Waspadai Gejala Kanker Serviks Pada Wanita

Mengetahui dan mewaspadai gejala kanker serviks sejak dini merupakan salah satu cara pencegahan lebih lanjut, jika anda telah mengidap penyakit yang membahayakan ini walaupun baru stadium awal. Bahkan sebagian wanita tidak menyadari kalau dirinya terkena kanker serviks, biasanya mengetahui mengidap penyakit ini sesudah stadium lanjut.

Sebelum masuk pada pembahasan gejala kanker serviks, alangkah baiknya membahas dulu mengenai faktor penyebab dan pemicu munculnya kanker serviks pada wanita. Karena selain mengetahui gejalanya, harus mengetahui juga faktor penyebabnya.

Kanker serviks adalah kanker yang muncul dibagian serviks atau mulut rahim. Kanker serviks disebabkan ole infeksi virus Human Papilloma Virus (HPV). Virus ini dapat menyebar dan berpindah ke tempat lain lewat perantara cairan. Selain itu, kebiasaan kurang baik juga dapat memicu munculnya kanker serviks pada wanita seperti merokok, konsumsi makanan yang tidak sehat dan kurang menjaga kesehatan organ kewanitaan.

Gejala Kanker Serviks Pada Wanita Yang Harus Diketahui

Pada stadium awal, biasanya tidak memiliki gejala atau tanda apapun. Gejala timbul ketika kanker serviks telah memasuki stadium akhir. Berikut ini adalah gejala kanker serviks yang paling umum:

  • Pendarahan diluar jadwal haid
  • Menstruasi lebih panjang serta lebih berat dari biasanya
  • Perdarahan  yang terjadi saat wanita masuk menopause
  • Keluarnya cairan yang berwana kuning atau bau tidak sedap dari daerah kewanitaan
  • Terjadinya darah dalam urine
  • Nyeri pada tulang
  • Perut bagian bawah dan panggul terasa sakit
  • Nyeri dibagian punggung dan pinggang

Itulah faktor penyebab dan gejala kanker serviks pada wanita yang harus diketahui. Apabila anda mengalami salah satu atau beberapa gejala yang telah disebutkan diatas, sebaiknya memeriksakan pada dokter.

Terimakasi telah mengunjungi website Bidan Online.

Citra Dewi Amd.Keb - September 22, 2016
Diskusi Dari:
Anonymous

selamat pagi bu bidan, saya mau tanya tentang penyebab dan cara menghilangkan gatal yang berlebihan saat hamil itu bagaimana yah ? gatal yang timbul itu terlalu mengganggu dan saya merasa lebih nyaman pada saat gatal itu langsung di garuk tapi kalo kelamaan di garuk badan saya gampang terluka. itu saja bu, ditunggu jawabannya.

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Mbak aty

Siang.. bu sya pernah terkena yeast cell kemudian dksh obat neo gynoxa. Dan skrng saya sedang hamil,, apakah saya perlu cek urin lengkap lagi tidak ya utk mengecek msh ada yeast cell atau tidak

Dijawab Oleh : Mbak aty
Diskusi Dari:
Aolia SucCie Priyatna

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Adakah umur ideal bagi anak untuk disunat ? Sekarang ini umur anak saya baru menginjak 2 tahun. Apakah usianya masuk kriteria untuk disunat atau belum ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Himawan

Pagi bu Bidan, saya punya bayi usianya baru 8 bulan 10 hari. Setiap tidur di malam hari bayi saya selalu berkeringat. Apalagi saat terbangun dan saya kasih ASI, keringatnya malah semakin mengucur padahal AC diruangan sudah mencapai 23 derajat. Itu normal gak bu bidan ? Terima kasih.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Sri Maryati

Selamat pagi dok, saya mau bertanya tentang usia kehamilan yang sebarnya. Sebenarnya bagian mana cara menghitung kehamilan ini? Kemarin saya periksa ke dokter kandungan, katanya kandungan saya sudah 29W lebih, padahal terakhir saya hed tanggal 18-04-2016. Mohon infonya ya dok.

Perlu Jawaban