Waktu Yang Tepat Untuk Mengejan Saat Proses Persalinan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Bidan Online -, Mengejan merupakan salah satu hal yang memang perlu dilakukan bagi anda yang sedang ingin melahirkan dengan cara yang normal. Namun perlu diketahui, bahwa tidak sembarangan waktu untuk ibu hamil mengejan saat proses persalinan karena hal ini justru bisa menimbulkan bahaya bahaya bagi kesehatan tubuh anda ini. Jika anda melakukan proses mengejan dengan cara dan waktu yang kurang tepat, ini justru bisa membahayakan keselamatan anda dan janin anda. Perlu diketahui bahwa ada beberapa waktu atau titik untuk mengedan dengan tepat agar mendapatkan proses persalinan yang lancar dan anak yang sehat.

    Sebenarnya, ada 3 waktu yang tepat untuk mengejan saat proses persalinan tiba diantaranya adalah apabila pasien telah merasakan dorongan perineum menonjol,kepala bayi sudah ada di dasar panggul dan apabila pembukaan sudah lengkap. Apabila anda telah merasakan hal tersebut, berarti anda sudah memasuki waktu yang memang tepat untuk mengedan. Jika memang belum waktu nya namun ibu memaksakan untuk mengedan, hal ini bisa membahayakan kesehatan ibu dan juga janin yang ada dalam kandungan anda. Kondisi ibu yang tenang dan kehadiran pihak keluarga ini memang sangat dibutuhkan oleh para ibu hamil karena ini bisa menjadi salah satu hal yang mampu mengurangi kecemasan dan rasa sakit yang dirsakan oleh para ibu yang akan melahirkan ini.

    Sebelum memasuki proses persalinan, sebaiknya anda mengetahui bagau mana tehnik yang tepat dalam mengambil pernafasan ini seperti hal nya dengan melakukan latihan senam ibu hamil. Kondisi ini menjadi salah satu kondisi yang bisa membuat anda menjadi lebih sehat dan bahkan anda akan terhindar dari berbagai jenis masalah yang membahayakan kesehatan tubuh anda ini. Perlu diketahui bahwa mengejan dengan cara yang salah ini merupakan salah satu kondisi yang justru bisa membahayakan kesehatan bayi dan tidak lantas bisa mempercepat masuknya keluarnya bayi. Kondisi ini merupakan salah satu kondisi yang memang perlu diperhatikan oleh kita agar mendapatkan persalinan yang sempurna.

    Yang disebut dengan mengejan dengan salah ini merupakan salah satu kondisi dimana kita mengejan namun mengeluarkan tenaga yang justru mengumpul dibagian tenggoroak sehingga membuat muka dan mata kita justru menjadi merah. Ini merupakan salah satu kondisi yang memang salah dimana hal ini justru bisa menimbulkan hal hal yang memang sangat kurang baik bagi kesehatan janin yang ada di dalam tubuh anda ini. Jika kita melakukan mengejan dengan cara yang salah, justru janin yang ada di dalam tubuh kita ini tidak akan turun turun dan bahkan akan terjadi persalinan yang lambat. Jika hal ini terjadi, biasanya dokter justru akan melakukan tindakan vakum untuk membantu mengeluarkan janin yang ada didalam rahim yang terlalu lama ini.

    Perlu diketahui, bahwa cara mengejan yang benar adalah dengan mengeluarkan seperti saat kita ingin buang air besar. Kondisi ini merupakan kondisi yang sangat wajar dirasakan karena hal ini terjadi akibat saat proses persalinan rasa ingin buang air besar ini terjadi akibat saraf di bagian bawah saat kepala bayi menurun mengenai saraf dan timbul rasa ingin buang air besar ini. Hal yang paling perlu diperhatikan adalah, saat ibu sedang mengedan sangat tidak disarankan untuk mengangkat pantat, karena ini merupakan salah satu hal yang justru bisa menimbulkan masalah masalah seperti mampu memperluas robekan yang akhirnya perlu untuk dilakukan nya jaitan pada bagian vagina.

                         Baca Juga : Jenis Anggaran Yang Perlu Diperhatikan

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - December 2, 2016
    Diskusi Dari:
    herry sinaga

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara untuk mengatasi bau pada kelamin anak, anak saya perempuan umur 5 tahun mohon jawabannya

    Dijawab Oleh : herry sinaga
    Diskusi Dari:
    Neng Atna Julianti

    Anak saya umur 4 bulan. Kenapa lendir dari lahir belum hilang sampai sekarang? Kira2 apa penyebabnya? Dan apa benar berlendir tidak akan naik berat badan bayi? Sekarang ini di tambah dengan batuk. Mohon solusi

    Dijawab Oleh : Neng Atna Julianti
    Diskusi Dari:
    Santana jaya

    Assalamualaikum Bu Bidan, saya Melia Rasya. Saya dan suami saya sudah menikah hampir satu tahun dan kami juga belum memiliki anak atau saya bahkan belum mengandung. Saya sudah di cek ke dokter dan hasilnya baik, tapi suami saya tidak mau di cek ke dokter dan setiap kami melakukan hubungan, sperma suami saya kosong bu bidan, apa itu wajar ?

    Dijawab Oleh : Santana jaya
    Diskusi Dari:
    Ratu

    Pagi Bu Bidan, sodara saya kemarin mengalami keguguran yang diakibatkan oleh kehamilan anggur atau kosong. Namun, hal itu sebelumnya tidak diketahui oleh keluarga kami dan sebelumnya juga kami menyangka sodara saya mengalami kehamilan normal.

    Nah, belajar dari pengalaman sodara saya, bagaimana cara mengetahui lebih dini mengenai hamil anggur itu? dan adakah gejala yang membedakannya?

    Dijawab Oleh : Ratu
    Diskusi Dari:
    Gigin Gumay

    Selamat siang ibu bidan, begini saya ingin menanyakan tentang bagaimana cara membangun kepribadian anak, supaya dia bisa menjadi lebih mandiri gitu bu, biar ga manja, apa-apa harus selalu sama orang tuanya, itu kan kalau terlalu seperti itu ga baik kan ya bu? itu saja, terima kasih saya tunggu jawabannya.

    Dijawab Oleh : Gigin Gumay