Waspadai Bahaya Penis Yang Selalu Gatal

Waspadai Penis Yang Selalu Gatal

Sebetulnya gatal-gatal pada daerah kelamin lebih rentan terjadi pada pria karena anatomi eksternal di pangkal paha. Hal ini akan lebih berisiko jika terjadi gesekan pada selangkangan dan lingkungan yang lembab.

Organ kelamin memang mudah sekali terjadi gatal karena selangkangan adalah tempat berkembang biak jamur, terutama setelah berkeringat. Jika Anda tidak punya waktu untuk mandi atau membersihkan keringat dan bakteri yang dikeluarkan pori-pori maka akan menciptakan lingkungan yang cocok untuk pertumbuhan jamur. Penis gatal dapat pula disebabkan oleh berbagai hal seperti kudis, pakaian dalam yang terlalu ketat, iritasi karena urine, bahan kandungan dalam sabun mandi, kotoran penis atau smegma, infeksi bakteri, penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, dan lichen planus, tingginya kadar gula darah dalam tubuh, reaksi alergi, hingga adanya gesekan pada kulit. Selain itu ada kalanya penis gatal juga menjadi indikasi adanya penyakit menular seksual dan infeksi kandidiasis

Penyebab Gatal Pada Penis Yang Berbahaya

1. Kandidiasis

Gejala kandidiasis pada penis antara lain adalah gatal-gatal, pembengkakan penis, ruam kemerahan, keluarnya cairan kental dari balik kulup, timbul bau atau aroma yang tidak sedap, sakit saat melakukan hubungan seksual dan buang air kecil, serta kesulitan saat menarik kembali kulit kulup penis. Risiko untuk mengalami infeksi seperti ini akan meningkat pada orang-orang yang sering mengenakan pakaian ketat, seperti celana pendek dari bahan lycra atau denim,  obesitas, diabetes tipe 1 dan 2, sedang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh,  sedang mengonsumsi antibiotik yang membunuh bakteri baik, sedang mengonsumsi kortikosteroid dalam bentuk oral atau pun oles, berhubungan seksual dengan orang yang sedang mengalami infeksi jamur.

2. Infeksi menular seksual

Rasa gatal terkadang juga dapat menjadi gejala dari infeksi menular seksual. Jika disebabkan oleh gonore atau kencing nanah gejala yang muncul antara lain keluarnya cairan warna putih, kuning, atau hijau dari ujung penis, disertai rasa nyeri dan perih saat buang air kecil. Apabila disebabkan oleh klamidia gejalanya yaitu keluarnya cairan putih dari penis dan disertai rasa nyeri. Psifilis dan herpes genital juga bisa terdapat gatal pada penis.

Cara Merawat Penis

1. Cuci penis dengan air hangat dan sabun berbahan ringan tanpa pewangi, terutama pada area kulup pria yang tidak atau belum disunat. Cuci juga bagian dasar penis, zakar, dan anus.

2. Selalu keringkan penis setelah mandi atau buang air kecil. Organ kelamin pria yang lembap lebih berisiko mendatangkan infeksi.

3. Kenakan bawahan dan celana dalam yang tidak terlalu ketat dan mudah menyerap keringat.

4. Ganti celana dalam minimal dua kali dalam sehari.

5. Hindari terlalu lama mengenakan pakaian yang basah. Segera ganti pakaian begitu selesai berolahraga.

6. Konsumsi air minum yang cukup tiap hari minimal 2 liter

7. Hindari membubuhkan bedak atau deodoran pada penis, terutama balita. Serbuk bedak dapat tinggal di balik kulit kulup dan menyebabkan iritasi.

8. Jika Anda ingin melakukan hubungan seksual, pastikan Anda menggunakan kondom atau pengaman, dan hindari perilaku seks berisiko.

9. Untuk mencegah gatal pada alat kelamin, mandi dan mengeringkan tubuh sehabis berolahraga harus dilakukan.

10. Gunakan pakaian katun longgar dan rajin mengganti peralatan olahraga juga disarankan.

11. Hindari pakaian non-katun. Terkadang, pakaian sintetis yang menyerap keringat menyebabkan panas dan mempengaruhi pria untuk terkena infeksi.

Cara Mengatasi Gatal-gatal Pada Penis

Bersihkan Seluruh Organ reproduksi bagian luar secara perlahan lalu keringkan menggunakan handuk khusus. Usahakan jangan menggaruk penis. Jika gatal tidak kunjung membaik dan  semakin parah segera hubungi dokter spesialis kulit kelamin.

Citra Dewi Amd.Keb - August 21, 2018
Diskusi Dari:
Anonymous

Dok mw tya. Ni sy hamil anak prtma. Apkh normal usia 4bln anak sya sunsang ya dok. Blm bisa dlihat jnis klamin ny?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
ALif AL Maun Yoyox

Siang, dok mau nanya kenapa bayi saya kalo minum sufor langsung BAB apa alergi sufor selama 4bulan anak saya g apa2 usia anak saya skrg 5bln udah dibawa ke puskesmas di ksih zinc&oralit pancet bab trmkch

Dijawab Oleh : ALif AL Maun Yoyox
Diskusi Dari:
Anonymous

Siang Dok. Saya mau konsultasi. Kenapa ya perut saya sering kali merasakan sakit dan juga perih terutama saat di malam hari terutama di bagian atas pusar. Selain itu, saya juga sering kali merasakan ada yang aneh dengan diri saya karena saya merasakan lapar tapi kok tidak nafsu makan. Ini kira kira kenapa ya dok? Saya sudah coba mengkonumsi obat maag tapi masih tetap saja rasa sakit itu muncul

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Hilman Suhilman

Pagi bu bidan, nama saya Saddam usia 26 tahun dan saya sudah menikah hampir dua tahun tapi belum memiliki anak. Setelah diperiksa, menurut dokter saya mengidap penyakit azoospermia karena leukosit tinggi. Saya masih mengkonsumsi obat dari dokter tapi ada cara lain kah bu bidan yang lebih alami ? Terima kasih mohon dijawab bu bidan.

Dijawab Oleh : Hilman Suhilman
Diskusi Dari:
uye (wanita)

saya hamil menginjak usia 8 bulan. saat sedang tidur posisi miring ke kanan memang tidak nyaman karena janin seperti menolak dan menendang2, bentuk perut pun jadi menggantung. tapi akhir-akhir ini miring ke kiri pun sama jadi kurang nyaman dan menggantung sedikit namun janin tidak menendang2. rasanya lebih enak untuk tidur telentang begitu, padahal kan resikonya buruk ya. tapi janin nampak nyaman juga apabila posisi tidur telentang. tapi saya berganti-ganti posisi saja kadang miring ke kiri kadang telentang. bagaimana ya solusinya?

Dijawab Oleh : uye (wanita)