×

Bunda, Jangan Sesekali Memanaskan Sayur Bayam Dan Kangkung Ya!

Bagikan Artikel :

Bunda, Jangan Sesekali Memanaskan Sayur Bayam Dan Kangkung Ya!

Sayur-sayuran memiliki kandungan gizi yang bagus untuk tubuh. Makan sayur juga akan terasa nikmat apabila dimakan ketika hangat. Sehingga sering kali Bunda memanaskan sayur ketika sudah dingin. Padahal apabila sayur dipanaskan nutrisinya akan berkurang atau hilang. Selain itu ada juga sayur yang berbahaya apabila di panaskan salah satunya bayam dan kangkung.

Apabila Kangkung Dan Bayam Dipanaskan

Menurut beberapa ahli makanan, sayuran-sayuran ini akan melepaskan nitrat yang menyebabkan sayuran jadi beracun. Bahkan melepaskan senyawa karsinogenik yang memicu kanker. Jadi lebih baik langsung dimakan atau tidak dihangatkan jika sudah dingin.

Bayam Dan Kangkung Juga Jangan Dikonsumsi Lebih Dari 12 Jam

Bayam dan kangkung segar memang memiliki sejuta manfaat bagi tubuh, bahkan bisa dikonsumsi segala umur. Namun, sebaiknya tidak lagi dikonsumsi setelah melewati 12 jam penyajian. Karena di dalam bayam terdpat kandungan nitrat tinggi, sesuai kandungan tanah tempatnya tumbuh.
Apabila lebih dari 12 jam, nitrat ini berubah menjadi asam nitrat (semacam racun penyebab luka bakar) dan nitrosamin yang bisa menyebabkan kanker. Belum lagi zat besi di dalamnya akan terurai dan darah akan berhenti menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.

Jangan Memilih Bayam Dan Kangkung Dengan Tekstur Buruk

Pilih sayur bayam dan kangung yang masih segar. Hindari yang teksturnya buruk. Daun yang sudah berlubang atau berubah warna sebaiknya tak diolah ya Bun. Khusus untuk kangkung sebaiknya batang kangkung di belah dua sebelum di masak untuk menghindari kasus Fasciolopsiasis.

Penyakit ini adalah kondisi yang disebabkan oleh kuman Fasciolopsis buski, parasit pada larva yang berasal dari kotoran manusia atau babi yang terinfeksi. Kuman yang masuk ke dalam tubuh segera menempel pada dinding usus dan menyebabkan gangguan pencernaan, reaksi alergi, dan sakit perut hebat.

Karenanya, sebelum dikonsumsi, pastikan kangkung dibersihkan secara benar. Selain itu, sayuran ini sebaiknya dimasak hingga betul-betul matang.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 22, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Diah Kusuma
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum…
    saya mau tanya. hari mens pertama saya tgl 13 maret, dan tgl 15 maret harusnya suntik kb 1 bulan. tapi sampai sekarang saya blum kb lagi dan sudah berhubungan. sekarang apa saya hamil ya, dan kapan bisa mulai di testpack nya, trmakasih.

    Benjolan di belakang telinga

  • Oleh : Ridwan Ridwan
  • 2 bulan, 2 minggu yang lalu

    Bidan di belakang telinga saya ada benjolan kurang lebih 2 cm itu nama benjolannya apa??dan ngak ada gejala juga mengenai benjolan ini..tapi teksturnya seperti kenyal??

  • Oleh : Ridwan Ridwan
  • Pemeriksaan kehamilan

  • Oleh : arronbustard86
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Malam bu,bulan kemarin saya melakukan pemeriksaan usg dan diketahui usia kandungan sy sudah 10minggu.hari ini jadwal saya melakukan pemeriksaan lagi di usia kehamilan 14minggu.yg ingin sy tanyakan apakah harus melakukan usg lagi atau tidak?terimakasih

    Kanker ovarium pada wanita remaja

  • Oleh : Rhiyad Suhpriatin
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya mau tanya Apakah kanker ovarium ini bisa menyerang wanita atau remaja berusia 20 tahunan? Sebab beberapa dari gejalanya dialami? Terimkasih.

    Berhubungan sehari setelah menstruasi

  • Oleh : Agus Putra
  • 3 bulan, 2 minggu yang lalu

    Selamat sore buk , saya mau bertanya seputar kehamilan,
    Jadi gini buk,saya mempunyai seorang pacar yang masih perawan,suatu hari saya ingin melakukan hubungan badan dengan pacar saya,kebetulan saya melakukan hubungan badan sehari setelah dia menstruasi(rada – rada masih haid ),jadi pas saya melakukan hubungan badan,saya sebelum sebelumnya itu sering sekali mengeluarkan sperma saya sehari bisa 1 smpek 2 kali,saya keluarin 3 hari berturut turut sebelum melakukan hubungan badan sama pacar saya,pas saat saya berhubungan badan,saya menyentuh vagina pacar saya dan saya merasakan kalau ada cairan yang kluar dari dalam vagina pacar saya,pas saya hirup baunya khas ( lendir ) perempuan,setelah itu saya cuma memasukan kemaluan saya ke vagina pacar saya sampai berbunyi ” krek “,dan itu pun saya cuma memasukannya,setelah itu langsung saya cabut,dan saya mengeluarkan sperma saya di luar vagina pacar saya,
    Pertanyaan saya,apakah dapat mengakibatkan kehamilan ?
    Dan seumpama kalau ada setetes sperma yg msuk kedalan vagina,apa dapat menyebabkan kehamilan pada saat mens/haid?

    Tanya Bidan