×

Memencet Jerawat Bisa Menyebabkan Kematian

Bagikan Artikel :

Memencet Jerawat Bisa Menyebabkan Kematian

Seorang pria bermarga zhang berusiha 50 tahun asal Zhejiang Tiongkok menemukan sebuah jerawat tumbuh di atas bibirnya. Ia memencet jerawat itu hingga pecah. Siapa sangka setelah setengah jam kemudian, bibir atasnya mulai membengkak dan memerah. Ia juga mulai demam tinggi. Ia piker istirahat sebentar bisa sembhuh. Namun keesokan harinya bengkaknya pun semakin parah, bahkan nadanya terasa sesak, sulit bernafas hingga susah untuk berjalan. Melihat kondisi tersebut, keluarga pun langsung membawa ke rumah sakit. Beruntung nyawanya masih bisa terselamatkan.

Dokter juga mengingatkan, baik bisul maupun jerawat yang tumbuh di sekitar area “segitiga kematian” pada wajah tidak boleh dipencet karena di bagian tersebut penuh dengan pembuluh darah dan saraf yang langsung terhubung ke otak. Infeksi pada folikel rambut atau kelenjar sebaceous di daerah ini dapat menyebar ke seluruh tubuh dengan cepat dan berpotensi mematikan. Bagian ini adalah hidung dan area di sekitarnya, termasuk daerah bibir bagian atas.

Komplikasi Akibat Memencet Jerawat Di Daerah Segitiga Kematian

Meski hal masih jarang terjadi, infeksi ini bisa mengakibatkan sejumlah komplikasi seperti kehilangan penglihatan, kelumpuhan, meningitis dan bahkan berujung pada kematian.

Cara Menangani Jerawat Di Sekitar Segitiga Kematian

Meskipun bukan kejadian umum dan jarang terjadi, namun Anda tetap harus berhati-hati saat mengatasi jerawat yang berada di area segitiga berbahaya wajah. Karena kemungkinan bakteri masuk ke aliran darah tetap ada, terutama saat Anda memencet jerawat dalam kondisi tangan yang tidak steril. Saat jerawat muncul, usahakan untuk tidak tergoda memencetnya, dan cukup oleskan obat jerawat yang sesuai dengan kulit Anda. Baik itu menggunakan benzoyl peroxide dengan kadar tertentu, maupun salicylic acid. Namun Jika jerawat terus meradang atau memiliki ukuran yang cukup besar dan tetap bertahan hingga lebih dari seminggu, jangan ragu untuk segera mengunjungi dermatologist untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Dan terakhir, usahakan untuk menghilangkan kebiasaan yang bisa memicu terjadinya infeksi seperti tidak mencabut bulu hidung (bagi pria), serta memencet jerawat dalam kondisi tangan atau alat yang tidak steril.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 27, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan selama kehamilan berbahayakah

  • Oleh : Vina
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Halo dok.. Sy tuti, skrg sy sdg hamil dg uk 24w. S mengalami keputihan selama kehamilan. Apakah itu wajar? Awalnya keputihan normal berwarna putih sperti lendir, tp masuk trimester 2 kehamilan menjadi sperti bubur berwarna putih.. Sy takut apakah membahyakan janin sy?
    Trims yaa

    Tanggal tepat masa subur

  • Oleh : Novita dwi
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Halow, saya mau tanya masalah masa subur
    Bln desember 2017 haid tgl 15
    Bulan januari 2018 haid tgl 8
    Tgl 21 januari 2018 menikah
    Bulan februari 2018 haid tgl 3
    Bulan maret 2018 haid tgl 1

    Yang saya mau tanyakan tgl brp saya tepat masa subur kalo dilihat siklus haid saya di atas..?
    Saya coba pakai alat ovutest tgl 13 maret 2018 jam 13.00 dan jam 19.00 garisnya 2 merah..
    Apakah itu menandakan saya dalam masa subur ?
    Mohon di jawab terimakasih..

    Menjaga Kesehatan Sperma

  • Oleh : Alwia
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya adrian usia 27 tahun saya sudah menikah 1,5 tahun namun saat ini belum mempunyai momongan. Yang saya mau tanyakan bagaimana cara menjaga kesehatan sperma agar saya cepat dapet momongan. Ditunggu jawabannya trims

    Mata Putih Bagian Tengah

  • Oleh : emilia
  • 8 bulan yang lalu

    Dok saya may tanya, kan saya punya ade yang masih berusia 2 bulan. Awalnya adik saya lahir dengan normal dan juga mata yang normal. Tapi setelah usia adik saya menginjak 1 bulan, tiba tiba saya perhatikan ada warna putih pada bagian mata bagian tengah yang biasanya hitam, itu kira kira kenapa ya dok? jenis penyakit apa kira kira?

    Anak terkena mimisan, panas dan mata merah

  • Oleh : Della Aprita
  • 7 bulan, 3 minggu yang lalu

    Pagi dok. Saya seorang ibu yang memiliki anak berusia 7 bulan. Saat ini anak saya sering kali mengeluarkan darah dari bagian hidungnya yang disertai dengan panas dan juga mata merah. Terusterang saya sebagai orang tua merasakan khawatir dengan keadaan anak saya yang masih balita ini. Kalau boleh tau ini itu jenis gejala penyakit apa ya dok? Tolong berikan penjelasannya, terimakasih.

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan