×

Pijat Oksitosin Mampu Meningkatkan Produksi ASI

Bagikan Artikel :

Pijat Oksitosin Mampu Meningkatkan Produksi ASI

Pada ibu menyusui, ada beberapa masalah yang mengalami kegagalan ASI esklusif. Kegagalan ASI ekslusif ini biasanya karena bayi sering menangis atau menolak menyusu yang diartikan bahwa ASInya tidak cukup, sehingga sering menyebabkan sebagian besar ibu menghentikan menyusui. Dari masalah tersebut, tentu ada beberapa alternatif atau tindakan dalam meningkat produksi ASI salah satunya pijat oksitosin, dimana pijat oksitosin ini bertujuan menstimulasi saraf pusat untuk merangsang produksi ASI menjadi lebih banyak. Selain itu pijat oksitosin juga dapat memberikan kenyamanan dan rileksasi setelah persalinan.

Cara Melakukan Pijat Oksitosin

  1. Minta bantuan suami atau keluarga dan bisa juga menggunakan terapis terdekat untuk melakukan pijat oksitosin
  2. Posisikan diri Anda dengan cara telungkup di meja atau telungkup di sandaran kursi (bisa sambil memeluk bantal agar merasa lebih nyaman).
  3. Carilah bagian tulang yang paling menonjol di area tulang belakang leher atau disebut dengan processus spinosus/cervical vertebrae 7.
  4. Mulailah lakukan pijatan dengan gerakan memutar perlahan-lahan ke arah bawah sampai ke batas garis bra. Jika Anda mau terus dipijat sampai pinggang juga boleh. Tapi menurut penelitian, titik untuk merangsang oksitosin hanya sampai batas itu.
  5. Untuk memmbantu pemijatan agar lebih mudah bisa menggunakan lotion, baby oil, minyak jaitun dll.

Waktu Yang Tepat Untuk Dilakukan Pijat Oksitosin

Waktu terbaik dilakukan pijat oksitosin yaitu sebelum menyusui atau memerah ASI. Pijat oksitosin ini cukup dilakukan 3-5 menit saja per sesi.

Related Posts :

    Manfaat Pijat Oksitosin

    Pijatan oksitosin dapat membantu Anda lebih rileks, mengurangi stres, dan membuat Anda lebih nyenyak tidur. Pijat ini juga dapat membantu pemulihan pascaoperasi lebih cepat.
    Untuk menyusui, pijatan ini dapat membantu meningkatkan pengeluaran oksitosin dan prolaktin yang dibutuhkan saat menyusui. Selain itu pijatan ini juga dapat meningkatkan let-down reflex, sebuah refleks yang diperlukan untuk membuat ASI cepat turun.
    Tapi ada beberapa kondisi di mana pijat oksitosin tidak boleh diterapkan pada saat mengalami pembekuan darah pada pembuluh darah, atau mengalami kelainan perdarahan dan memiliki luka terbuka.

    Selain pijat oksitosin Anda juga disarankan untuk mengonsumsi HABBAZZA. Obat ini ampuh untuk mengatasi para ibu yang mengalami masalah terhadap prosduksi ASI. Dengan mengkonsumi HABBAZA pencapaian untuk memberikan ASI ekslusif bisa terpenuhi.

    Pijat Oksitosin Mampu Meningkatkan Produksi ASI
    Untuk konsultasi dan pemesanan bisa langsung klik tombol WhatsApp di bawah ini

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 21, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bayi Usia 1 Bulan Terkena Pilek

  • Oleh : mahdi
  • 7 bulan yang lalu

    Siang dok. Saya Shelly. Anak saya yang berusia 1 bulan terkena pilek tapi tidak panas. Ada batuk sedikit jika sedang menyusui saja. Bagaimana cara menanganinya ? Apa perlu saya periksakan ke dokter ?

    tentang kehamilan

  • Oleh : ridhillah gusni
  • 2 bulan, 1 minggu yang lalu

    buk bidan, saya baru menikah 5 bulan lalu, smpe saat ini masih belum hamil. saya mengalami flek udh sekitar 2 minggu ini, des saya telat mens 10 hari, namun tadi pagi coba tespack hasil nya negative, jadi flek saya itu kenapa ya buk bidan..?

    Obat pencahar untuk ibu hamil

  • Oleh : davegillison
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saat ini saya sedang hamil 4 bulan dan mengalami BAB yang tidak lancar. Apakah aman jika saya mengkonsumsi obat pencahar dan apakah akan ada efeknya bagi janin? trims mohon jawabannya bu bidan

    Bercak darah di vagina

  • Oleh : Shinta Romadona
  • 3 minggu, 4 hari yang lalu

    Pagi bu bidan, saya seorang pelajar berusia 23 tahun saya suka bercak darah, seperti keputihan dan ada darah gitu, biasanya itu terjadi kalo saya mengkonsumsi makanan pedas langsung terjadi, apakah itu bahaya?, dulu 4tahun belakang saya pernah periksa ke dokter kandungan dan di Usg, katanya saya mengalami iritasi rahim karna saya sering memakai pakaian ketat, yang ingin saya tau, itu penyakit apa, dan bagaimana solusi mengobati nya? Terimakasih bu bidan ☺️🙏

    Nyeri Setelah Buang Air Kecil

  • Oleh : Bang Andre
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Di usia saya yang baru menginjak 19 tahun, saya sering kali merasakan perih setelah buang air kecil, padahal saya belum menikah. Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan saya? Dan apa biasanya yang menyebabkan rasa perih itu sering muncul setelah buang air kecil ini?

  • Oleh : Bang Andre
  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan