Yuk Ajarkan 3 Kata Ajaib Ini pada Anak

Baru-baru ini netizen Indonesia dihebohkan oleh sosok anak kecil periang bernama Kirana seorang anak balita perempuan yang sangat pintar dan lucu sehingga banyak orang yang mengaguminya. Tentu tumbuh kembang Kirana tak lepas dari peran ibu nya yaitu Ibu Retno yang mengajarkan berbagai macam hal dan gaya parenting nya yang dinilai banyak orang sangat bagus. 

Nah, salah satu hal yang sering diajarkan oleh Ibu Ratna kepada Kirana adalah mengajarkan kata please, sorry dan thank you atau tolong, maaf dan terima kasih saat melakukan aktifitas di rumahnya. Walaupun kata-kata tersebut sangatlah sederhana namun makna nya sangat lah dalam seperti mengingat kita adalah manusia yang selalu butuh bantuan, tak lepas dari kesalahan dan bersyukur untuk anugerah-Nya.

Tak salah kan bila kita mengajarkan meniru gaya parenting dari Ibu Ratna ? Yuk kita cek apa saja manfaat nya bagi anak :

  • Kata Tolong, Maaf dan Terima Kasih menjadi penghubung antara sesama

Seperti dikatakan sebelumnya jikalau 3 kata ajaib itu menjadi penghubung kita dengan orang lain sehingga si kecil nantinya akan disenangi saat bergaul dengan teman-teman. 

Contoh nya saja kata “please/tolong” mengajarkan anak ketika kita membutuhkan bimbingan orang lain tentunya kita akan bertanya dan meminta bantuan pada orang lain, begitu juga dengan kata “sorry/maap” tidak secara langsung kita mengajarkan anak bahwa manusia itu penuh ketidak tahuan dan kekurang sehingga tidak lepas dari kesalahan. Begitu pula dengan kata “Thankyou/Terima kasih” bentuk rasa syukur atas bantuan orang lain. Mereka yang tidak tahu berterima kasih hidupnya akan dipenuhi kesedihan. 

  • Mengajarkan anak untuk tidak hidup egois

Di zaman yang modern ini hidup menjadikan kita hidup sendiri sehingga tidak sempat memikirkan orang lain. Padahal ritme hidup seperti ini tanpa sadar tumbuh dari sisi egois diri sendiri. Memang betul setiap orang memiliki tujuan hidup sendiri-sendiri namun apapun yang dilakukan bersama tentu akan menyelesaikan masalah lebih cepat dan mudah. Oleh karena itu dengan kata please, sorry dan thankyou anak akan terbiasa untuk berkata tolong saat meminta bantuan, terima kasih saat mendapat bantuan dan meminta maaf saat melakukan kesalahan ?

  • Mengajarkan anak untuk berempati dan mensyukuri segala kebaikan di bumi

Dengan diajarkan kata Please, Sorry dan Thank You anak secara tidak langsung mengajarkan etika dan sopan satun, kerendahan hati dan menghargai segala kebaikan sekecil apapun. Dengan belajar 3 kata tersebut juga si anak akan menjadi seorang manusia seutuhnya.

 Walaupun terlihat mudah, namun sering sekali sulit diterapkan oleh karena itu ajarkan pada anak secara berulang saat beraktivitas pada momen yang tepat pastinya. Misalnya :

“Adek, tolong dong ambilkan botol susu yang kosong dikamar”

“Maaf ya Sayang, Mama pulang terlambat karena harus ke dokter dulu”

“Terima kasih ya sayang, sudah membantu memberekan mainan, besok selesai bermain mainan nya masukin lagi ke dalam kotak yah”

Selain itu juga agar anak lebih terbiasa sebaiknya dimulai dari diri orang tua dan lingkungan rumah terlebih dahulu sehingga anak akan lebih terbiasa dan secara otomatis ia akan meniru.

Bagaimana tips diatas sangat bermanfaat bukan ? Aplikasikan tips di atas bersama buah hati anda yah bunda. Semoga artikel curhat bidan diatas dapat menambah inspirasi anda. SEMOGA BERMANFAAT

Citra Dewi Amd.Keb - December 6, 2016
Diskusi Dari:
Pipit Winartii

Selamat Pagi dok,

istri saya haid terakhir tanggal 5 Juni 2018 dan berakhir pada tanggal 16 juni 2018
kemudian saya melakukan hubungan dengan istri saya terakhir tanggal 25 Juni 2018
apakah bisa hamil jika saya melakukan hubungan di tanggal tersebut ?

dikarenakan saya ada tugas diluar kota ?
saya takut terjadi sesuatu kejadian yang tidak di ingikan oleh istri saya.

mohon jawabannya Dok,

salam,

Dijawab Oleh : Pipit Winartii

Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar? Masalahnya usia kandunganku kini sudah 9 bulan tapi bayinya belum turun juga, tolong solusinya ya ibu bidan? terima kasih.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat sore buk,,
saya mau tanya seputar kehamilan pasca operasi kehamilan ektopik di saluran tuba….pada bulan maret saya mengalami kehamilan ektopik,umur janin sudah 2 bulan,kemudian dokter menyarankan agar saya melakukan operasi karena KE sudah hampir pecah…jadi saya dan suami memutuskan untuk melakukan operasi pada bulan maret lalu…dokter menyarankan pasca operasi 3 bulan untuk melakukan hidrotubasi…tapi saya belum melakukannya meskipun sekarang sudah 3 bulan pasca operasi…yang ingin saya tanyakan,apakah saya bisa langsung program hamil aja tanpa hidrotubasi???mengingat keadaan keuangan dan rasa ketakutan saya terhadap efek samping dari hidrotubasi…mohon pencerahannya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Ramadhan

Siang Dok. Saya wanita berusia 27 Tahun. Kemarin saya melakukan kuret di Rumasakit. Tetapi kenapa ya, ko setelah kuret ini saya merasakan meriang dan demam walau demam tidak begitu tinggi. Selain itu, saya juga merasakan rasa nyeri pada bagian perut bawah, rasa pegal pegal serta badan yang tiba tiba menjadi lemas. Kira kira ini masalah kesehatan apa ya dok? Apakah mungkin ini terjadi akibat adanya infeksi setelah melakukan kiret? Terus apa yang bisa di lakukan untuk membantu menghilangkan masalah kesehatan ini?

Dijawab Oleh : Ramadhan
Diskusi Dari:
Winda

Selamat siang,
Saat ini istri saya tengah mengandung dan sering sekali mengalami mual dan muntah. Selain itu, saya lihat berat badannya malah sedikit menurun. Apa ini berbahaya? dan apa yang menjadi penyebab turunnya berat badan istri saya, apa mungkin ada hubungannya dengan gejala mual muntah yang dialami oleh istri saya?

Dijawab Oleh : Winda