×

Kenapa Sebaiknya Baby Talk Dihindari ?

Bagikan Artikel :

Kenapa Sebaiknya Baby Talk Dihindari ?

“Yuk mimi cucu tayang”, “mamam picang duyu cini”. Sebagian orang tua memang suka menggunakan gaya bayi atau baby talk saat berbicara dengan bayi. Sebagian orang mungkin juga menganggap baby talk lebih mudah dipahami bayi.

Related Posts :

    Memang sebelum bayi belajar bicara dengan bahasa asli, mereka mengoceh dan bermain dengan suara dan bahasanya sendiri. Bahasa bayi yang sering dikeluarkan dinamakan baby talk. Nah baby talk ini sering diikutin oleh orang tua saat berkomunikasi dengan bayinya.

    Bolehkah Berkomunikasi Dengan Cara Baby Talk?

    Phychological Science, jurnal terbitan Association for Psichological Science (APS), pernah memuat riset mendalam soal kecenderungan ini. Riset tersebut memang belum menjawab pertanyaan; apakah bicara lebih jelas atau sebaliknya akan memengaruhi kemampuan bayi berbahasa? Meski begitu, kesimpulan riset menunjukkan bahwa baby talk mereduksi bunyi dan tidak meningkatkan kemampuan bayi berbahasa, walau belum tentu memperburuk.

    Oleh sebab itu para alhli merekomendasikan agar orang tua berbicara dengan suara yang jelas setiap kata perkatanya saat mengobrol dengan bayi. Bahkan orang tua juga sebaiknya berbicara dengan gesture bibir dan lidah yang jelas. Hal itu akan membantu si Kecil memahami konsep bunyi dalam bahasa.

    Selain itu, baby talk sebaiknya dihindari untuk mendukung perkembangan berbahasa si Kecil. Dengan begitu anak akan membentuk kebiasaan berbahasa dan berkomunikasi yang baik. Kemampuan berbahasa dan berkomunikasi anak akan terus berevolusi setiap harinya. Jadi, gunakan kata-kata yang sebenarnya sekalipun anak masih belum bisa mengucapkannya secara benar. Tugas kita sebagai orangtua adalah terus mengajarkannya kata dan kalimat yang benar.

    Adakah Dampak Negatif Baby Talk?

    Baby talk secara alami dapat membantu anak beradaptasi dengan bahasa yang digunakan oleh orang dewasa. Namun, saat orang-orang di sekitarnya secara terus-menerus menerapkan baby talk, bahkan saat anak sudah lebih lancar berbicara, kosakata, pendengaran, dan kemampuan merangkai kalimat anak akan sulit berkembang.

    Untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan berbahasa Si Kecil, sebaiknya orangtua berbicara dengan intonasi dan kosakata sewajar mungkin sejak anak lahir. Gunanya untuk membentuk kebiasaan berbahasa dan berkomunikasi dengan baik.

    Cara Berbicara Dengan Bayi

    • Gunakan suara dan intonasi yang jelas dan lebih tinggi untuk menarik perhatian bayi.
    • Ubahlah mimik wajah sesekali dan tersenyumlah saat berbicara dengannya.
    • Upayakan berbicara lebih lambat pada bayi agar ia bisa mendengar lebih jelas kata per kata.
    • Rentang perhatian bayi masih pendek, sebaiknya gunakan kosa kata yang sederhana dan kalimat yang pendek saja.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 15, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    puasa dan berat badan janin

  • Oleh : tickanevianti
  • 4 tahun yang lalu

    selamat siang, saya mau tanya sekarang saya memasuki umur kehamilan 30w berdasar hasil USG terakhir berat badan janin saya 1,04 kg apa berat tersebut kurang? dan jika saya berpuasa ramadhan apa di perbolehkan/ tidak karena faktor berat badan janin tersebut

    Makan dan minum saat proses bersalin, bolehkah?

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • Asi dan kb suntik 1 bulan

  • Oleh : Albar Pharadita
  • 1 tahun yang lalu

    Assalamualaikum. Ibu bidan saya albar. Saya baru melahirkan tgl 17 feb 2020 melalui proses sc. Saya tgl 9 april pergi ke bidan untuk imunisasi dan konsultasi kb. Anak saya minum asi full dari awal akhir. Tgl 9 saya minta untuk kb yg tidak menyurutkan asi. Tetapi bidan tsb memberikan kb suntik 1 bulan. Sudah 2-3mggu ini asi saya surut, apa yang harus saya lakukan? Sampai kapan efek kb ini hilang

    Kehamilan

  • Oleh : adrienne1132
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok mw tya. Ni sy hamil anak prtma. Apkh normal usia 4bln anak sya sunsang ya dok. Blm bisa dlihat jnis klamin ny?

    Apakah Perlu Bayi di Bedong ?

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bu bidan,
    Saya sedang hamil anak pertama, saya mau tanya dong bu bidan saya apakah bayi baru lahir itu wajib di bedong atau tidak ? ada apa saja manfaat dan bahayanya ? terus batasan untuk membedong bayi kira-kira sampai umur berapa ?
    terima kasih ditunggu balasannya bu bidan

    Tanya Bidan