×

Mulai Sekarang Biasakan Sarapan Buah Ya! Ini Lho Manfaatnya

Bagikan Artikel :

Mulai Sekarang Biasakan Sarapan Buah Ya! Ini Lho Manfaatnya

Banyak orang yang mengira bahwa makan buah di pagi hari tanpa makan nasi itu bisa membuat perut sakit. Padahal yang dianjurkan dalam meds adalah sarapan buah disbanding makanan yang lain. Hal ini

Mulai sekarang gantilan menu sarapan Anda yang awalnya makanan berat, ke buah-buahan, karena jika mengonsumsi makanan berat saat sarapan akan menghambat oksidasi lemak sepanjang hari.

Related Posts :

    Manfaat Sarapan Buah Di Pagi Hari

    1. Meningkatkan proses detoksifikasi
      Antara pukul 7 pagi hingga 11 siang, tubuh sedang menjalani fase detoksifikasi terberat. Dengan menyantap buah akan membantu menyumbang energi saat proses ini berjalan. Hindari menyantap makanan anti-detoks seperti makanan berlemak agar proses pembuangan racun bisa berjalan lancar.
    2. Makanan pertama yang baik
      Buah adalah makanan paling baik disantap saat perut dalam keadaan kosong. Buah memiliki sifat mudah dicerna dan membantu metabolisme. Buah juga mengandung gula alami yang bisa langsung diubah jadi energi.
    3. Merangsang saluran cerna
      Buah mengandung enzim yang bermanfaat, serat dan prebiotik yang membantu menstimulasi cairan pencernaan di lambung. Buah juga mengandung serat yang mendorong sisa kotoran di saluran pencernaan. Buah juga membersihkan usus besar seperti halnya sapu.
    4. Membuat tubuh cepat focus
      Gula alami sangat dibutuhkan tubuh saat bangun tidur. Daripada menyesap kopi, cobalah membuat smoothie pengganti kopi yang akan membantu otak tetap tajam dan berenergi.
    5. Menurunkan berat badan
      Buah mengandung nutrisi yang membantu melepaskan racun berlebih dengan mendorong keluar dalam bentuk kotoran. Makan banyak buah di pagi hari akan melancarkan sistem pencernaan yang akhirnya membantu turunnya berat badan. Orang yang mengonsumsi makanan berat di pagi hari juga cenderung makan lebih berat di siang hari, ini memberikan berkontribusi terhadap kenaikan berat badan yang tak terelakkan.
    6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
      Smoothie sebagai menu sarapan jauh lebih baik dibandingkan dengan bacon dan telur. Buah sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda dan kesehatan secara keseluruhan. Pasalnya buah tinggi vitamin C dan antioksidan yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menangkal bakteri dan mikroba jahat.
    7. Buat tidak bersifat asam
      Hal pertama yang orang pikirkan ketika mereka makan buah adalah rasanya yang terlalu asam, ini sebenarnya tidak benar. Lemon sebenarnya adalah salah satu buah paling alkali. Lemon memang memiliki rasa asam namun sifatnya alkali. Saat lemon tiba di perut, mineral seperti kalium dan natrium akan berubah menjadi basa dan ini baik untuk tubuh.
    8. Buah membuat kenyang
      Anda mungkin berpikir buah tidak akan membuat Anda kenyang, anggapan ini salah! Buah mengandung banyak serat, ditambah vitamin dan mineral serta fitonutrien yang memberi tahu otak bahwa itu memuaskan dan untuk mematikan sinyal rasa lapar ke perut.
    9. Memperkuat jantung
      Buah mengandung vitamin yang sangat bermanfaat. Kandungan mineral, fitonutrien dan antioksidan berkontribusi untuk menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah. Keduanya berkontribusi pada jantung yang lebih sehat dan kuat serta mencegah penyakit kardiovaskular.
    10. Melancarkan buang air besar
      Dengan makan buah secara teratur, saluran cerna akan lebih sehat. Tidak ada kotoran yang tersumbat dalam saluran cerna. Buah-buahan mengandung banyak air sehingga memiliki fungsi sebagai diuretik alami yang membantu mengeluarkan limbah dalam tubuh.

    Buah-buahan Yang Dianjurkan Dikonsumsi Pagi Hari

    1. Pisang
      Buah yang umumnya memiliki rasa manis ini sangat cocok dikonsumsi di pagi hari.
      Selain memiliki kandungan karbohidrat, juga terdapat kandungan kalium yang sangat dibutuhkan tubuh di pagi hari.
      Kalium yang terdapat pada pisang juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan sangat cocok bagi penderita diabetes.
    2. Blue Berry
      Buah Blue Berry sangat kaya akan kandungan antioksidannya hingga sangat baik dikonsumsi oleh tubuh terutama di pagi hari untuk menstabilkan stamina.
      Buah Blue Berry berkhasiat menyembuhkan peradangan, menjag akesehatan pembuluh darah dan mencegah kolesterol.
    3. Semangka
      Buah yang banyak mengandung air ini banyak mengandung likopen yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung, mata dan mencegah penyakit kanker hingga cocok untuk menjadi alternatif makanan di waktu pagi.
    4. Jeruk
      Semua orang pasti sudah tahu dengan buah yang satu ini. Buah yang banyak mengandung vitamin C dan antioksidan yang sangat tinggi ini sangat baik dikonsumsi di waktu pagi untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap stabil dan terjaga.
    5. Apel
      Tak kalah dengan buah-buahan lainnya seperti yang disebutkan diatas, kandungan yang terdapat pada buah Apel juga mampu menstabilkan kesehatan tubuh.
    6. Strawberry
      Sama seperti Blue Berry, Strawberry juga mampu menjaga kesehatan tubuh hingga sangat baik dikonsumsi pagi hari.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 7, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Lutut sakit

  • Oleh : maya
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Dok saya mau bertanya, kok akhir akhir ini kenapa ya kaki saya ini seperti ada yang mengganjal di bagian belakang lutut, susah banget di lurusinnya, kaku dan bahkan kaya ada urat ya ikut dok. Kalau saya naik atau turun tangga, itu harus pelan banget, karena kalau misalkan berjalnnya cepat kaki itu terasa tersengkak dok, itu kira kira masalah kesehatan apa ya dok? Mohon penjelasannya dok :), Terimakasih

    Keluarnya bercak darah

  • Oleh : ade
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Memasuki usia kehamilan bulan ketiga, keluar bercak darah dan saya langsung periksa sama bidan dan diberi obat. Ketika obatnya udah habis bercak darah kembali keluar. Apakah pertanda bayi tidak berkembang ?

    Merasa tidak nyaman di MissV

  • Oleh : azizah Rahmani putri
  • 9 bulan yang lalu

    Assallamualaikum bu bidan,
    Saya umur 19 tahun dan belum sama sekali melakukan hubungan seksual. sudah 2 minggu an saya merasakan tidak nyaman di lubang vagina saya, seperti ada yang mengganjal atau merasa ada gelembung di dalam lubang vagina,kadang kalo di buat duduk itu terjadi Queefing (tidak berbau). Setelah Queefing tetap saja terasa gelembung di lubang vagina dan sangat tidak nyaman. Kejadian itu terjadi setiap malam,di jam tidur. apakah itu termasuk ke dalam penyakit yg berhubungan dengan kandungan atau semacam nya? Tindakan apa yang harus saya lakukan?

    Keluar darah saat berhubungan

  • Oleh : ayi sri wahyuni ayi sri
  • 3 bulan, 2 minggu yang lalu

    asalamualaikum bu saya mau tanya kenapa saat lagu berhubungan intim ada keluar bercak darah ?? sebab dan akibat nya apa ya bu ??terus rahim saya atau vagina saya sehat atau gimna ya bu ? mohon diberitahu ya bu makasih

  • Oleh : ayi sri wahyuni ayi sri
  • Jaga Produksi

  • Oleh : Miftahul Fikri
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Saya duda yang ingin tanya bagaimana cara jaga kesuburan sperma di masa duda?

    Tanya Bidan