×

Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar

Bagikan Artikel :

Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan BenarBidan Online,- Stres memang memiliki dampak buruk bagi kesehatan terutama untuk para ibu hamil. Stres pada ibu hamil menjadi salah satu masalah yang banyak di keluhkan. Munculnya stres pada ibu hamil memang sudah tidak asing lagi namun langkah yang paling tepat untuk mengatasinya yaitu dengan mengelola stres agar tidak berlangsung dalam jangka waktu panjang. Stres berat pada ibu hamil yang tidak di atasi dengan cepat tentu saja tidak hanya membahayakan kesehatan ibu namun juga dapat mengganggu perkembangan janin.

Stres memang tidak membawa manfaat bagi kesehatan terutama saat hamil. Ibu hamil yang mengalami stres tentunya akan sangat berpengaruh juga pada janin dalam kandungan. Diketahui beberapa bahaya stres bagi ibu hamil yaitu sangat berpengaruh pada perkembangan otak janin, berpengaruh pada tumbuh kembang bayi, meningkatkan resiko lahir prematur, juga asupan oksigen ke janin berkurang.

Tentu saja anda tidak ingin bukan beberapa hal tersebut terjadi pada janin anda. Stres tentunya harus sesegera mungkin ditasi untuk mencegah berbagai hal buruk muncul. Dan berikut ini tips mengatasi stres pada ibu hamil:

Lakukan olahraga
Olahraga memang memiliki manfaat yang begitu banyak bagi kesehatan. Nyatanya olahraga juga tidak hanya membuat badan lebih bugar namun juga dapat membuat pikiran lebih jernih dan fresh. Dengan melakukan olahraga ringan setiap hari tidak hanya berat badan ibu hamil saja yang terkontrol namun juga stres yang di alami akan hilang. Beberapa pilihan olahraga ringan yang bisa di pilih oleh ibu hamil seperti berenang, yoga, ataupun jalan-jalan kecil.

Ketahui penyebab stres
Dengan mengetahui penyebab awal stres pada ibu hamil maka anda dapat mulai menyusun beberapa hal yang harus di lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Anda pun dapat mencoba berbicara atau lebih terbuka dengan pasangan dan menceritakan apa yang di rasakan.

Istirahat yang cukup
Setiap ibu hamil memang sangat membutuhkan istirahat yang cukup. Terlalu lelah atau memiliki kegiatan padat bisa meningkatkan resiko stres muncul. Sangat di sarankan untuk para ibu hamil tidur siang secara rutin.

Rileksasi
Melakukan rileksasi akan sangat membantu dalam mengatasi stres pada ibu hamil. Meditasi dan mempelajari teknik pernapasan bisa anda pilih untuk membuat pikiran anda lebih tenang. SSelain dari itu selalu berpikir positif menjadi usaha yang sangat jitu untuk mengatasi stres saat hamil. Melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti menonton film lucu dan bertemu dengan teman juga bisa di sebut sebagai rileksasi.

Related Posts :

    Atur pola makan
    Dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi tentunya dapat membuat tubuh anda lebih sehat dan fit. Tubuh yang sehat dapat membuat anda lebih mudah untuk mengatasi stres.

    Baca juga artikel lainnya:

    5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil Cepat Lelah
    Manfaat Vitamin D Untuk Kesuburan dan Kehamilan
    Waktu Yang Tepat Untuk Lakukan USG Saat Hamil
    Manfaat Terapi Akupuntur Untuk Kesuburan Agar Cepat Hamil
    Tips Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 8, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kencing nyeri di adik laki laki saya

  • Oleh : Agis Stya
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Apa solusi buat adik saya dok, kalo kencing katanya nyeri sama keluar nanahnya? Apa penyebabnya dan obat apa yg harus dibeli dok? 🙏

  • Oleh : Agis Stya
  • Tentang kehamilan

  • Oleh : Vianney Valista
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat malam bu bidan..mohon pencerahannya ya.
    Saya baru saja menikah,pengetahuan saya tetang hubungan intim dan kehamilan msh sangat minim sekali.
    Saya dan suami ingin menunda kehamilan krn ada bbrp alasan perkerjaan.
    Tadi kami melakukan hubungan intim di H+2 setelah saya haid dan suami saya membuang diluar.itu tidak membuat saya hamil kan bu?mohon pencerahan dan penjelasannya?

    Keluar daraha bnyak setelah berhubungan

  • Oleh : Darin Darina
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Dok saya gak lagi haid taoi pas sesudah berhubungan begitu d lepas banyak keluar darah . Malah serti kagi haid ada gumpalan nya sesudah itu juga keluar lagi seperti haid biasa nya. Itu kenapa yaa

  • Oleh : Darin Darina
  • Menstruasi

  • Oleh : Adhy Putra Lautan
  • 6 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat Malam,dok saya mau tanya tentang mentruasi saya.
    Awalnya saya sekitar dua bulan tidak haid,lalu baru bulan ini haid,tapi dari tanggal 13 sampai dengan tgl 23 hari ini darah haid saya masih keluar,berbahaya atau tidak ya dok?
    Terima kasih.

    Konsultasi KB

  • Oleh : Desty Ulfa sonya
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Assalamualaikum wr WB,, selamat malam Bu bidan, saya Desty pngn konsultasi tentang haid, selama setahun 9 bulan saya ga pernah haid dan saya memakai KB implan, tp akhir bulan Juli kmren saya udh haid dan haidnya banyak sampe saya berobat mnta obt pnyetop darah tp dpt dua hari udh brhenti haidnya stelah itu haid kembali sampe sminggu, trus mnerus sperti itu Bu jd brhenti haid itu cma sehari dua hari stelah itu haid kembali, apakah itu bahaya apa ngga Bu ,mohon jwbnnya

  • Oleh : Desty Ulfa sonya
  • Tanya Bidan