×

Kenapa Sih Anakku Nanya Terus?

Bagikan Artikel :

Kenapa Sih Anakku Nanya Terus?

Ayah dan Bunda jangan marahi si Kecil ya saat dia sering bertanya. Apalagi sampai bilang “cerewet yah kamu!” atau “gak usah banyak Tanya deh, bikin ayah pusing”. Perlu diingat ya parents bahwa anak, usia 2 hingga 4 tahun adalah masa pembentukan kemampuan kognitif untuk memahami mengapa suatu hal dapat terjadi dan membuat koneksi logis antara satu hal dengan hal lainnya. Maka sangat penting bagi Anda untuk memberikan jawaban yang masuk akal.

Pertanyaan diajukan anak bukan untuk mengganggu Anda, melainkan sebuah tanda kehausannya akan pengetahuan. Segera obati pusing tujuh keliling Anda karena mengajukan pertanyaan adalah bagian penting dari perkembangan mental anak.

Related Posts :

    Alasan Anak Sering Bertanya

    1. Menunjukkan minat
      Ragam pertanyaan si Kecil menunjukkan minat pada peristiwa atau pemandangan sekitarnya. Missal pertanyaan seperti “ada berapa banyak mobil yang sedang parker itu?”itu artinya ia minat di bidang logika atau matematika.
    2. Belum paham
      Keingintahuan yang belum terpenuhi akan membuat si Kecil terus bertanya sampai mendapat titik terang. Kalau ayah atau bunda sudah pernah menjawab tapi ia tetap bertanya yang sama, bisa jadi ia belum memahim penjelasan yang diberikan.
    3. Cari perhatian
      Selian belum paham bisa jadi anak lagi cari perhatian lho! Segera cari penyebabnya. Mungkin ia merasa diabaikan karena ayah bunda tak menemaninya bermain, terlalu sibuk dengna pekerjaan dan sejenisnya. Lakukan kontak mata saat berkomunikasinya.

    Jangan Bosan Dengan Pertanyaan Anak

    Dengan bertanya yang berulang anak bisa membangun daya ingat. Apalagi, buat anak mereka kadang butuh waktu sedikit lebih banyak untuk mencerna informasi baru.

    seslain itu saat ayah dan bunda menjawab terus pertanyaan yang sama, anak akan menemukan kenyamanan. Anak yang terus mengulang pertanyaan itu juga meminta dukungan emosional dari kita untuk diperhatikan. Lalu Hoffman menyarankan agar kita sebagai orang tua untuk meluangkan waktu menjawab pertanyaan dari anak.

    Jika mereka meminta alasan, kita harus memberikan alasan yang jelas. Tentunya, jangan pernah bosan kalau bolak-balik ditanya oleh anak. Sementara, kata dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi SpA MARS atau biasa dipanggil dr Tiwi, anak umur 1 tahun umumnya sudah bisa paham 70 kosakata. Untuk anak umur 2 tahun, dia bisa paham 1 kata dalam waktu 2 jam.

    Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris tahun 2013 lalu, seorang anak mampu mengajukan hingga 300 pertanyaan setiap hari, dan terungkap juga bahwa anak perempuan 4 tahun lebih banyak bertanya dibandingkan anak laki-laki.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 2, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Khitan

  • Oleh : yongstephensen3
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Pantangan makanan setelah sunat

    diare pada bayi 2 bulan

  • Oleh : Luluk mukarromah
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    halo bu . saya mau tanya cara mengatasi diare pada bayi yang baru 2 bulan itu bgaimana.

    terima kasih

    Kehamilan

  • Oleh : Atik Tika
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Assalamualaikum, maaf bu dokter saya mewakili teman saya mau bertanya, teman saya kan sudah tidak heid dari semenjak bulan mei 2019 setelah bulan juni akhir ternyata belum haid juga katanya, lalau pas tanggal 25 juni akhir teman saya melakukan test pack dan hasilnya negatif, tapi pas masuk bulan juli awal juga belum haid dan pas tanggal 9 juli di cek lagi hasilnya fositif, di tes lagi tanggal 12 juli juga masih fositif, dan di coba di tes lagi tanggal 23 juli juga masih fositif, tapi yg membuat anehnya kata teman saya dia sama sekalai tidak merasakan mual muntah atau tanda tanda hamil seperti biasanya yaitu perut buncit, sering pipis dll.hanya yg dirasakan yaitu tidak haid seperti biasanya saja. Yg mau di tanyakan jd sebenarnya teman saya itu sedang hamil atau tidak bu dokter, dan solusi nya apa untuk memastikan teman saya hamil atau tidak itu soalnya teman saya tidak mau di cek langsung ke dokter atau bidan dia orangnya penakut dokter. Terima kasih sekian pertanyaan saya mohon di jawab ya bu dokter.

    Haid tidak teratur

  • Oleh : Fitriani Ani
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Assalamualaikum ,,nama saya fitriani usia 24 thn suami 25 thn ,saya menikah sudah 11 bulan tapi blm juga hamil ,semenjak saya nukah haid saya tidak teratur sampe 3 bln sekali haid nya ,,saya pingin sekali punya momongan kmrin saya cek ke dokter kandungan hasil nya rahim saya kecil 😢 apa saya bisa hamil bu bidan mohon untuk penjelasan nya
    Trimakasih
    Wassalamualikum

    Ruam pada kulit bayi

  • Oleh : Iphunk Charger
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi ruam merah pada kulit bayi usia 4 bulan ? apakah bisa dengan bedak tertentu atau diberikan bahan-bahan agar terlihat aman ? mohon jawabannya. Terimakasih

  • Oleh : Iphunk Charger
  • Tanya Bidan