Waspada Angka Kematian Ibu Melahirkan Masih Tinggi

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa persalinan merupakan salah satu hal yang bisa disebut untuk mempertaruhkan hidup dan mati. Tidak jarang, banyak diantara para wanita mengalami masalah saat proses persalinan seperti kematian ini. Angka kematian ibu saat melahirkan ini memang terus menerus meningkat dan juga mengakibatkan hal hal lainnya. Meskipun saat ini jumlah kematian bayi saat proses dilahirkan ini berkurang, namun memang peningkatan terus terjadi pada persalinan. Memang, banyak faktor yang mengakibatkan kematian seorang ibu saat melahirkan ini, salah satunya akibat adanya keterlambatan proses persalinan ini.Saat ini hampir 90% wanita meninggal setelah persalinan atau bahkan saat proses persalinan ini dilakukan, serta banyak juga jenis faktor penyebab kematian lainnya yang mengakibatkan adanya masalah pada yang satu ini.Memang, saat ini ada tiga risiko yang bisa mengakibatkan keterlambatan proses persalinan ini seperti akibat adanya keterlambatannya proses persalinan dan penanganan oleh pihak medis, terlambat mengetahui tentang tanda bahaya pada kandungan atau bahkan akibat terlambatnya kita datang kebagian fasilitas kesehatan dengan keadaan yang darurat yang bisa membuat semakin tingginya angka kematian.

Waspada angka kematian ibu melahirkan masih tinggi ini memang diungkapkan oleh salah satu dokter yang selalu menangani proses persalinan. Berbeda dengan para ibu yang sering meninggal saat proses persalinan, justru angka kematian pada anak ini biasanya terjadi pada 28 hari pertama kehidupan atau yang disebut dengan masa neonatal. Adanya masalah kesehatan pada bayi ini terjadi akibat kelahiran prematur, berat badan bayi yang kurang, adanya masalah infeksi dan kegagalan bernafas spontan serta bisa juga akibat adanya pendarahan disaat masa persalinan ini terjadi. Selain hal di atas, yang juga diyakini bisa menurunkan masalah kesehatan saat proses persalinan juga diakibatkan melakukan proses persalinan dengan menggunakan jasa dukun beranak, dimana dukun beranak ini belum begitu terlatih dan bahkan bisa menimbulkan masalah masalah yang memang kurang baik bagi proses persalinan.

Hal yang paling sederhana yang bisa dilakukan oleh pihak pemerintahan untuk mencegah adanya masalah saat proses persalinan ini adalah dengan mengadakan posyandu, guna untuk membuat para ibu hamil selalu mengecek kehamilannya agar tidak ada lagi kenaikan angka kematian saat proses melahirkan ini terjadi. Tidak hanya itu saja, hal yang juga perlu diperhatikan adalah tentang kecepatan dan juga kecerdasan para bidan dalam menangani masalah yang satu ini. Dengan kecepatan bidan ini lah, maka dapat memperlancar proses persalinan para ibu hamil. Hal ini sangat disarankan agar bisa mencegah hal hal yang buruk terjadi saat proses persalinan ini tiba. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan bahwa banyak hal hal yang memang perlu di perhatikan pada tubuh ini. Hal yang diharapkan pemerintah adalah setiap dokter memiliki peralatan yang memang memadai guna untuk mengatasi masalah masalah pada saat proses persalinan ini terjadi dan mencegah adanya masalah saat proses persalinan tiba.

Informasi Tentang Episiotomi Pada Persalinan | Bidan Online

Citra Dewi Amd.Keb - October 21, 2016
Diskusi Dari:
uye (wanita)

saya hamil menginjak usia 8 bulan. saat sedang tidur posisi miring ke kanan memang tidak nyaman karena janin seperti menolak dan menendang2, bentuk perut pun jadi menggantung. tapi akhir-akhir ini miring ke kiri pun sama jadi kurang nyaman dan menggantung sedikit namun janin tidak menendang2. rasanya lebih enak untuk tidur telentang begitu, padahal kan resikonya buruk ya. tapi janin nampak nyaman juga apabila posisi tidur telentang. tapi saya berganti-ganti posisi saja kadang miring ke kiri kadang telentang. bagaimana ya solusinya?

Dijawab Oleh : uye (wanita)
Diskusi Dari:
Intan Royana

Selamat pagi bu bidan, saya sedang hamil 7 bulan dan saya sering merasakan kram, saya mau bertanya apakah kram bisa dihindari ? bagaimana caranya kalau memang kram bisa dihindari ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Bang Andre

Di usia saya yang baru menginjak 19 tahun, saya sering kali merasakan perih setelah buang air kecil, padahal saya belum menikah. Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan saya? Dan apa biasanya yang menyebabkan rasa perih itu sering muncul setelah buang air kecil ini?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Cantika Rahayu

Selamat pagi bu bidan, maaf sebelumnya saya tidak menanyakan bahasan kesehatan. Saya memiliki anak usia 8 tahun. Ia sekarang baru masuk kelas 3 SD. Sewaktu kecil anak saya itu nurut sama saya, tapi semakin besar kok dia malah sulit untuk diatur. Apa yang salah dengannya atau saya sendiri yang salah mendidiknya selama ini ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Aryanto Id

assalamu’alaikum
bu bidan, saya ingin tanya dong kemaren anak saya berumur 4 bulan katanya harus diberikan vaksin DPT namun kemaren pas jadwal imunisasi lagi demam jadi saya telat memberikan vaksin nya. apakah itu tidak berbahaya ? apakah masih bisa diberikan imunisasi DPT tersebut ? terima kasih sebelumnya

Perlu Jawaban