×

Tips Puasa Aman Bagi Ibu Menyusui

Bagikan Artikel :

Tips Puasa Aman Bagi Ibu Menyusui

Bunda, bukan berarti Anda tidak ikut menjalankan puasa hanya karena sedang menyusui ya. Karena pada dasarnya, puasa atau pun penurunan asupan kalori tidak akan memengaruhi produksi ASI. Jika terjadi penurunan berat badan saat berpuasa, kondisi ini hanya akan memengaruhi kandungan lemak dalam ASI, bukan jumlahnya. Jadi mulai sekarang tidak perlu khawatir lagi.

Related Posts :

    Tips Menyusui Aman Dibulan Puasa

    1. Pilih menu yang aman
      Hindari menu yang terlalu pedas atau asam karena berisiko iritasi pada lambung. Batasi gula dan garam agar lebih sehat.
    2. Sahur mendekati imsak
      Durai perut kosong jadi lebih efektif, yang penting waktunya harus cukup untuk makan dan minum serta mengunyah dan menelan dengan baik.
    3. Tidak memaksakan diri
      Bunda dengan tekanan darah rendah atau tinggi, diabetes gestasiona, gangguan pencernaan tidak disarankan berpuasa.
    4. Batalkan puasa jika
      Badan terasa lemas, gemetar, berkunang-kungan, keluar keringat dingin, diare atau mimisan.
    5. Tetap makan 3 kali sehari
      Sahur adalah pengganti sarapan, santapan berbuka adalah pengganti makan siang dan makan lagi setelah solat teraweh adalah pengganti makan malam.
    6. Istirahat yang cukup
      Puasa bagi ibu menyusui akan terasa berat, karena tubuh seringkali terasa lemas setelah memberikan ASI. Untuk itu beristirahatlah yang cukup untuk memulihkan kondisi fisik maupun psikis, agar produksi ASI tetap baik dan lancar.

    Menyusui Saat Puasa Tidak Akan Berdampak Buruk Bagi Bayi

    Kuantitas dan kualitas ASI tidak terpengaruh dengan seberapa banyak makanan yang Anda konsumsi. Oleh karena itu, menyusui saat puasa tentu tidak akan memengaruhi kesehatan bayi Anda. Bayi Anda bisa tetap memeroleh semua nutrisi yang ia butuhkan untuk tumbuh kembangnya. Berat badan bayi juga tidak terpengaruh oleh kondisi ibu yang berpuasa selama menyusui. Yang terpenting, bayi Anda tetap menyusu dengan baik. Semakin sering bayi Anda menyusu, semakin bisa ia mencukupi kebutuhannya, dan semakin lancar juga produksi ASI Anda. Ini merupakan siklus yang saling menguntungkan antara ibu dan bayi.
    Namun, ASI Anda mungkin akan sedikit berubah tergantung dari apa yang Anda makan dan berapa banyak. Perlu Anda ketahui bahwa makanan sumber lemak yang Anda konsumsi saat puasa dapat memengaruhi jenis lemak yang terkandung dalam ASI, walaupun tidak memengaruhi jumlah lemak dalam ASI.
    Tubuh Anda akan mengambil cadangan lemak dari tubuh jika jumlah lemak dari makanan tidak cukup untuk memproduksi ASI. Jadi, tetap perhatikan berapa banyak dan apa saja makanan yang Anda konsumsi saat puasa. Jangan sampai berat badan Anda menurun drastis saat puasa karena ini dapat berpengaruh pada jenis lemak yang terkandung dalam ASI.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 6, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    kehamilan

  • Oleh : Pipit Winartii
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat Pagi dok,

    istri saya haid terakhir tanggal 5 Juni 2018 dan berakhir pada tanggal 16 juni 2018
    kemudian saya melakukan hubungan dengan istri saya terakhir tanggal 25 Juni 2018
    apakah bisa hamil jika saya melakukan hubungan di tanggal tersebut ?

    dikarenakan saya ada tugas diluar kota ?
    saya takut terjadi sesuatu kejadian yang tidak di ingikan oleh istri saya.

    mohon jawabannya Dok,

    salam,

    Sekret vagina yeast Cell positif

  • Oleh : Eka Rosla
  • 9 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selamat siang ibu maav saya mau tanya.. kemarin saya periksa pengecatan gram keputihan hasilnya : epitel squamos :5-10/lpk leukosit :>100/lbp, dominasi MN kuman: batang, gram negatif clue Cell :negatif yeast Cell :positif.. ini maksudnya bagaimana ya Bu.. mohon penjelasan dan solusinya

    Haid sedikit

  • Oleh : Ndah Jumaidah
  • 5 bulan yang lalu

    Assalamualaikum
    Dok saya sudah menikah 7bulan, haid saya selalu teratur siklusnya 22-24 hari, saya terakhir haid tanggal 15 maret dengan volume yang seperty biasanya 6 hari,
    Tapi pas harusnya tanggal 5 april saya haid itu tidak haid hanya kram perut ajah, dan selama semnggu itu saya selalu keputihan encer bening tidak gatal dan tidak berbau, tanggal 12 apr saya kluar darah bercak2 sja hanya 2 jam saya pikir haid tapi kok tidak sebnyak yg biasanya saya tespek negatf .saya periksa ke dokter spog katanya bukan penyakit, trs masuk ke bulan mei saya slalu kputihan encer bening dan tgl 6 mei sya harusnya sy haid cuman kluar bercak kuning, tgl 7 kliar bercak coklat tp sedikit tdk pakai pembalut
    Smpai tgl 8 saya kputihan encer lagi
    Apa itu normal dok .saya tspek ngatf trs

    Pilihan Makanan Untuk Wanita Yang Sedang PMS

  • Oleh : Dah Wisnugaduh
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Hallo bu bidan, saya ini termasuk wanita yang suka mengalami PMS ketika menstruasi, yang ingin saya tanyakan ketika PMS makanan dan minuman apa saja yang harus dikonsumsi dan dihindari agar PMS tidak mengganggu aktivitas saya. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya.

    Tanggal tepat masa subur

  • Oleh : Novita dwi
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Halow, saya mau tanya masalah masa subur
    Bln desember 2017 haid tgl 15
    Bulan januari 2018 haid tgl 8
    Tgl 21 januari 2018 menikah
    Bulan februari 2018 haid tgl 3
    Bulan maret 2018 haid tgl 1

    Yang saya mau tanyakan tgl brp saya tepat masa subur kalo dilihat siklus haid saya di atas..?
    Saya coba pakai alat ovutest tgl 13 maret 2018 jam 13.00 dan jam 19.00 garisnya 2 merah..
    Apakah itu menandakan saya dalam masa subur ?
    Mohon di jawab terimakasih..

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan