×

Setiap Pergerakan Janin Ada Artinya Lho Bun!

Bagikan Artikel :

Setiap Pergerakan Janin Ada Artinya Lho Bun!

Seneng banget deh kalau baby dalam perut aktif gerak-gerak. Apalagi kalau lagi duduk atau tiduran, kerasa banget gerak-geraknya. Tapi aneh kalau manggil-manggil ayahnya biar pegang perut malah ga gerak-gerak kaya malu-malu gitu. Iya gak bun?
Nah gerakan janin ini akan mulai terasa oleh bunda sekitar usia 16 atau 17 minggu. Awal mulanya gerakan janin akan terasa seperti kupu-kupu yang hinggap. Geli-geli gimana gitu. Hehe. Oh ya, ternyata bun jenis gerakan janin itu ada artinya lho! Penasaran kan?

Perbedaan Pergerakan Yang Aktif Dan Lemah

Banyaknya gerakan bayi yang lemah di dalam rahim berkaitan dengan banyaknya bayi menangis selama 1 tahun pertama.
Bayi yang aktif bergerak di dalam rahim cenderung tidak mudah frustasi saat berusia 1 tahun dan lebih independen bermain sendiri di usia 2 tahun

Jenis-Jenis Pergerakan Janin

  1. Mengulet
    Tak hanya orang dewasa yang gemar mengulet saat lelah, bayi di dalam kandungan pun suka melakukannya. Dia juga merasa pegal di dalam kandungan setelah tidur berjam-jam. Gerakan meregangkan otot-otot tubuh itu dilakukannya beberapa kali dalam sehari. Aksinya semakin terasa apabila Anda tidur berbaring telentang.
  2. Mengetuk
    Memasuki usia 24 minggu kehamilan, bayi lebih peka terhadap sentuhan. Pada masa ini, dia juga sudah mulai bisa merespon. Sehingga saat Anda mengelus-elus perut, dia akan kembali merespons Anda dengan ‘mengetuk’. Itu artinya ia tahu Anda sedang menyapanya.
  3. Menggelitik
    Sebelum tidur atau beristirahat, ibu merasa seperti ada rasanya gelitikan di tulang rusuk. Gelitikan itu menandakan dia masih ingin bermain di cairan ketuban, sehingga meminta Anda meresponnya denga membelai tubuhnya dari luar sampai dia tertidur. Wah, lucunya!
  4. Mengisap Jempol
    Bayi di dalam kanduangan juga mengisap jempol. Ia mengisap jempol saat Anda sedang makan, karena ia juga menanti turunya zat gizi di makanan ibu sampai ke aliran darahnya melalui plasenta.
  5. Memberi Hormat
    Pada trimester ketiga, bayi juga bisa merasakan silau akibat cahaya yang tembus ke dalam perut. Bila hal ini terjadi, biasanya ia akan melakukan aksi seperti memberi ‘hormat’ untuk menutupi matanya. Lucu, ya!

Pergerakan Janin Sesuai Usia Kandungan

  1. Minggu 12: Bayi harus mulai bergerak, tetapi ibu hamil mungkin tidak akan merasakan apa-apa, karena bayinya masih sangat kecil.
  2. Minggu 16: Beberapa wanita hamil akan mulai merasakan kepakan kecil seperti kupu-kupu. Perasaan itu kemungkinan terasa seperti ada gas di perut.
  3. Minggu 20: Pada titik ini dalam perkembangan bayi, ibu hamil mungkin mulai benar-benar merasakan gerakan pertama bayinya.
  4. Minggu 24: Gerakan bayi akan lebih terasa seperti sedikit kedutan saat bayi cegukan.
  5. Minggu 28: Bayi akan sering bergerak di fase ini. Beberapa tendangan dan pukulan bahkan mungkin membuat ibu jadi lebih sulit bernapas.
  6. Minggu 36: Rahim akan semakin padat karena pertumbuhan bayi, dan gerakannya jadi lebih melambat.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 28, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    N

  • Oleh : Pak Eko
  • 1 tahun yang lalu

    Dok saya berhubungan pada tanggal 18 saya agak ragu air maninya keluar di dalam atau di luar tetapi banyak air mani yang terbuang keluar dan saya ragu kalau masih ada air mani yang masuk ke dalam dan pada tanggal 30 saya mengalami haid,apakah bisa terjadi kehamilan dok?

  • Oleh : Pak Eko
  • Kanker ovarium pada wanita remaja

  • Oleh : Rhiyad Suhpriatin
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya mau tanya Apakah kanker ovarium ini bisa menyerang wanita atau remaja berusia 20 tahunan? Sebab beberapa dari gejalanya dialami? Terimkasih.

    Akibat di obat

  • Oleh : Sella Anggraeni
  • 11 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bun selamat malam dan maaf menganggu waktunya semoga degan iklhas hati menerima curhatan saya, sedikit mau curhat ini bun dulu waktu kandungan umur 4 bulan di obat rencana mau di gugurin ternyata tidak berhasil setelah itu keluar darah kental dari V dan saya sangat kecewa bun sekarang anak saya lahir dengan bobot yang normal seperti biasa biasa apakah obatnya tidak bermasalah terimakasih☹️

  • Oleh : Sella Anggraeni
  • Lemas

  • Oleh : Risky nur
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Pagi Dok. Saat ini saya sering kali merasakan berbagai jenis masalah seperti dada yang sakit, lemas, sakit pada bagian tangan, berkeringat berlebih, panas dingin, gemeteran dan sakit dada sebelah kiri. Awaslnya saya hanya menderita masalah kesehatan tuberculosis 1 Thn. Memang Dokter sudah bilang bahwa saya sudah sembuh dari tuberculosis ini. Tapi kenapa yang tiba tiba tubuh saya jadi merasakan hal hal tadi? Mohon penjelasannya

    cesar

  • Oleh : Tania
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    maaf sebelumnya. saya mau tanya.
    istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
    apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
    terimakasih

    Tanya Bidan