×

Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar

Bagikan Artikel :

Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan BenarBidan Online,- Stres memang memiliki dampak buruk bagi kesehatan terutama untuk para ibu hamil. Stres pada ibu hamil menjadi salah satu masalah yang banyak di keluhkan. Munculnya stres pada ibu hamil memang sudah tidak asing lagi namun langkah yang paling tepat untuk mengatasinya yaitu dengan mengelola stres agar tidak berlangsung dalam jangka waktu panjang. Stres berat pada ibu hamil yang tidak di atasi dengan cepat tentu saja tidak hanya membahayakan kesehatan ibu namun juga dapat mengganggu perkembangan janin.

Related Posts :

    Stres memang tidak membawa manfaat bagi kesehatan terutama saat hamil. Ibu hamil yang mengalami stres tentunya akan sangat berpengaruh juga pada janin dalam kandungan. Diketahui beberapa bahaya stres bagi ibu hamil yaitu sangat berpengaruh pada perkembangan otak janin, berpengaruh pada tumbuh kembang bayi, meningkatkan resiko lahir prematur, juga asupan oksigen ke janin berkurang.

    Tentu saja anda tidak ingin bukan beberapa hal tersebut terjadi pada janin anda. Stres tentunya harus sesegera mungkin ditasi untuk mencegah berbagai hal buruk muncul. Dan berikut ini tips mengatasi stres pada ibu hamil:

    Lakukan olahraga
    Olahraga memang memiliki manfaat yang begitu banyak bagi kesehatan. Nyatanya olahraga juga tidak hanya membuat badan lebih bugar namun juga dapat membuat pikiran lebih jernih dan fresh. Dengan melakukan olahraga ringan setiap hari tidak hanya berat badan ibu hamil saja yang terkontrol namun juga stres yang di alami akan hilang. Beberapa pilihan olahraga ringan yang bisa di pilih oleh ibu hamil seperti berenang, yoga, ataupun jalan-jalan kecil.

    Ketahui penyebab stres
    Dengan mengetahui penyebab awal stres pada ibu hamil maka anda dapat mulai menyusun beberapa hal yang harus di lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Anda pun dapat mencoba berbicara atau lebih terbuka dengan pasangan dan menceritakan apa yang di rasakan.

    Istirahat yang cukup
    Setiap ibu hamil memang sangat membutuhkan istirahat yang cukup. Terlalu lelah atau memiliki kegiatan padat bisa meningkatkan resiko stres muncul. Sangat di sarankan untuk para ibu hamil tidur siang secara rutin.

    Rileksasi
    Melakukan rileksasi akan sangat membantu dalam mengatasi stres pada ibu hamil. Meditasi dan mempelajari teknik pernapasan bisa anda pilih untuk membuat pikiran anda lebih tenang. SSelain dari itu selalu berpikir positif menjadi usaha yang sangat jitu untuk mengatasi stres saat hamil. Melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti menonton film lucu dan bertemu dengan teman juga bisa di sebut sebagai rileksasi.

    Atur pola makan
    Dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi tentunya dapat membuat tubuh anda lebih sehat dan fit. Tubuh yang sehat dapat membuat anda lebih mudah untuk mengatasi stres.

    Baca juga artikel lainnya:

    5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil Cepat Lelah
    Manfaat Vitamin D Untuk Kesuburan dan Kehamilan
    Waktu Yang Tepat Untuk Lakukan USG Saat Hamil
    Manfaat Terapi Akupuntur Untuk Kesuburan Agar Cepat Hamil
    Tips Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 8, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Sekret vagina yeast Cell positif

  • Oleh : Eka Rosla
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat siang ibu maav saya mau tanya.. kemarin saya periksa pengecatan gram keputihan hasilnya : epitel squamos :5-10/lpk leukosit :>100/lbp, dominasi MN kuman: batang, gram negatif clue Cell :negatif yeast Cell :positif.. ini maksudnya bagaimana ya Bu.. mohon penjelasan dan solusinya

    Cara menunda kehamilan

  • Oleh : Sumarni
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Assalamu allaikum…bu bidan.sy mau tanya.sya sdah 8 blan hbis mlahirkan.tpi suami dan ibu mertua sya kurang stuju dngan KB.tpi sya ragu tkut hamil lgi.agar sya tdak hmil lgi,bgaimana caranya dok?terimakasi

    Mual Saat Minum Susu Pada Masa Hamil

  • Oleh : Khansa Adeline
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya istri saya sedang hamil 4 bulan dan di haruskan untuk minum susu oleh dokter. Namun istri saya selalu mengeluhkan rasa mual setelah mengkonsumsi susu, bahkan sekarang istri saya enggan untuk minum susu karena rasa mual yang sangat mengganggu. Apakah ada tips untuk mengatasi masalah istri saya bu bidan. Mohon jawabannya

    Bayi Berkeringat Di Malam Hari

  • Oleh : Himawan
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Pagi bu Bidan, saya punya bayi usianya baru 8 bulan 10 hari. Setiap tidur di malam hari bayi saya selalu berkeringat. Apalagi saat terbangun dan saya kasih ASI, keringatnya malah semakin mengucur padahal AC diruangan sudah mencapai 23 derajat. Itu normal gak bu bidan ? Terima kasih.

    ejakulasi dini

  • Oleh : opik opik
  • 11 bulan, 4 minggu yang lalu

    Dok saya mau tanya apakah pri yng mmpunyai ejakulasi dini apakh bisa mempunyai keturunn

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan