehamilanya dok.?
    Usia janinya brp dok.? Terima kasih

  • Oleh : Irfan L
  • Tanya Bidan