×

Tips Puasa Aman Bagi Ibu Menyusui

Bagikan Artikel :

Tips Puasa Aman Bagi Ibu Menyusui

Bunda, bukan berarti Anda tidak ikut menjalankan puasa hanya karena sedang menyusui ya. Karena pada dasarnya, puasa atau pun penurunan asupan kalori tidak akan memengaruhi produksi ASI. Jika terjadi penurunan berat badan saat berpuasa, kondisi ini hanya akan memengaruhi kandungan lemak dalam ASI, bukan jumlahnya. Jadi mulai sekarang tidak perlu khawatir lagi.

Related Posts :

    Tips Menyusui Aman Dibulan Puasa

    1. Pilih menu yang aman
      Hindari menu yang terlalu pedas atau asam karena berisiko iritasi pada lambung. Batasi gula dan garam agar lebih sehat.
    2. Sahur mendekati imsak
      Durai perut kosong jadi lebih efektif, yang penting waktunya harus cukup untuk makan dan minum serta mengunyah dan menelan dengan baik.
    3. Tidak memaksakan diri
      Bunda dengan tekanan darah rendah atau tinggi, diabetes gestasiona, gangguan pencernaan tidak disarankan berpuasa.
    4. Batalkan puasa jika
      Badan terasa lemas, gemetar, berkunang-kungan, keluar keringat dingin, diare atau mimisan.
    5. Tetap makan 3 kali sehari
      Sahur adalah pengganti sarapan, santapan berbuka adalah pengganti makan siang dan makan lagi setelah solat teraweh adalah pengganti makan malam.
    6. Istirahat yang cukup
      Puasa bagi ibu menyusui akan terasa berat, karena tubuh seringkali terasa lemas setelah memberikan ASI. Untuk itu beristirahatlah yang cukup untuk memulihkan kondisi fisik maupun psikis, agar produksi ASI tetap baik dan lancar.

    Menyusui Saat Puasa Tidak Akan Berdampak Buruk Bagi Bayi

    Kuantitas dan kualitas ASI tidak terpengaruh dengan seberapa banyak makanan yang Anda konsumsi. Oleh karena itu, menyusui saat puasa tentu tidak akan memengaruhi kesehatan bayi Anda. Bayi Anda bisa tetap memeroleh semua nutrisi yang ia butuhkan untuk tumbuh kembangnya. Berat badan bayi juga tidak terpengaruh oleh kondisi ibu yang berpuasa selama menyusui. Yang terpenting, bayi Anda tetap menyusu dengan baik. Semakin sering bayi Anda menyusu, semakin bisa ia mencukupi kebutuhannya, dan semakin lancar juga produksi ASI Anda. Ini merupakan siklus yang saling menguntungkan antara ibu dan bayi.
    Namun, ASI Anda mungkin akan sedikit berubah tergantung dari apa yang Anda makan dan berapa banyak. Perlu Anda ketahui bahwa makanan sumber lemak yang Anda konsumsi saat puasa dapat memengaruhi jenis lemak yang terkandung dalam ASI, walaupun tidak memengaruhi jumlah lemak dalam ASI.
    Tubuh Anda akan mengambil cadangan lemak dari tubuh jika jumlah lemak dari makanan tidak cukup untuk memproduksi ASI. Jadi, tetap perhatikan berapa banyak dan apa saja makanan yang Anda konsumsi saat puasa. Jangan sampai berat badan Anda menurun drastis saat puasa karena ini dapat berpengaruh pada jenis lemak yang terkandung dalam ASI.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 6, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Insomnia Akut

  • Oleh : Alfiyah
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Dok saya mau bertanya, akhir akhir ini saya sering kali merasakan susah tidur atau insomnia. Akibat insomnia, di kantorpun kerjaan menjadi menumpuk dan konsentrasi tidak seperti biasanya. Saya mau bertanya, bagai mana cara mengatasi insomnia akut ini?

  • Oleh : Alfiyah
  • Alat kelamin

  • Oleh : Hero Putra
  • 7 bulan, 3 minggu yang lalu

    Halo dok saya mau tanya saya sehari bisa buang air kecil 10 kali lebih dan setelah buang air kecil kaya ada yang menetes seperti air kencing tapi agak kental dikit terus setelah saya basuh rasanya kemaluan saya dingin dan ingin buang air kencing lagi bisa sampai 5 kali terus di ujung kemaluan saya mulutnya bengkak dok.dan waktu tidur entah itu malam atau siang keluar caira seperti mani tapi berwarna putih kental waktu keluarnya kemaluan tegang dok.lalu di ujung kemaluan kaya ada airnyaterus ggitu dok..mohon dibantu dok sekian terimakasih. Wasalamuala’ikum WR.WB

    Apa efek samping vitamin E dan susu pra kehamilan

  • Oleh : dawnagagnon511
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita usia 25 tahun dan suami saya usia 26 tahun. Sudah 6 bulan kami menikah dan saat ini sedang melakukan program kehamilan. Saat ini saya mengkonsumsi susu pra kehamilan dan natur E, apakah keduanya dapat membantu mempercepat kehamilan dan apakah ada efek sampingnya?? mohon jawbannya

    Penyakit Radang Panggul Pada Remaja

  • Oleh : Khansa Adeline
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih, apakah anak remaja yang sama sekali belum pernah melakukan hubungan seksual bisa terserang penyakit radang panggul? jika bisa, bagaimana solusi dan pencegahannya? Terimakasih bu bidan…

    Belum Haid Setelah Melakukan Kuret

  • Oleh : emilia
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya merasa khawatir dan tidak tau kenapa akhir akhir ini haid saya tak kunjung datang juga. Semenjak saya melakukan kuret terhitung sekitar 5 bulan saya belum haid. Apakah tidak berbahya bu bidan ? Mohon penjelasananya

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan