×

Bunda, Jangan Sesekali Memanaskan Sayur Bayam Dan Kangkung Ya!

Bagikan Artikel :

Bunda, Jangan Sesekali Memanaskan Sayur Bayam Dan Kangkung Ya!

Sayur-sayuran memiliki kandungan gizi yang bagus untuk tubuh. Makan sayur juga akan terasa nikmat apabila dimakan ketika hangat. Sehingga sering kali Bunda memanaskan sayur ketika sudah dingin. Padahal apabila sayur dipanaskan nutrisinya akan berkurang atau hilang. Selain itu ada juga sayur yang berbahaya apabila di panaskan salah satunya bayam dan kangkung.

Apabila Kangkung Dan Bayam Dipanaskan

Menurut beberapa ahli makanan, sayuran-sayuran ini akan melepaskan nitrat yang menyebabkan sayuran jadi beracun. Bahkan melepaskan senyawa karsinogenik yang memicu kanker. Jadi lebih baik langsung dimakan atau tidak dihangatkan jika sudah dingin.

Bayam Dan Kangkung Juga Jangan Dikonsumsi Lebih Dari 12 Jam

Bayam dan kangkung segar memang memiliki sejuta manfaat bagi tubuh, bahkan bisa dikonsumsi segala umur. Namun, sebaiknya tidak lagi dikonsumsi setelah melewati 12 jam penyajian. Karena di dalam bayam terdpat kandungan nitrat tinggi, sesuai kandungan tanah tempatnya tumbuh.
Apabila lebih dari 12 jam, nitrat ini berubah menjadi asam nitrat (semacam racun penyebab luka bakar) dan nitrosamin yang bisa menyebabkan kanker. Belum lagi zat besi di dalamnya akan terurai dan darah akan berhenti menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.

Jangan Memilih Bayam Dan Kangkung Dengan Tekstur Buruk

Pilih sayur bayam dan kangung yang masih segar. Hindari yang teksturnya buruk. Daun yang sudah berlubang atau berubah warna sebaiknya tak diolah ya Bun. Khusus untuk kangkung sebaiknya batang kangkung di belah dua sebelum di masak untuk menghindari kasus Fasciolopsiasis.

Penyakit ini adalah kondisi yang disebabkan oleh kuman Fasciolopsis buski, parasit pada larva yang berasal dari kotoran manusia atau babi yang terinfeksi. Kuman yang masuk ke dalam tubuh segera menempel pada dinding usus dan menyebabkan gangguan pencernaan, reaksi alergi, dan sakit perut hebat.

Karenanya, sebelum dikonsumsi, pastikan kangkung dibersihkan secara benar. Selain itu, sayuran ini sebaiknya dimasak hingga betul-betul matang.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 22, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    cara menjaga kesehatan anak balita

  • Oleh : Chika ELlo
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bu bidan, selamat siang…
    Nama saya Milla Natalia, saya seorang ibu rumah tangga dan baru memiliki 1 anak laki-laki usianya mau menginjak 3 tahun. Nah bu bidan, anak saya ini hiperaktif dan bisa di bilang cepat pertumbuhannya. Tapi dengan cuaca seperti ini yang kadang terang dan tiba-tiba hujan bagaimana cara kami sebagai orang tua untuk menjaga kesehatan anak kami agar tidak mudah terserang penyakit bu bidan? karena kami takut salah apa saja yang harus dilakukan di usia yang mau menginjak 3 tahun ini. Terimakasih bu bidan, ditunggu solusinya.
    Wassalamm…

  • Oleh : Chika ELlo
  • Benjola di vagina

  • Oleh : Rona dwi Arifaa
  • 8 bulan, 2 minggu yang lalu

    Dok saya mau nanya saya ada benjolan didekat bibir vagina saya,rasanya nyeri saat jalan dan saat duduk. Sudah 6 hari saya belom meriksaa dan benjolan semakin membesar. Bagaimana cara mengatasinya dan apa nama penyakit dan penyebabnya. Tolong dijawab

    Cara menunda kehamilan

  • Oleh : Sumarni
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Assalamu allaikum…bu bidan.sy mau tanya.sya sdah 8 blan hbis mlahirkan.tpi suami dan ibu mertua sya kurang stuju dngan KB.tpi sya ragu tkut hamil lgi.agar sya tdak hmil lgi,bgaimana caranya dok?terimakasi

    Makan dan minum saat proses bersalin, bolehkah?

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • 4 tahun yang lalu

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • Vagina

  • Oleh : opit nobita
  • 5 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya, belakangan ini saya sering sekali mengalami seperti keputihan.. Dari vagina saya itu keluar cairan encer putih seperti susu.. Maaf dok saya penasaran kira* itu apa ya? Saya sudah menikah sekitar 9bulanan dan skrg sedang menjalani promil sendiri

    Terima kasih dok

    Tanya Bidan