×

Kenapa Sih Anakku Nanya Terus?

Bagikan Artikel :

Kenapa Sih Anakku Nanya Terus?

Ayah dan Bunda jangan marahi si Kecil ya saat dia sering bertanya. Apalagi sampai bilang “cerewet yah kamu!” atau “gak usah banyak Tanya deh, bikin ayah pusing”. Perlu diingat ya parents bahwa anak, usia 2 hingga 4 tahun adalah masa pembentukan kemampuan kognitif untuk memahami mengapa suatu hal dapat terjadi dan membuat koneksi logis antara satu hal dengan hal lainnya. Maka sangat penting bagi Anda untuk memberikan jawaban yang masuk akal.

Pertanyaan diajukan anak bukan untuk mengganggu Anda, melainkan sebuah tanda kehausannya akan pengetahuan. Segera obati pusing tujuh keliling Anda karena mengajukan pertanyaan adalah bagian penting dari perkembangan mental anak.

Alasan Anak Sering Bertanya

  1. Menunjukkan minat
    Ragam pertanyaan si Kecil menunjukkan minat pada peristiwa atau pemandangan sekitarnya. Missal pertanyaan seperti “ada berapa banyak mobil yang sedang parker itu?”itu artinya ia minat di bidang logika atau matematika.
  2. Belum paham
    Keingintahuan yang belum terpenuhi akan membuat si Kecil terus bertanya sampai mendapat titik terang. Kalau ayah atau bunda sudah pernah menjawab tapi ia tetap bertanya yang sama, bisa jadi ia belum memahim penjelasan yang diberikan.
  3. Cari perhatian
    Selian belum paham bisa jadi anak lagi cari perhatian lho! Segera cari penyebabnya. Mungkin ia merasa diabaikan karena ayah bunda tak menemaninya bermain, terlalu sibuk dengna pekerjaan dan sejenisnya. Lakukan kontak mata saat berkomunikasinya.

Jangan Bosan Dengan Pertanyaan Anak

Dengan bertanya yang berulang anak bisa membangun daya ingat. Apalagi, buat anak mereka kadang butuh waktu sedikit lebih banyak untuk mencerna informasi baru.

seslain itu saat ayah dan bunda menjawab terus pertanyaan yang sama, anak akan menemukan kenyamanan. Anak yang terus mengulang pertanyaan itu juga meminta dukungan emosional dari kita untuk diperhatikan. Lalu Hoffman menyarankan agar kita sebagai orang tua untuk meluangkan waktu menjawab pertanyaan dari anak.

Related Posts :

    Jika mereka meminta alasan, kita harus memberikan alasan yang jelas. Tentunya, jangan pernah bosan kalau bolak-balik ditanya oleh anak. Sementara, kata dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi SpA MARS atau biasa dipanggil dr Tiwi, anak umur 1 tahun umumnya sudah bisa paham 70 kosakata. Untuk anak umur 2 tahun, dia bisa paham 1 kata dalam waktu 2 jam.

    Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris tahun 2013 lalu, seorang anak mampu mengajukan hingga 300 pertanyaan setiap hari, dan terungkap juga bahwa anak perempuan 4 tahun lebih banyak bertanya dibandingkan anak laki-laki.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 2, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Makan semangka

  • Oleh : Ummu khalid
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Pada ibu hamil dengan mengkonsumsi semangka baik ndag dokter.

    Kesulitan hamil saat sdah kb

  • Oleh : Ulfha Arham
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok sya ingin bertnya

    Vitamin Kehamilan

  • Oleh : ruqiah qiah
  • 7 bulan, 2 minggu yang lalu

    selamat siang ibu bidan..
    sy mau bertanya tentang produk garden life Vitamin code Raw Prenatal apakah komposisinya aman dan halal..trimakasih

  • Oleh : ruqiah qiah
  • Frekuensi BAB Pada Bayi

  • Oleh : juwita
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Siang Bu Bidan, saya mau tanya, pada bayi usia 7 bulan berapa kali frekuensi BAB yang normal ?

    Payudara

  • Oleh : wiwid widia
  • 8 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualaikum dok. usia saya 26 thn. saya belum menikah. saya memiliki payudara yg rata. saya mau bertanya, apa berarti saya mengalami hipolasia payudara?apakah berbahaya? apa bisa menghasilkan asi? apa harus dikonsultasikan ke bidan? dan brp bnyak wanita yg mengalami hipolasia seperti saya? karena jujur saya merasa takut, malu dan minder. Terimakasih sebelumnya. Saya harap pertanyaan saya bisa langsung dijawab.

  • Oleh : wiwid widia
  • Tanya Bidan