Waspada Angka Kematian Ibu Melahirkan Masih Tinggi

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa persalinan merupakan salah satu hal yang bisa disebut untuk mempertaruhkan hidup dan mati. Tidak jarang, banyak diantara para wanita mengalami masalah saat proses persalinan seperti kematian ini. Angka kematian ibu saat melahirkan ini memang terus menerus meningkat dan juga mengakibatkan hal hal lainnya. Meskipun saat ini jumlah kematian bayi saat proses dilahirkan ini berkurang, namun memang peningkatan terus terjadi pada persalinan. Memang, banyak faktor yang mengakibatkan kematian seorang ibu saat melahirkan ini, salah satunya akibat adanya keterlambatan proses persalinan ini.Saat ini hampir 90% wanita meninggal setelah persalinan atau bahkan saat proses persalinan ini dilakukan, serta banyak juga jenis faktor penyebab kematian lainnya yang mengakibatkan adanya masalah pada yang satu ini.Memang, saat ini ada tiga risiko yang bisa mengakibatkan keterlambatan proses persalinan ini seperti akibat adanya keterlambatannya proses persalinan dan penanganan oleh pihak medis, terlambat mengetahui tentang tanda bahaya pada kandungan atau bahkan akibat terlambatnya kita datang kebagian fasilitas kesehatan dengan keadaan yang darurat yang bisa membuat semakin tingginya angka kematian.

Waspada angka kematian ibu melahirkan masih tinggi ini memang diungkapkan oleh salah satu dokter yang selalu menangani proses persalinan. Berbeda dengan para ibu yang sering meninggal saat proses persalinan, justru angka kematian pada anak ini biasanya terjadi pada 28 hari pertama kehidupan atau yang disebut dengan masa neonatal. Adanya masalah kesehatan pada bayi ini terjadi akibat kelahiran prematur, berat badan bayi yang kurang, adanya masalah infeksi dan kegagalan bernafas spontan serta bisa juga akibat adanya pendarahan disaat masa persalinan ini terjadi. Selain hal di atas, yang juga diyakini bisa menurunkan masalah kesehatan saat proses persalinan juga diakibatkan melakukan proses persalinan dengan menggunakan jasa dukun beranak, dimana dukun beranak ini belum begitu terlatih dan bahkan bisa menimbulkan masalah masalah yang memang kurang baik bagi proses persalinan.

Hal yang paling sederhana yang bisa dilakukan oleh pihak pemerintahan untuk mencegah adanya masalah saat proses persalinan ini adalah dengan mengadakan posyandu, guna untuk membuat para ibu hamil selalu mengecek kehamilannya agar tidak ada lagi kenaikan angka kematian saat proses melahirkan ini terjadi. Tidak hanya itu saja, hal yang juga perlu diperhatikan adalah tentang kecepatan dan juga kecerdasan para bidan dalam menangani masalah yang satu ini. Dengan kecepatan bidan ini lah, maka dapat memperlancar proses persalinan para ibu hamil. Hal ini sangat disarankan agar bisa mencegah hal hal yang buruk terjadi saat proses persalinan ini tiba. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan bahwa banyak hal hal yang memang perlu di perhatikan pada tubuh ini. Hal yang diharapkan pemerintah adalah setiap dokter memiliki peralatan yang memang memadai guna untuk mengatasi masalah masalah pada saat proses persalinan ini terjadi dan mencegah adanya masalah saat proses persalinan tiba.

Informasi Tentang Episiotomi Pada Persalinan | Bidan Online

Citra Dewi Amd.Keb - October 21, 2016
Diskusi Dari:
Ratu

Pagi Bu Bidan, sodara saya kemarin mengalami keguguran yang diakibatkan oleh kehamilan anggur atau kosong. Namun, hal itu sebelumnya tidak diketahui oleh keluarga kami dan sebelumnya juga kami menyangka sodara saya mengalami kehamilan normal.

Nah, belajar dari pengalaman sodara saya, bagaimana cara mengetahui lebih dini mengenai hamil anggur itu? dan adakah gejala yang membedakannya?

Dijawab Oleh : Ratu
Diskusi Dari:
Anonymous

Pada ibu hamil dengan mengkonsumsi semangka baik ndag dokter.

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Gek Anik

Siang bu bidan.

2 bulan lagi rencananya saya akan melangsungkan pernikahan dan saya beserta calon suami memilki keinginan untuk tidak menunda memiliki momongan. Yang saya mau tanyakan pada waktu kapankan masa subur ini terjadi? Dan kapan waktu yang pas untuk melakukan hubungan agar segera mendapatkan momongan ketika kelak kami menikah?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Chika ELlo

Assalamu’alaikum bu bidan, selamat siang…
Nama saya Milla Natalia, saya seorang ibu rumah tangga dan baru memiliki 1 anak laki-laki usianya mau menginjak 3 tahun. Nah bu bidan, anak saya ini hiperaktif dan bisa di bilang cepat pertumbuhannya. Tapi dengan cuaca seperti ini yang kadang terang dan tiba-tiba hujan bagaimana cara kami sebagai orang tua untuk menjaga kesehatan anak kami agar tidak mudah terserang penyakit bu bidan? karena kami takut salah apa saja yang harus dilakukan di usia yang mau menginjak 3 tahun ini. Terimakasih bu bidan, ditunggu solusinya.
Wassalamm…

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Alesha Zahra

Pagi ibu bidan, saya mau tau apa sih bahaya dari placenta previa pada kehamilan?ditunggu jawabannya, terima kasih

Perlu Jawaban