×

3 Tips Aman Menambah Berat Badan Si Kecil

Bagikan Artikel :

Selamat datang di website Bidan Online, situs kesehatan yang mengupas segala bentuk jenis masalah kesehatan dan referensi mengenai kesehatan bayi yang bermanfaat dan penting untuk Anda simak. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai 3 Tips Aman Menambah Berat Badan Si Kecil. Berikut di bawah ini penjelasan selengkapnya.

Setiap bayi yang lahir kedunia ini pastinya memiliki berat badan yang berbeda, meskipun rata – rata berat badan bayi baru lahir yaitu antara 2500 – 4500 gram. Salah satu faktor yang ikut serta menentukan berat badan bayi adalah Genetik (faktor keturunan), kesehatan ibu saat mengandung si kecil dalam janin dan nutrisi yang diberikan oleh ibu. Pada dasarnya berat badan bayi terdaftar dalam grafik dan bisa menjadi panduan ibu yaitu Kartu Menuju Kesehatan atau KMS dan dengan adanya grafik yang bisa membantu Anda sebagai acuan berat badan bayi. Normalnya berat badan bayi akan meningkat pada bulan ke 4 dari saat bayi Anda lahir.

Namun, Anda tidak bisa hanya melihat dari berat badan saja melainkan juga harus memperhatikan tinggi atau panjang bayi dan lingkar kepala untuk mengetahui ukuran tengkorak dan otak bayi dalam pertumbuhan yang normal sehingga dokter bisa medeteksi dini pertumbuhan abnormal pada bayi.

Related Posts :

    Jadi Anda tidak bisa langsung mengatakan  bahwa bayi Anda mengalami masalah dengan berat badannya karena tidak cukup hanya memperhatikan berat badan saja tapi harus dengan faktor lainnya. Jika hasilnya ditemukan bahwa berat badan bayi menunjukan kategori kurus maka Anda harus segera mencari tahu apa penyebabnya.

    Faktor Penyebab Bayi Kurus

    Ada beberapa hal yang bisa memicu bayi lahir dengan berat badan tidak normal baik kurang atau lebih. Berikut di bawah ini faktor penyebab bayi kurus :

    • Ketidakseimbangan nutrisi yang diberikan pada bayi, peranan ibu sangat besar untuk menentukan asupan nutrisi yang sesuai untuk kebutuhan gizi bayi Anda dan sangat disarankan agar cermat saat memberikan MPASI.
    • Bayi yang sudah memasuki masa pertumbuhan tinggi badan sehingag gerak adan aktifitas yang aktif dilakukan oleh si kecil berusia lebih dari 6 tahun juga bisa menyebabkan terjadinya penurunan berat badan dan hal ini bisa dikatakan normal.
    • Mengalami masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan atau penyerapan makanan, diare sehingga menurunkan nafsu makannya dan mempengaruhi berat bayi.
    • Namun jika peningkatan berat badan bayi Anda tergolong cukup lamban mengalami kenaikan maka berikut di bawah ini cara alami untuk membantu meningkatkan berat badan bayi Anda.

    3 Tips Aman Menambah Berat Badan Si Kecil

    Berikan Asupan Asi Berkualitas

    Untuk meningkatkan berat badan pada bayi yang berusia di bawah usia 6 bulan maka pemberikan asi berkualitas sangat disarankan. Asi berkualitas didapat dari asupan makanan ibu menyusui, lengkapi dengan nutrisi harian dan sebaiknya hindari stres.

    Jadwal Pemberikan ASI

    Pada umumnya usia bayi yang mulai memasuki MPASI atau 6 bulan ke atas akan mengurangi minum ASI dan hal ini masih dikatakan wajar karena asupan nutrisi lain sudah didapatkan dari MPASI. Maka dari itu, agar bayi tetap mendapatkan nutrisi dari ASI, Anda bisa menjadwalkan pemberian MPASI sebanyak 2-3 kali sehari dalam porsi yang sesuai untuk bayi Anda. Hal terpenting dalam memberikan MPASI untuk si kecil yaitu memperhatikan gizi dan nutrisi, terutama kalori Anda bisa menambahkan minyak sayur atau keju ke dalam MPASI agar makanan lebih menarik atau variatif dan disenangi oleh bayi.

    Komposisi MPASI Yang Benar

    Jika Anda ingin meningkatkan berat badan bayi maka sebaiknya perhatikan jenis bahan MPASI untuk bayi Anda. Membuat MPASI dengan komposisi karbohidrat dan laut serta sayur yang sebanding atau 50:50 sehingga Anda juga bisa memberikan cemilan sehat dua kali sehari menjelang siang dan sore hari.

    Demikian informasi mengenai 3 Tips Aman Menambah Berat Badan Si Kecil semoga penjelasan dari kami bermanfaat serta menjadi referensi untuk Anda yang sedang mencari cara menambah berat badan si kecil dengan aman.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 15, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Maslaah pada vagina

  • Oleh : Yaya Siti
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Bu bidan saya ingin bertanya kemaren ssya melakukan hubungan seks nah pas hubungan tersebut si penis belum terlalu masuk sampai dalam dan saya sudah merasakan sakit nah esok nya saya mengeluarkan darah dari vagina disertai mual dan pusing itu kenapa ya Bu bidan terimakasih

  • Oleh : Yaya Siti
  • ???

  • Oleh : Putri 428
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Assalamualaikum wr.wb. Nama saya Putri saya mempunyai adik berumur 14 tahun. Kemarin adik saya cerita ke saya bahwa di bibir vagina dalamnya ada sesuatu bentuknya kecil seperti jerawat di wajah, warnanya merah, rasanya gatal, ujungnya berwarna putih. Terus dia nangis karena takut kena kista/kanker. Itu apakah penyakit yg mematikan? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Oleh : Putri 428
  • Wasir / Ambeien Saat Hamil

  • Oleh : Opik Taufik
  • 7 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saat ini saya tengah mengandung usia 8 bulan. Beberapa hari yang lalu saya mengalami sembelit, yang berujung (mohon maaf) anus saya perih. Saya pikir itu akan sembuh dalam sehari, tetapi kini rasa sakit dan perih bertambah parah, juga seperti ada yang mengganjal. Saya mendiskusikannya dengan suami saya, dan kami rasa itu adalah wasir / ambeien. Yang mau saya tanyakan, apakah bagi ibu hamil itu adalah kondisi yang wajar, dan apakah akan berdampak buruk bagi persalinan saya yang hanya beberapa minggu lagi? Lalu bagaimana cara mengobatinya?
    Terimakasih

    Tidak mau menyusu langsung dan cara mengatasinya

  • Oleh : Mega Naila
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Haloo,, anak saya baru berumur 2 bulan 18 hari, perkiraan 2 minggu yg lalu asi saya sempet seret dan anak saya jadi rewel karna masih haus, jadi saya selingi dengan sufor. Dan kadang jua pas waktu nen asinya kadang keluar deres jadinya dia rewel. Dan karna 2 minggu itu sering minum pake dot pas dicoba disusui langsung dianya gk mau🥺 kira2 bagaimana caranya agar anakku mau lagi langsung menyusu tanpa harus pakai dot terima kasih

  • Oleh : Mega Naila
  • Hubungan intim

  • Oleh : Ilham Dwi
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Bidan mau tanya, teman saya sering melakukan hubungan intim dengan pacarnya, kadang sehari kadang bisa 4 kali hubungan intim, sring hubungan intim, penis teman saya tidak ereksi tapi keluarin sperma warna kuning dan agak tebal, itu kenapa ya

  • Oleh : Ilham Dwi
  • Tanya Bidan